Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
September 1, 2022

3 Perbedaan Paket Usaha dan Waralaba, Apa Saja Ya?

Sama-sama menawarkan peluang untuk membangun bisnis, berikut beberapa perbedaan paket usaha dan waralaba secara prinsipil.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Sama-sama menawarkan peluang bagi pelaku usaha yang masih pemula untuk bisa membangun bisnis hingga mendapatkan keuntungan banyak, sebenarnya paket usaha dan waralaba sangat berbeda, lho. Perlu dipahami bahwa secara prinsipil ada perbedaan antara paket usaha dan waralaba. Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut, yuk. 

Apa Itu Paket Usaha dan Waralaba?

perbedaan paket usaha dan waralaba
gambar: freepik.com/jcomp

Pengertian Paket Usaha

Paket usaha atau business package adalah seperangkat paket untuk membuka usaha yang biasanya ditawarkan oleh pebisnis kepada pihak lain dengan harga sangat terjangkau. Paket usaha ini sendiri ada berbagai jenis pilhan yang mencakup bisnis kuliner, pakaian dan lain-lainnya. Banyak orang memang lebih kenal dengan paket usaha, karena selain harganya terjangkau, fasilitas yang ditawarkan pun sudah terbilang lengkap.

Pengertian Waralaba

Sedangkan sangat berbeda dengan waralaba, di mana menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba, adalah hak khusus yang perseorangan atau badan usaha miliki terhadap sistem bisnis, sebagaimana yang ada dalam perjanjian waralaba. 

Sederhananya agar lebih mudah dimengerti, waralaba adalah peluang usaha yang pebisnis tawarkan kepada pihak lain. Tetapi ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku setelah transaksi terjadi antara penjual dan pembeli.

Perbedaan Paket Usaha dan Waralaba

1. Bentuk keterikatan

Perbedaan yang pertama adalah bentuk keterkaitan antara paket usaha dan waralaba. Pasalnya paket usaha adalah jual putus, sedangkan waralaba bersifat sistem royalti.  Jadi, pada sistem paket usaha biasanya antara penjual business opportunity dan pembeli tidak harus ada hubungan lagi setelah transaksi selesai. Namun, berbeda dengan waralaba, di mana setelah transaksi, maka pembeli dan penjual masih harus berhubungan karena kepentingan tertentu. 

2. Modal

Kedua, perbedaan dari sisi modal. Di mana umumnya, modal yang dibutuhkan untuk waralaba lebih besar daripada paket usaha.

3. Tidak memiliki kewajiban membayar royalti secara berkala

Ketiga atau yang terakhir adalah sistem business opportunity tidak akan mewajibkan kamu untuk memberikan royalti secara berkala. Ketentuan ini tentu akan sangat berbeda dengan sistem bisnis dalam waralaba, di mana secara rutin kamu harus memberikan royalti kepada penjualnya. 

Baca Juga: Apa Bedanya Paket Usaha dengan Franchise?

Lalu, Apa Tips Memulai Bisnis dengan Paket Usaha atau Waralaba?

perbedaan paket usaha dan waralaba
gambar: freepik.com/lifeforstock

Berikut beberapa tips yang wajib untuk diperhatikan apabila kamu merencanakan untuk memulai bisnis dengan paket usaha maupun waralaba tertentu:

1. Pilih paket usaha atau waralaba yang sedang banyak diminati 

Pertama, pastikan kamu memilih paket usaha atau waralaba yang memang sedang diminati oleh pasaran masyarakat. Tips satu ini bukan berarti kamu hanya ingin ikut-ikutan ketika memulai bisnis, ya. Tetapi dengan melihat tren yang ada, kamu bisa mempertimbangkannya lebih baik. Sebagai contoh, beberapa jenis waralaba atau paket usaha yang saat ini sedang populer adalah bakso, kopi, makanan ringan, minuman luar negeri, dan masih banyak lagi.

2. Jenis usaha yang dipilih sesuai dengan bidang yang kamu sukai

Kedua, pilihlah jenis usaha yang memang sesuai dengan bidangmu. Poin ini juga sangat penting karena jika menjalankan sebuah bisnis sesuai dengan bidang yang disukai maka hasil pekerjaannya pun akan lebih maksimal. 

3. Kepemilikan modal bisnis

Ketiga, kepemilikan modal bisnis. Apabila modal bisnis yang kamu miliki cukup terbatas, maka bisa memulainya dengan membeli paket usaha lebih dulu. Namun jika modal yang dimiliki lebih dari cukup, maka bisa langsung membeli waralaba.

Itulah beberapa perbedaan paket usaha dan waralaba. Namun tujuan keduanya adalah sama yaitu sama-sama untuk mendapatkan banyak keuntungan. Sehingga kamu harus melakukan pengelolaan bisnis dengan baik agar berjalan lancar dan sukses. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama