June 24, 2022

Seputar Promosi Buy 1 Get 1 yang Wajib Diketahui Oleh Para Pelaku Bisnis

Tak hanya sekedar memberikan diskon, namun banyak juga orang yang tertarik dengan cara promosi buy 1 get 1. Dan berikut ini pengertian selengkapnya. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Umumnya, banyak orang yang menggunakan diskon sebagai strategi promosi, padahal ada banyak cara lain yang bisa kamu gunakan, lho. Salah satunya menggunakan buy 1 get 1. Strategi promosi beli 1 gratis 1 ini juga tidak kalah efektifnya. Pasalnya, banyak orang yang tertarik dengan cara seperti ini. Lebih lengkapnya, berikut pengertian promosi buy 1 get 1

Pengertian Strategi Promosi Buy 1 Get 1

promosi buy 1 get 1
Gambar: freepik.com

Buy 1 get 1 adalah strategi promosi yang di mana saat pelanggan membeli satu produk, nanti mereka akan mendapatkan dua produk sekaligus tanpa harus membayarnya lagi. Jadi, sederhananya bisa didapatkan secara gratis hanya dengan membeli 1 produk.

Namun, pastikan kamu tidak asal dalam menerapkan strategi promosi yang satu ini, ya. Pastikan sudah mempertimbangkan beberapa hal secara detail seperti penentuan harga produk serta ketersediaan barangnya.

Lalu, Kapan Waktu Paling Tepat untuk Menerapkan Strategi Promosi Buy 1 Get 1

Waktu paling tepat untuk menerapkan strategi promosi buy 1 get 1 ini adalah ketika: 

  • Saat ketersediaan stok di setiap produk terpenuhi dan memang bertujuan untuk menghabiskan stok barang.
  • Memang sesuai dengan event atau acara yang akan berlangsung. 

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Promo Buy 1 Get 1?

promosi buy 1 get 1
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Menentukan terlebih dahulu siapa target audiensnya

Agar strategi pemasaran bisnis milikmu semakin sukses, langkah awal yang perlu dilakukan adalah tentukan siapa audiensnya. Pada tahap ini, kamu harus menentukan produk yang dijual akan ditargetkan ke siapa. Bila promosi ini untuk baju wanita, berarti target audiensnya adalah wanita.

2. Gunakan strategi FOMO

Selanjutnya, gunakan strategi FOMO atau Fear of Missing Out yaitu taktik psikologi yang sangat berguna bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan. Dalam menerapkan cara satu ini,  kamu bisa memberikan rasa gelisah ke konsumen.

Sebagai contoh sederhana, adanya batasan waktu atau tekanan informasi stok barang pada produk yang dijual. Cara ini dapat membuat konsumen terburu-buru untuk membeli produk di saat itu juga. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai strategi promosi buy 1 get 1. Namun, untuk bisa menerapkan promosi ini pastikan kamu sudah merancang strategi yang tepat karena akan berlangsung untuk panjang juga. 

Kemudian, pastikan juga pengelolaan bisnis harus dilakukan secara tepat. Tentu agar kegiatan bisnis mulai dari pengelolaan stok, pembayaran dan laporan penjualan pun bisa berjalan lancar. Dalam hal ini, gunakanlah Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama