February 16, 2022

Personal Shopper: Pengertian dan Tips Melakukannya

Meskipun terlihat sepele, namun menjadi seorang personal shopper ini butuh skill khusus lho. Bagi kamu yang tertarik, ketahui dulu pengertian dan tipsnya berikut yuk.

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk belanja sendiri biasanya akan menggunakan jasa personal shopper. Meskipun terlihat sepele, namun menjadi seorang personal shopper ini butuh skill khusus lho. Bagi kamu yang tertarik, ketahui dulu pengertian dan tipsnya berikut yuk. 

Pengertian Personal Shopper

personal shopper
Gambar: freepik.com

Personal shopper adalah orang yang membelanjakan barang tertentu sesuai dengan permintaan klien. Barang yang dibeli bisa bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan atau permintaan dari klien, bisa berupa kebutuhan sehari-hari, produk fashion, perlengkapan bayi, dan barang perlengkapan lainnya.

Nantinya barang-barang yang sudah kamu beli bisa dikirim ke rumah klien menggunakan jasa ekspedisi atau ojek online. Selain itu, juga bisa diambil di pick up point yang sudah ditentukan dengan klien. 

Pendapatan yang kamu terima nantinya diperoleh dari upah jasa sesuai kesepakatan dengan klien. Pembelanja pribadi tidak melakukan mark up harga pada produk yang dibelanjakan, ya.

Namun, belakangan ini jasa tersebut lebih populer dengan istilah jastip atau jasa titip di Indonesia. 

Tips Jadi Personal Shopper yang Profesional

personal shopper
Gambar: freepik.com/jcomp

1. Harus transparan saat bekerja untuk klien

Transparan yang dimaksud adalah klien harus tahu dengan jelas berapa harga dari produk yang dibelanjakan. Ini bisa dibuktikan dengan menyertakan struk belanja di barang yang dibeli.

Transparansi terhadap klien ini bertujuan untuk membangun kepercayaan sehingga mereka tertarik menggunakan jasa kamu kembali di waktu yang akan datang. 

2. Memahami barang dan tempat belanja

Selain itu, pastikan juga kamu memahami betul produk yang dibelanjakan dan tempat belanjanya. Ini akan membuat waktu belanja lebih efisien sehingga tidak perlu berkeliling tanpa ada hasil. Serta pastikan bahwa barang yang dibelanjakan berkualitas baik atau tidak.

3. Beri layanan terbaik

Apa pun bisnis yang dijalani, memberi layanan terbaik untuk pelanggan adalah hal wajib. Ketika menjadi seorang personal shopper kamu akan banyak mendapatkan pertanyaan terkait barang yang dibeli nanti, jadi selalu jawab dengan ramah, jelas, dan transparan.

Tak lupa untuk selalu upayakan kirim barang tepat waktu dan packing produk agar rapi serta aman selama pengiriman.

4. Memberi saran untuk pelanggan

Alasan lain orang menggunakan jasa ini terkadang bukan hanya karena tidak memiliki waktu, tapi juga karena merasa sulit memilih produk yang berkualitas. Oleh karena itu, jadilah personal shopper yang andal, di mana kamu memberi saran untuk pelanggan. Sehingga penting untuk memiliki pengetahuan di bidang produk yang dijastipkan. 

5. Lakukan promosi dengan internet marketing

Terakhir adalah mempromosikan jasa personal shopper milikmu melalui internet. Ada banyak cara mempromosikan jasa di era serba digital seperti sekarang ini seperti memanfaatkan media sosial hingga melalui website.

Deskripsikan dengan jelas tentang layanan jasa yang dapat diberikan dan apa yang membuat istimewa dibandingkan jastip lain. Agar lebih meyakinkan pelanggan beri mereka review baik dari para pelanggan yang sudah pernah menggunakannya. 

Itulah pengertian dari personal shopper dan tips melakukannya. Dan, kini Mulai Usaha apapun dengan Youtap jadi lebih mudah karena memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang