April 27, 2022

4 Tantangan Bisnis Bagi Pemula yang Harus Diwaspadai Agar Tidak Salah Langkah

Agar bisnis berjalan dengan lancar, maka harus ada beberapa aspek penting yang diperhatikan dan lebih waspada dengan tantangan bisnis berikut agar tidak salah langkah.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, maka harus ada beberapa aspek penting yang diperhatikan. Ini berlaku untuk bisnis kecil maupun besar. Selain itu, sejumlah tantangan pun tak lepas menyelimuti pebisnis saat sedang berlangsung. Sehingga kamu harus lebih waspada dengan beberapa tantangan bisnis agar tidak salah langkah. 

Tantangan Bisnis Bagi Pemula

1. Tidak Melakukan Digitalisasi Bisnis

tantangan bisnis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Seperti yang kita tahu bahwa di era digitalisasi ini semua pengelolaan bisnis sudah dilakukan secara online sehingga lebih cepat dan praktis. Tak hanya itu saja, keuntungan bisnis yang dihasilkan pun juga akan lebih besar ketika kamu sudah melakukan digitalisasi.

Jadi, bagi kamu yang belum melakukan digitalisasi ini akan mempersulit bisnis untuk bisa berkembang ke pasaran. Bahkan bisnis akan lebih susah menjangkau pasar yang luas, sehingga pertumbuhan pelanggan baru pun lambat. 

Agar tidak tertinggal, kini saatnya untuk digitalisasi bisnismu dengan Aplikasi Youtap. Di mana seluruh pengelolaan bisnis dilakukan secara digital, sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Kamu juga lebih mudah mengontrol kegiatan bisnis sehari-hari seperti melihat riwayat transaksi penjualan dan lain-lainnya. 

2. Manajemen dan SDM Bisnis yang Kurang Profesional

Sejak pandemi COVID-19 memang akan sulit untuk memastikan prospek selama kurun waktu tertentu. Apakah bisnis akan mengalami peningkatan atau penurunan. Hal itu pun membuat membuat sistem manajemen menjadi kacau dan kinerja internal menjadi berantakan. Hingga bisa berdampak pada manajemen dan SDM bisnis yang kurang profesional.

Baca juga: 8 Tantangan Bisnis Kuliner yang Sering Dihadapi, Apa Saja?

3. Adanya Perilaku Masyarakat yang Beragam

Perilaku masyarakat juga bisa memengaruhi kesuksesan sebuah bisnis. Pasalnya, ini akan berhubungan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, apakah bisa menjadi solusi terbaik bagi masyarakat atau tidak. Sederhananya, apakah produk atau layanan yang kamu tawarkan ini bisa memberikan rasa puas kepada masyarakat atau tidak. 

Jadi, pastikan bahwa produk atau layanan yang kamu tawarkan ini bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, khususnya sesuai dengan target market bisnismu. 

4. Adanya Keterbatasan Modal dan Perputaran Uang yang Berantakan

tantangan bisnis
Gambar: freepik.com/our-team

Tantangan terakhir yang sering dihadapi oleh para pelaku bisnis pemula adalah keterbatasan modal dan perputaran uang tidak teratur. Agar bisnis bisa senantiasa berkembang, tentu modal menjadi syarat utamanya. 

Modal yang dimaksud tidak melulu harus berupa finansial perusahaan, tetapi juga keterlibatan pegawai yang menjadi aset penting. Kemudian, perputaran modal juga harus diperhatikan. Pasalnya, jika perputaran modal tidak dimanajemen sebaik mungkin, maka bisnis tidak mampu bertahan lama.

Beberapa masalah yang seringkali terjadi adalah rancangan anggaran yang kurang tepat, hingga bisnis selalu mengalami defisit, Dalam istilah sederhananya, bisnis mengalami pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

Itulah 4 tantangan bisnis yang seringkali dihadapi oleh kalangan pebisnis pemula. Agar bisnis bisa berjalan lancar dan sukses, ada baiknya kamu mulai mewaspadai beberapa tantangan di atas dengan beberapa tindakan adaptasi yang lebih sigap seperti digitalisasi bisnis, mengatur perputaran modal, dan lain-lainnya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama