July 14, 2023

Pelanggan Bisa Transaksi Dari mana saja & Kapanpun Pakai Fitur Pesan dari HP (PHP) Transaction di Youtap POS!

Kegiatan belanja online saat ini memang makin diminati oleh masyarakat, karena proses transaksinya lebih mudah dan bisa dilakukan melalui pesan dari HP, bukan?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kini kehidupan masyarakat memang tidak pernah lepas dari penggunaan teknologi, termasuk saat melakukan transaksi belanja, di mana banyak orang mulai melakukan pesan dari HP atau secara online. Oleh karena itulah, kini transaksi digital sangat diminati oleh masyarakat ketika mereka sedang berbelanja karena lebih cepat, praktis, dan mudah. Namun, apa itu sebenarnya transaksi digital? Simak penjelasannya berikut, yuk. 

Apa Itu Transaksi Digital?

Sebelumnya perlu diketahui, menurut Investopedia, transaksi digital atau yang disebut juga sebagai digital transaction merupakan salah satu jenis pembayaran non tunai (cashless) yang dilakukan secara virtual. Transaksi digital ini bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi melalui smartphone atau device lainnya. 

Jenis transaksi satu ini semakin disukai karena sudah mendapat perlindungan lembaga keuangan secara resmi di Indonesia. Kemudian, ada beberapa jenis transaksi digital yang paling banyak digunakan di Indonesia seperti Gopay, Shopeepay, Dana, OVO, Jenius, dan lain-lainnya. 

Jenis-Jenis Transaksi Digital

1. E-wallet

Jenis pertama adalah e-wallet atau dompet digital elektronik yang fungsinya untuk menyimpan data dan instrumen dari pembayaran. Selain menyimpan uang, e-wallet juga digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, secara online maupun offline seperti bayar pulsa, listrik, tiket perjalanan, hingga tagihan air. 

Tak hanya itu, e-wallet juga digunakan oleh beberapa perusahaan e-commerce untuk menjalankan bisnisnya, agar pelanggan mereka bisa melakukan pembayaran tanpa harus kontak fisik. 

2. E-money

Jenis kedua adalah e-money yaitu uang yang tersimpan di dalam sistem perbankan dalam bentuk elektronik. E-money ini biasanya digunakan untuk membayar parkir kendaraan, jalan tol,  belanja, atau transportasi umum. 

3. Mobile Banking

Jenis ketiga adalah mobile banking atau lebih sering disebut mbanking merupakan sebuah layanan bank yang digunakan untuk nasabah agar dapat melakukan transaksi online. Biasanya layanan mbanking ini dapat digunakan melalui smartphone dari masing-masing akun. 

Jadi sederhananya, dengan mbanking maka kamu tidak perlu lagi datang ke ATM untuk melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer, bayar tagihan, atau mengisi dompet digitalnya. Semua bisa dilakukan hanya melalui smartphone

4. QRIS

Jenis keempat adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Menurut penjelasan dari Bank Indonesia QRIS adalah gabungan dari beragam jenis QR yang berasal dari macam-macam PJSP atau Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran dengan memanfaatkan QR Code.

Perlu diketahui juga bahwa QRIS dibuat langsung oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar seluruh transaksi bisa dilakukan secara cepat, aman, dan mudah.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Pesan dari HP (PHP) Transaction di Youtap POS?

Berikut beberapa langkah menggunakan fitur layanan pengiriman Youtap POS untuk melakukan pengaturan Si Cepat maupun Kurir Toko 

  • Pertama scan e-menu yang sudah tersedia di masing-masing merchant
  • Kemudian, akan muncul tampilan Pesan dari HP (PHP) dan pilih metode transaksi yang akan dilakukan, Pick Up/Dine In/Delivery. 
  • Setelah itu, pilih produk yang ingin dibeli. 
  • Terakhir, selesaikan pembayaran, dan akan muncul transaksi berhasil

Itulah penjelasan mengenai langkah-langkah menggunakan fitur Layanan Pengiriman Youtap POS. Di mana fitur ini dapat membantu kamu melakukan pengaturan apakah pengirimannya dilakukan menggunakan jasa Si Cepat atau Kurir Toko pada metode Pesan dari HP (PHP) delivery. 

pesan dari hp
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama