Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 23, 2021

Lebih Efektif untuk Bisnis, Ini Tips Melakukan Promosi Mulut ke Mulut

Selain tanpa biaya, promosi mulut ke mulut ini juga efektif untuk dilakukan. Berikut tips melakukan promosi mulut ke mulut agar mendapatkan hasil maksimal.

Isi Artikel

Selain melalui platform media sosial, ternyata promosi dari mulut ke mulut juga masih efektif. Selain tanpa biaya, promosi mulut ke mulut ini juga mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa tips melakukan promosi mulut ke mulut agar mendapatkan hasil maksimal.  

Pengertian Promosi Mulut ke Mulut dalam Dunia Bisnis

promosi mulut ke mulut
Gambar: freepik.com/master1305

Salah satu cara komunikasi yang seringkali dilakukan untuk tujuan menyampaikan informasi tertentu bisa disebut sebagai promosi mulut ke mulut. Informasi yang didapatkan dari promosi mulut ke mulut ini biasanya tidak bersifat komersial dan hanya menambah wawasan bagi para pendengarnya. 

Sebagian besar orang tertarik dan percaya untuk membeli atau menggunakan sebuah produk dan jasa ketika mendapatkan rekomendasi dari teman hingga kerabat terdekat.

Bagaimana Melakukan Promosi Mulut ke Mulut yang Tepat?

Selain soal modal yang kuat, kamu juga harus pikirkan terkait promosi atau pemasaran bisnis. Salah satu promosi yang hingga kini masih efektif adalah promosi mulut ke mulut. Dan berikut tips promosi mulut ke mulut agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal bagi penjualan bisnis. 

1. Pastikan Kamu Memberikan Layanan Terbaik untuk Pelanggan

promosi mulut ke mulut
Gambar: freepik.com/jcomp

Langkah awal agar promosi mulut ke mulut bisa berjalan dengan lancar adalah kamu wajib memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Pastikan bahwa kualitas produk atau jasa yang kamu berikan tidak mengecewakan, memiliki penyajian baik, hingga berani memberikan diskon atau hadiah. 

Cara-cara tersebut pasti akan memberikan kesan tersendiri untuk pelanggan. Sebenarnya, pemberian diskon atau hadiah tersebut sebagai salah satu bentuk apresiasi karena mereka sudah loyal membeli produk dan merekomendasikannya kepada orang terdekat.

2. Membuat Promo yang Bisa Menarik Perhatian Orang Banyak

Pelanggan biasanya akan merasa senang apabila terlibat dalam suatu pengembangan bisnis. Sebagai contoh, kamu bisa membuat promo menarik seperti beli satu gratis satu, kuis berhadiah, dan cara-cara lainnya. Tentu ketika mendapatkan keuntungan dari promo tersebut, nantinya para pelanggan akan melakukan promosi mulut ke mulut kepada orang-orang terdekat. 

3. Ciptakan Hubungan yang Baik dan Komunikatif dengan Pelanggan

promosi mulut ke mulut
Gambar: freepik.com/pch.vector

Membangun hubungan yang komunikatif dengan pelanggan juga sangat penting agar mereka merasa nyaman ketika membeli produk atau jasa di tempat bisnis milikmu. Beberapa cara menciptakan hubungan yang komunikatif dengan pelanggan yaitu mengirim SMS, chat melalui media sosial, menelpon, atau mengirim email.

Dalam strategi promosi mulut ke mulut ini menjadi bagian yang penting dilakukan. Selain itu, saat sedang berkomunikasi dengan pelanggan pastikan untuk menanyakan kondisi dan ekspektasi pelanggan terhadap bisnis milikmu. Apabila ada pelanggan yang menyampaikan saran atau kritik sebaiknya ditampung untuk menjadi bahan pembelajaran dalam memperbaiki produk. 

4. Pelayanan yang Diberikan Mampu Melampaui Harapan atau Ekspektasi Pelanggan

Tak hanya berinovasi, kamu juga harus memastikan untuk menampilkan indikasi yang jelas mengenai layanan produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuannya agar pelanggan melakukan promosi mulut ke mulut dengan baik, dan informasi produk serta layanan bisa tersampaikan secara jelas.

5. Membangun Komunikasi dengan Pelanggan Melalui Dunia Maya

promosi mulut ke mulut
Gambar: freepik.com/tirachardz

Terakhir, kamu juga wajib menampilkan eksistensi atau keberadaan bisnis melalui berbagai platform media sosial. Selain menerapkan promosi mulut ke mulut secara langsung, melalui platform digital juga tidak boleh dilupakan. Hal ini menjadi penting karena saat ini memang banyak orang yang beraktivitas melalui media sosial. Jadi, pastikan untuk membuat akun media sosial atau blog resmi bisnis.

Kemudian, upayakan untuk rutin mengunggah konten yang berhubungan dengan produk atau layanan bisnis. Apabila mendapatkan komentar atau pesan dari calon pelanggan baru atau lama, balas pesan dengan cepat dan sopan.

Itulah beberapa tips melakukan promosi mulut ke mulut yang tepat dalam dunia bisnis. Jadi, tidak harus selalu berbayar tetapi kamu juga bisa memanfaatkan promosi mulut ke mulut secara gratis baik langsung maupun melalui platform digital. 

Demi mendukung kegiatan atau pengelolaan bisnis kamu bisa gunakan Aplikasi Usaha Youtap sebagai solusi terbaik, karena memiliki berbagai fitur canggih seperti pembayaran QRIS, fitur kasir, pengelolaan keuangan hingga laporan dan analisa penjualan. 

Kemudian, bagi kamu yang sudah mulai merencanakan untuk bangun bisnis sendiri bisa langsung mulai usaha bersama Youtap di sini. Temukan berbagai kemudahan menjalankan bisnis hanya dengan satu aplikasi.  

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama