August 11, 2022

Prinsip Tata Kelola Perusahaan: Pengertian, Tujuan dan Cara Membuatnya

Agar dapat menciptakan dan mendapatkan kepercayaan dari para pemangku kepentingan, berikut ini beberapa cara membuat tata kelola perusahaan yang tepat. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Prinsip tata kelola perusahaan ini disebut juga sebagai Good Corporate Governance (GCG). Tujuannya untuk menciptakan kepercayaan dalam perusahaan dari pemegang saham atau pemangku kepentingan tertentu. Prinsip ini sendiri diambil dari tata pemerintahan yang baik, bersih, dan transparan. Bagi kamu yang belum terlalu memahaminya, berikut cara membuat prinsip tata kelola perusahaan. 

Cara Membuat Prinsip Tata Kelola Perusahaan 

Prinsip tata kelola yang dimaksud ini adalah aturan hukum mengikat, namun tetap adanya etika berbisnis dengan baik. Dengan prinsip GCG diharapkan mampu mendorong persaingan yang sehat dan juga kondusif. Selain itu, dengan menerapkan prinsip GCG di dalam perusahaan  juga mendukung pertumbuhan ekonomi yang baik.

Pada dasarnya terdapat 3 pilar utama dalam prinsip GCG, yaitu negara sebagai penegak hukum serta pembuat peraturan perundang-undangan, dunia usaha yang berperan sebagai pelaku pasar, lalu terakhir masyarakat sebagai pengguna produk dan jasa. Kemudian, prinsip yang telah dijelaskan di atas terdiri dari 5 hal penting yang haru diterapkan, yaitu:

1. Transparansi

prinsip tata kelola perusahaan
gambar: freepik.com/pressfoto

Pertama, pastikan perusahaan transparan dalam memberikan informasi yang relevan. Tujuan dari transparansi ini agar para pemangku kepentingan dapat mengakses dan memahaminya dengan mudah. 

2. Akuntabilitas

Kedua, akuntabilitas di mana perusahaan memang harus siap menampilkan kinerjanya secara transparan. Tujuannya agar pengelolaan ini dapat mencapai tujuan organisasi yang  memperhatikan kepentingan stakeholders

3. Tanggung Jawab

Ketiga, perusahaan harus menjalankan tanggung jawab komunitas, lingkungan, serta mematuhi hukum dan peraturan untuk mendukung keberlanjutan bisnis dalam waktu jangka panjang. 

4. Kebebasan

prinsip tata kelola perusahaan
gambar: freepik.com/tirachardz

Keempat, pengelolaan perusahaan harus dilakukan secara independen atau adanya kebebasan. Tujuan dari prinsip ini agar tidak saling mendominasi atau terlalu mencampuri pihak lain. 

5. Keadilan dan Kesetaraan

Kelima atau terakhir adalah tata kelola perusahaan yang baik juga harus menerapkan keadilan dan juga kesetaraan. Ini menjadi hal yang penting karena akan menjadi pengajaran dan pengalaman untuk memperhatikan pemangku kepentingan dalam menjalankan aktivitasnya. 

Itulah beberapa cara membuat prinsip tata kelola perusahaan. Lalu, agar kemajuan sebuah perusahaan bisa semakin berkembang pesat maka ada baiknya untuk menggunakan Youtap POS dalam melakukan kelola bisnis yang lebih efektif, praktis dan mudah.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama