May 23, 2022

6 Tips Memilih Supplier Bahan Baku untuk Bisnis Kuliner

Agar bisnis kuliner memiliki kualitas produk yang baik dan stoknya selalu sesuai dengan kebutuhan para pelanggan, ikuti beberapa tips memilih supplier bahan baku berikut yuk!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika sedang menjalankan bisnis khususnya di bidang kuliner, memilih supplier bahan baku yang tepat adalah hal paling utama. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih supplier bahan baku, agar kualitas produk makanan bisnis terjamin. Dan berikut ini tips memilih supplier bahan baku untuk bisnis. 

Tips Memilih Supplier Bahan Baku 

Ketika akan memilih supplier bahan baku, bukan hanya harga dan jenis bahan makanannya saja yang diperhatikan, ya. Tetapi ada juga beberapa aspek lain yang tidak kalah penting, yaitu  manajemen kualitas pelayanan dan keamanan makanannya. Agar tidak salah pilih, simak tips memilih supplier bahan baku bisnis di bawah ini, yuk. 

1. Tentukan kriteria supplier bahan baku yang sesuai dengan bidang bisnis

supplier bahan baku
Gambar: freepik.com

Tips pertama adalah melakukan seleksi supplier bahan baku, di mana kamu bisa menentukan terlebih dahulu yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa hal yang bisa kamu jadikan penilaian adalah kualitas bahan makanan, harga, pelayanan, kecepatan merespons, kemudahan pembayaran, serta ketepatan pengiriman. 

Selain itu, pertimbangkan juga anggaran bisnis, agar kamu bisa lebih mudah mengelola keuangan dan tidak terjadi kehabisan modal di tengah jalan.

2. Coba untuk minta sampel bahan baku

Tips kedua, cobalah untuk minta sampel bahan baku agar bisa melakukan pemeriksaan kualitasnya sudah sesuai dengan yang dicari atau belum. Memiliki kualitas bahan baku yang baik dapat meningkatkan nilai produk serta kepuasan pelanggan. 

3. Jangan lupa untuk cek keamanan bahan baku 

Tips ketiga yaitu cek keamanan bahan baku yang juga merupakan aspek penting lain dalam menjalankan bisnis kuliner. Apalagi saat ini, konsumen semakin peduli dengan keamanan dan kesehatan dari bahan makanan, lho. 

Sehingga, kamu perlu mencari tahu langkah-langkah apa yang dilakukan oleh supplier untuk memastikan keamanan dari bahan baku yang disediakan. Jangan lupa juga pastikan supplier memiliki sertifikasi atau akreditasi keamanan, sertifikasi halal, atau sertifikasi lain-lainnya.

4. Lihat riwayat klien supplier

Tips keempat melihat riwayat klien supplier. Melalui cara ini kamu bisa mengetahui bagaimana kinerja supplier. Apabila memasok ke klien-klien besar seperti supermarket, artinya kualitasnya pun sudah terjamin dan tidak perlu diragukan lagi. Tetapi ini bisa berarti mereka akan sangat sibuk.

5. Cek kebijakan pengembalian produk

supplier bahan baku
Gambar: freepik.com/pressfoto

Tips kelima adalah kebijakan pengembalian produk. Ini juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan karena saat bekerja sama, pasti akan ada hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa contohnya seperti bahan baku salah, kualitas tidak sesuai standar atau rusak. 

Hal itu pun mengharuskan kamu untuk melakukan pengembalian dan menukarnya dengan kualitas atau standar yang telah ditetapkan di awal kerja sama. Agar tidak ada kesalahpahaman, lebih baik untuk pahami kebijakan pengembalian produknya. 

6. Pastikan pengiriman supplier tepat waktu

Tips terakhir adalah memperhatikan pengiriman bahan baku dari supplier. Pastikan apakah supplier memiliki jadwal pengiriman sendiri atau dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis kuliner. Ini perlu kamu pertimbangkan agar ketersediaan bahan baku makanan tetap terjaga. 

Itulah beberapa tips memilih supplier bahan baku untuk bisnis kuliner. Kini kamu juga bisa belanja bahan baku secara online, lho. Jadi, kegiatan belanja stok bahan baku pun lebih mudah, praktis dan nyaman mulai gunakan Aplikasi Youtap. Belanja Stok melalui Aplikasi Youtap memudahkan kamu memilih bahan baku sesuai kebutuhan bisnis dari berbagai supplier, dengan harga grosir yang kompetitif.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama