Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 23, 2024

Strategi Penjualan Baru dalam Bisnis, Apa Itu Shoppertainment?

Demi memperluas jangkauan pasar bisnis, berikut strategi penjualan baru yang bisa kamu pelajari dan terapkan yaitu shoppertainment. 

Isi Artikel

Semakin berkembangnya dunia bisnis, strategi penjualan yang dilakukan pun mulai banyak berubah mengikuti perilaku konsumen saat ini. Salah satunya yang paling populer di era digital ini adalah menjual produk bisnis menggunakan berbagai macam media sosial dengan interaksi melalui live streaming

Pengertian Shoppertainment

shoppertainment
gambar: freepik.com/tirachardz

Melansir dari laman Storyly, Shoppertainment merupakan sebuah konsep baru untuk membuat situs website menjadi lebih menghibur bagi pembeli online. Di mana strategi satu ini dapat mengubah pengalaman belanja di ecommerce jadi lebih menyenangkan dan benar-benar menarik. 

Melalui bantuan Shoppertainment, merek dapat menghibur para pelanggan sekaligus meningkatkan kemungkinan pembelian dalam jumlah banyak. Pasalnya, praktik Shoppertainment juga dapat membantu memaksimalkan loyalitas dan retensi dengan membuat pelanggan kembali ke toko milikmu dibandingkan ke kompetitor.

Kemudian, Shoppertainment biasanya melibatkan penggunaan berbagai jenis konten untuk tetap bisa terhubung dengan pengguna dan menghibur mereka, mulai dari acara siaran langsung (live streaming) di berbagai media sosial. 

Apa Manfaat Melakukan Shoppertainment?

Shoppertainment ini menjadi salah satu strategi yang mampu meningkatkan penjualan bisnis, apalagi di masa-masa pasca pandemi seperti dilansir dari penjelasan Storyly. Pasalnya, perubahan gaya hidup konsumen saat ini khususnya dalam hal berbelanja, tentu membuat para pelaku bisnis harus melakukan strategi baru seperti Shoppertainment

Strategi satu ini membuat kamu selaku penjual akan lebih mudah terhubung dengan bisnis melalui pengalaman yang interaktif dan menarik. Di mana pembeli online bisa merasakan pengalaman online yang meniru rekan mereka di dunia nyata.

Jadi, apabila kamu ingin bisnis terus kompetitif secara konsisten dan lebih unggul dari orang lain di industri yang sama, maka tidak ada salahnya untuk mulai menerapkan Shoppertainment dalam pemasaran konten. 

Komponen Utama Shoppertainment

shoppertainment strategi penjualan bisnis
gambar: freepik.com/our-team

Dalam menerapkan strategi Shoppertainment, sebenarnya ada beberapa komponen utama yang harus dilakukan untuk menarik pelanggan secara online yaitu: 

  • Live Streaming dan Live Shopping Events 
  • Video Interaktif dan Shoppable Video 
  • Gamifikasi dalam Belanja
  • Pengalaman Virtual dan Augmented Reality

1.  Live Streaming dan Live Shopping Events

Teknik ini melibatkan acara live streaming yang biasanya membutuhkan beberapa orang berpengaruh di media sosial seperti influencer atau perwakilan dari brand tertentu. Tujuannya untuk mempromosikan berbagai produk melalui satu acara streaming, dan diharapkan nantinya para penonton bisa lebih mudah mengajukan pertanyaan langsung tentang produk dalam sesi tanya jawab atau klik tautan yang telah disediakan. 

Seperti yang kita tahu bahwa akhir-akhir ini live streaming telah menjadi salah satu strategi penjualan paling efektif untuk bisa terhubung dengan konsumen secara real-time. Nantinya para influencer yang mengadakan live streaming akan mempromosikan produk, sekaligus menjawab pertanyaan, dan memberikan penawaran eksklusif. 

Format interaktif ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan tetapi juga menciptakan rasa urgensi dan eksklusivitas, sehingga mendorong para konsumen untuk segera melakukan pembelian. Contohnya seperti Instagram atau TikTok Live Shopping, di mana audiens dapat melihat produk dan melakukan pembelian langsung dari streaming.

2. Video Interaktif dan Shoppable Video

Shoppable video dan video interaktif juga komponen penting yang dapat meningkatkan  kepuasan berbelanja para konsumen. Video ini mengintegrasikan elemen yang dapat diklik dan memungkinkan konsumen membeli produk langsung dari konten jualan tersebut. Pengalaman berbelanja yang lancar tentu akan membuat pengguna tetap bersemangat untuk terus melihat konten jualanmu lainnya. 

3. Gamifikasi dalam Belanja

‍Gamifikasi melibatkan penggabungan elemen seperti permainan ke dalam pengalaman berbelanja agar lebih menyenangkan dan menarik. Contohnya termasuk diskon spin-the-wheel, sistem poin reward, dan kuis interaktif. Elemen-elemen ini tidak hanya membuat berbelanja menjadi menyenangkan tetapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberikan insentif untuk pembelian berulang. Gamifikasi memanfaatkan keinginan konsumen akan persaingan dan penghargaan, sehingga menjadikan pengalaman berbelanja lebih menarik.

4. Augmented Reality

Cara pertama adalah menggunakan AR yaitu Augmented Reality. Melalui teknologi ini, kamu dapat menggunakan smartphone dan tablet untuk melihat objek 3D dalam ruang fisik tertentu. Sebagai contoh, IKEA yang menggunakan teknologi AR akan memudahkan pelanggan untuk melihat seperti apa bentuk furnitur di dunia nyata sebelum membeli produk tertentu. 

Jadi, walaupun belanja online, para konsumen tetap bisa melihat produk-produk yang dijual secara langsung atau menggunakan model virtual skala penuh. 

Itulah pengertian, manfaat dan komponen-komponen utama dalam shoppertainment. Ini merupakan salah satu strategi penjualan baru dalam bisnis yang bisa kamu coba agar dapat membantu meningkatkan penjualan dan mendapatkan konsumen baru. Selain itu, untuk mengelola bisnis yang lebih efektif dan praktis, gunakanlah sistem digital Aplikasi POS Youtap. Di mana aplikasi ini akan membantu pencatatan seluruh transaksi secara real time, pembuatan laporan keuangan, menganalisis seluruh penjualan hingga menyediakan berbagai macam metode pembayaran cashless

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama