August 25, 2022

5 Tips Jitu Menghadapi Persaingan Harga di Pasaran

Menetapkan harga yang terjangkau tentu sangat berpengaruh pada penjualan sebuah bisnis. Oleh karena itu simak tips menghadapi persaingan harga di pasar berikut, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat memutuskan berbisnis, kamu pasti akan menemukan kondisi persaingan harga di pasaran, bukan? Sehingga untuk bisa menghadapi hal tersebut, kamu perlu tahu bagaimana caranya menetapkan harga jual produk dengan tepat agar dilirik konsumen dan menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, ketahui dulu yuk hal-hal seputar persaingan harga di pasaran.

Apa Itu Persaingan Harga?

persaingan harga
gambar: freepik.com

Persaingan harga merupakan kondisi di mana suatu produk dalam bentuk sama maupun berbeda saling bersaing melalui harga. Cara bersaingnya sendiri dengan menetapkan harga produk yang paling murah.

Harga produk tentu menjadi salah satu hal yang membuat pembeli memutuskan apakah mereka ingin membeli produk atau tidak. Sehingga menetapkan harga produk adalah hal yang penting, tapi pastikan tidak asal memberikan harga murah tanpa ada perhitungan, ya. Pasalnya, hal tersebut justru akan menimbulkan kerugian. 

Lalu, faktor apa saja yang mempengaruhi penetapan harga?

1. Harga Penjualan Pokok

Faktor pertama adalah Harga Pokok Penjualan atau biasa juga disebut HPP. Di mana besaran HPP akan dijadikan patokan untuk harga jual di pasaran. Tujuannya agar kamu sebagai pemilik bisnis tidak mengalami kerugian. 

2. Keadaan ekonomi pada saat barang diproduksi

Faktor kedua adalah keadaan ekonomi saat barang diproduksi. Sebagai contoh sederhana, harga permen yang dijual saat ini tentu akan sangat berbeda dengan 20 tahun lalu, bukan? Perbedaan tersebut timbul akibat terjadinya inflasi dan taraf hidup masyarakat yang semakin naik. 

3. Adanya persaingan di pasar yang cukup ketat 

Faktor ketiga adalah timbulnya persaingan yang ketat di pasar. Pasalnya ada sebagian pebisnis yang tidak ragu membanting harga untuk menarik banyak pelanggan. Tetapi perlu diingat, bagi kamu yang tidak memiliki banyak modal, karena ini sangat berisiko. Di mana omzet atau pendapatan akan lebih kecil dibandingkan pengeluaran. 

Tips Jitu Menghadapi Persaingan Harga di Pasaran

persaingan harga
gambar: freepik.com/xb100

1. Pastikan untuk menjaga kualitas produk

Kamu harus memastikan kualitas produk dalam menghadapi persaingan harga di pasaran. Jadi, walaupun harga yang ditawarkan ke pasaran terbilang murah, pastikan kualitasnya tetap baik, ya. Dengan begitu konsumen akan mempercayai bisnis milikmu dan berminat untuk membelinya lagi. 

2. Pastikan melakukan inovasi 

Selanjutnya kamu juga perlu melakukan inovasi produk agar layak dihargai dengan nominal yang sesuai. 

3. Pastikan untuk memilih lokasi penjualan yang tidak banyak kompetitor

Lokasi berjualan juga menjadi hal yang wajib dipertimbangkan lho, khususnya bagi penjual offline atau langsung. Pilihlah lokasi paling strategis yang belum banyak pesaing, tetapi juga banyak konsumen sesuai target bisnis. 

4. Pastikan memberikan layanan terbaik 

Selain menyediakan produk dan jasa, kamu juga wajib memberikan pelayanan yang memuaskan ya. Perlu diketahui bahwa pembeli akan sangat rela membayar harga sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Khususnya untuk produk yang membutuhkan layanan setelah penjualan.

5. Pastikan meningkatkan nilai produk 

Terakhir, kamu juga harus terus meningkatkan nilai produk bisnis agar dapat menghadapi persaingan harga di pasaran. 

Itulah pengertian seputar persaingan harga dan tips untuk menghadapinya. Persaingan harga memang sebuah kondisi yang sering tidak bisa dihindari, tapi jangan khawatir karena kamu hanya membutuhkan tips jitu menghadapinya dengan cara cerdas. Selain itu, jangan lupa untuk selalu fokus pada produk dan tingkatkan kualitasnya. Tak lupa untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama