Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 29, 2021

Strategi Pemasaran UMKM Agar Sukses Hadapi Persaingan di Pasaran

Apapun bidang usahanya, pasti menghadapi persaingan pasar yang ketat. Oleh karena itu, pastikan untuk merencanakan strategi pemasaran UMKM secara matang, ya.

Isi Artikel

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM memang terus berkembang bahkan menjadi kelompok usaha yang turut berkontribusi dengan kemajuan ekonomi di Indonesia. Perkembangan usahanya pun tidak lepas dari adanya perencanaan strategi pemasaran UMKM yang cukup matang. 

Pasalnya, apapun bidang usaha yang dijalankan, pasti akan dihadapkan pada persaingan pasar. Demi menghadapi persaingan tersebut dan menghindari kebangkrutan, maka para pelaku UMKM  (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) juga membutuhkan strategi agar bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan. Berikut ini beberapa strategi sukses untuk menghadapi persaingan UMKM.

Strategi Pemasaran UMKM untuk Menghadapi Persaingan 

strategi pemasaran UMKM
Gambar: freepik.com/pressfoto

Sebagian besar pelaku UMKM berpendapat bahwa melakukan pemasaran sudah sama seperti berjualan, padahal nyatanya tidak seperti itu. Melansir dari Kumparan, pemasaran sendiri merupakan strategi yang harus dipikirkan dan direncanakan secara matang oleh semua pelaku usaha. 

Tujuan dari strategi pemasaran UMKM sendiri untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk, sehingga membuat para calon pembeli tertarik untuk melakukan pembelian. Di tengah persaingan usaha yang semakin ketat, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah pelaku UMKM juga harus memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaing atau pelaku usaha lainnya.

Sehingga, dalam merencanakan strategi pemasaran UMKM, seorang pelaku usaha harus mengetahui keinginan dan kebutuhan dari konsumen sehingga bisa menghadirkan produk yang sesuai. Oleh karena itulah, dalam menjalankan sebuah usaha sangat penting untuk melakukan evaluasi produk dengan cara inovasi dan merencanakan strategi pemasaran UMKM yang tepat:

1. Pastikan Membangun Brand dengan Baik 

Strategi pemasaran yang wajib dilakukan terlebih dahulu adalah membangun nama brand. Hal ini menjadi bagian paling penting yang tidak boleh disepelekan karena besarnya sebuah brand dan produk memiliki potensi untuk dapat menghasilkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang. 

Dengan nama brand yang kuat, tentu saja usaha akan lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Dan juga secara tidak langsung akan mudah dipilih oleh konsumen untuk mewakili produk-produk serupa.

2.  Ketahui dengan Baik Pesaing Usaha atau Kompetitor

strategi pemasaran UMKM
Gambar: freepik.com/jcomp

Selanjutnya, kamu wajib untuk mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi pesaing dalam sebuah usaha. Cara ini, akan membantu kamu untuk mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kompetitor.  Kekurangan dari kompetitor tersebut akan membuat kamu lebih waspada dan tidak jatuh pada kegagalan yang sama.

3. Rutin Berpromosi 

Melakukan promosi secara rutin juga menjadi bagian paling penting dari strategi pemasaran UMKM. Hal ini karena promosi erat kaitannya dengan penguatan brand produk dan peningkatan nilai di mata konsumen. 

Ketika nilai pemasaran dan promosi yang kamu jalani berjalan efektif, maka peluang keuntungan yang akan didapatkan pun semakin besar. Kini banyak sekali media promosi yang bisa kamu pilih dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

4. Ketahui dengan Baik Tentang Kebiasaan Konsumen

strategi pemasaran UMKM
Gambar: freepik.com

Seperti yang kita tahu bahwa konsumen adalah raja. Jadi, untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik, kamu harus mengetahui kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk. Cara seperti ini bisa membuat konsumen menjadi lebih loyal dan nyaman saat membeli produk milikmu.  

5. Promosi Menggunakan Internet Marketing

Para konsumen umumnya akan cenderung berbelanja dalam ruang yang lebih privat atau terhindar dari keramaian. Dan dengan adanya internet ini dapat membuka pintu yang lebar bagi kamu untuk berinovasi. 

Dengan promosi menggunakan berbagai platform di internet, kamu bisa menampilkan produk usaha pada website, Blog, Facebook, Instagram hingga liannya, hanya dengan memasang foto-foto dan deskripsi singkat. Promosi melalui cara seperti ini juga dapat membuat kamu dapat berinteraksi langsung dengan konsumen.

Selain melakukan beberapa hal di atas, pelaku usaha juga harus mulai mengelola keuangan dan beberapa kegiatan lainnya dengan sistem digital seperti Youtap POS. Di mana sistem ini akan membuat seluruh kegiatan usaha menjadi lebih praktis dan efisien dalam membantu dalam menjalankan usaha. Kemudian, bagi kamu yang baru merencanakan membangun usaha sebaiknya segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama