July 12, 2023

Atur Stok Produk dan Minimal Stok Produk Agar Pelanggan Tahu Produk yang Tersedia di Lapakmu dengan Fitur Stok Toko di Youtap POS

Kini pengaturan stok jadi lebih mudah, cepat, dan praktis dengan menggunakan fitur Stok Foto di Youtap POS. Pengecekan jumlah persediaan produk bisnis dijamin lebih akurat. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat menjalankan sebuah usaha, melakukan pengelolaan stok toko sebenarnya menjadi hal yang penting, namun sayangnya seringkali dilupakan oleh para pelaku usaha. Padahal pengelolaan stok barang ini tidak hanya penting bagi usaha berskala besar, tapi juga usaha kecil. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan fitur stok toko Youtap POS untuk mengelola stok produk dan minimal stok produk, lho. 

Apa Itu Stok Barang?

Stok sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu stock yang artinya persediaan. Di mana persediaan tersebut mengarah pada ruang lingkup bisnis, yang biasanya berhubungan dengan tata kelola barang. Kemudian jenis stok atau persediaan yang dimiliki oleh bisnis ini biasanya disesuaikan dengan usaha yang dijalankan, bisa berupa barang utuh, setengah jadi atau bahkan bahan baku mentah. Dalam pengelolaan stok barang, kini juga bisa lebih mudah dan praktis, karena hadirnya fitur stok toko di Youtap POS.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Stok Toko di Youtap POS?

Berikut beberapa langkah menggunakan fitur stok toko untuk mengelola stok dan minimal stok produk:

  • Buka halaman Home Youtap POS terlebih dahulu. 
  • Klik Burger Bar yang berada di bagian pojok kanan atas.   
  • Kemudian, pilih menu Edit Produk
  • Lalu, akan muncul tampilan daftar produk, dan pilih icon titik tiga di bagian pojok kanan atas, nanti akan muncul beberapa pilihan. 
  • Pastikan kamu pilih Atur Stok, dan kamu bisa melakukan edit masal produk. Maksudnya melakukan kelola stok secara bersamaan 
  • Jika sudah pilih produk mana saja yang ingin dikelola, jangan lupa klik Simpan
  • Setelah itu, akan muncul form yang berisi Jenis Perubahan dan Jumlah Perubahan Stok
  • Apabila semua data sudah diisi sesuai dengan jumlah stok di toko, langkah terakhir adalah klik Simpan

Alasan Pentingnya Kelola Stok Produk Toko

Bila kamu melakukan kelola stok dengan baik, maka akan lebih mudah memperkirakan jumlah barang yang harus diproduksi atau dipesan untuk bisnis. Pasalnya, jumlah persediaan barang ini akan membantu kamu mempersiapkan produk di periode penjualan selanjutnya. 

Selain itu, kelola stok produk juga membantu kamu menekan risiko adanya kelebihan barang agar terhindar mengalami kerugian. Tak hanya itu saja, melakukan kelola stok produk toko ternyata memiliki beberapa manfaat lain, seperti: 

  • Lebih mudah mengetahui dengan tepat dan aktual tentang jumlah barang yang tersedia secara fisik di tempat penyimpanan atau gudang. 
  • Lebih mudah melakukan pengelompokkan dan penempatan barang yang tentunya akan membuat aktivitas produk masuk dan keluar jadi terpantau dengan jelas.
  • Lebih mudah menghindari terjadinya kesalahan jumlah stok yang disebabkan kerusakan, kehilangan, atau penyelewengan. 
  • Dapat membantu auditor internal untuk menghitung kas, aktiva, piutang, dan juga hutang perusahaan. Di mana data-data tersebut bisa menjadi database untuk perhitungan inventori dan audit.
  • Dapat membantu menentukan keputusan dari pemilik usaha saat akan mendistribusikan produk, karena telah mengetahui jumlah stok yang berada di tempat penyimpanan. 

Itulah penjelasan mengenai langkah-langkah menggunakan fitur Stok Toko Youtap POS. Fitur ini tentunya akan membantu kamu mengurangi risiko salah stok pada bisnis yang tentunya bisa merugikan. Tapi dengan adanya fitur Stok Toko, seluruh pengelolaan pun bisa jadi lebih cepat, akurat dan mudah. 

stok toko
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama