January 13, 2022

Apa Bedanya Paket Usaha dengan Franchise?

Bila, kamu masih merasa bimbang dan bingung dalam menentukan pilihan, sebaiknya ketahui dulu yuk apa bedanya Paket Usaha dengan Franchise berikut ini. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini memang banyak sekali berbagai macam jenis bisnis yang mulai dilakukan. Di antaranya ada jenis Paket Usaha atau Franchise. Bila, kamu masih merasa bimbang dan bingung dalam menentukan pilihan, sebaiknya ketahui dulu yuk apa bedanya Paket Usaha dengan Franchise berikut ini. 

Perbedaan Paket Usaha dengan Franchise

1. Perbedaan Cara atau Metode Operasional

bedanya paket usaha dengan franchise
Gambar: freepik.com/jcomp

Poin utama yang perlu kamu ketahui tentang franchise adalah struktur metode operasionalnya memang jauh lebih jelas, apabila dibandingkan dengan paket usaha. Biasanya ketika menjalankan usaha franchise, sistem pemasarannya sudah bersifat terpusat karena telah disediakan oleh pihak penjual.

Sedangkan dalam usaha paket usaha, kamu harus berkreasi sendiri sesuai dengan minat dan keinginan. Karena ketika memilih untuk menjalankan paket usaha, nantinya penjual tidak akan ikut campur lagi. Jadi, bisa menjalankan strategi pemasaran usaha sesuai yang kamu mau.

2. Kepemilikan STPW

Selanjutnya adalah Surat Tanda Pendaftaran Waralaba atau disingkat STPW. Bagi kamu yang memilih usaha franchise, maka akan mendapatkan STPW. Kepemilikan STPW ini akan dikeluarkan langsung oleh Kementerian Perdagangan. Dan hal ini sangat berbeda dengan bisnis paket usaha, di mana kamu tidak harus memiliki STPW ketika ingin berjualan. 

3. Penggunaan HaKI

Ketika kamu memulai usaha franchise maka wajib untuk menggunakan Hak atas Kekayaan Intelektual atau HaKI yang telah ditentukan. Tetapi, paket usaha tidak harus memiliki HaKI sehingga kamu bisa menggunakan merek milik sendiri saat membangun sebuah brand.

4. Perbedaan Harga

bedanya paket usaha dengan franchise
Gambar: freepik.com/d3images

Terakhir adalah masalah harga yang juga menjadi salah satu faktor pembeda antara paket usaha dengan franchise. Paket usaha memang akan dijual dengan harga yang relatif terjangkau atau khusus bagi kamu yang memiliki modal kecil.

Kemudian, saat membeli sebuah paket usaha kamu hanya perlu membayarnya sekali dan tidak perlu berulang setiap bulannya. Tetapi, harga yang ditawarkan untuk franchise cenderung lebih mahal dibandingkan paket usaha dan biasanya harus membayar royalty fee kepada pihak franchisor.  

Itulah beberapa perbedaan paket usaha dan franchise yang perlu kamu tahu. Jadi, apapun jenis bisnisnya, baik paket usaha maupun franchise kamu tetap harus berusaha dengan semaksimal mungkin agar berhasil. Yuk, segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya untuk semua skala bisnis.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama