February 17, 2023

Jadi Salah Satu Alasan Kerugian, Ternyata Ini Penyebab Selisih Stok Bisnis dan Cara Mengatasinya

Demi terhindar dari kerugian dan kelebihan produk, para Bos harus mengetahui dengan pasti penyebab selisih stok dan cara mengatasinya dengan benar berikut, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika menjalankan sebuah bisnis, tentu akan ada banyak hal yang harus dilakukan dan dipertimbangkan secara tepat. Contohnya, seperti melakukan pengelolaan stok barang bisnis. Walaupun ini terlihat sepele, tapi pada kenyataannya menjadi bagian penting karena dapat membantu menghindari terjadinya keluhan dari pelanggan, kerugian, atau bahkan perhitungan modal. 

Pasalnya, jika masalah pengelolaan stok terjadi secara terus-menerus, maka dapat berpengaruh buruk untuk bisnismu. Di mana menimbulkan kerugian, kelebihan stok, hingga terbuangnya secara sia-sia produk bisnis. Agar dapat melakukan pengelolaan dengan baik, ketahui beberapa penyebab selisih bisnis dan cara mengatasinya berikut. 

Penyebab Selisih Stok Pada Bisnis

selisih stok bisnis
Gambar: freepik.com/wavebreakmedia_micro

1. Pengelolaan Stok Masih Dilakukan Secara Manual

Penyebab pertama dikarenakan pengelolaan stok masih menggunakan cara manual. Hal itu pun dapat membuat kegiatan pengelolaan kurang berjalan efektif. Pasalnya, terdapat risiko yang lebih besar saat pencatatan stok, bisa saja angka-angka ketersediaan produk tidak akurat atau tidak sesuai dengan di lapangan. Sederhananya, dapat menyebabkan human error

2. Penghitungan Stok Terlalu Lama

Penyebab kedua dikarenakan perhitungan stok terlalu lama dengan rentang waktu panjang, seperti 6 bulan atau bahkan setahun sekali. Rentang waktu yang terlalu lama dalam perhitungan stok ini tentu saja akan berpotensi menimbulkan masalah ketika melakukan rekap laporan. 

3. Terjadinya Kesalahan Pencatatan saat Pengiriman dan Penerimaan Barang

Penyebab ketiga dikarenakan adanya kesalahan pencatatan saat pengiriman dan penerimaan barang. Jadi, memang sangat dibutuhkan melakukan pencatatan data dari barang yang diterima dan keluar. Namun, agar datanya lebih valid, maka ada baiknya mulai menggunakan sistem digital.  

Lalu, Bagaimana Solusi untuk Mengatasi Selisih Stok?

selisih stok bisnis
Gambar: freepik.com/jcomp

1. Coba untuk Menerapkan Sistem Digital dalam Mengelola Stok Bisnis

Solusi yang pertama adalah mulai menerapkan sistem digital dalam mengelola stok bisnis. Tujuannya agar pencatatan stok bisa berjalan secara otomatis dan real time. Saat ini sudah banyak tersedia sistem pengelolaan stok secara otomatis yang bahkan bisa diintegrasikan dengan penjualan, sehingga lebih mudah mengetahui stok yang masuk dan juga keluar. 

2. Lakukan Perhitungan Stok Secara Berkala  

Solusi kedua adalah melakukan perhitungan stok secara berkala dengan rentang waktu yang tidak terlalu lama, jadi upayakan dalam bentuk harian atau mingguan. Apabila ini tidak memungkinkan untuk dilakukan, cobalah untuk membagi waktu pengecekan stok menjadi dua, periode pendek untuk produk cepat habis atau paling laku terjual, dan periode panjang untuk produk yang memiliki kecepatan jual lebih rendah. 

3. Pastikan Memiliki Gudang atau Ruang Khusus Penyimpanan Stok

Solusi ketiga adalah memiliki gudang atau ruang khusus penyimpanan stok bisnis. Pastikan bahwa para Bos punya gudang atau ruang yang luas dan aman, ya. Kemudian, upayakan untuk menempatkan barang-barang jualan dengan posisi yang cukup strategis. 

Demi bisa mempermudah perhitungan dan menghindari kesalahan, coba berikan label pada produk. Sebagai contoh sederhana, tanggal masuk, kadaluarsa (jika penting) dan lainnya. Tempatkan barang pada rak yang mudah dijangkau agar saat melakukan pengecekan lebih mudah. 

Kemudian, agar terhindar dari selisih stok, cobalah untuk melakukan kegiatan perhitungan serta pendataan. Pastikan kamu memahami dan melakukan stok opname secara berkala dan tepat. 

Itu dia beberapa penyebab dan juga solusi paling efektif yang bisa dilakukan, apabila ingin terhindar dari selisih stok. Selain itu, kamu bisa menggunakan Belanja Stok Youtap yang merupakan salah satu layanan untuk bantu penuhi kebutuhan usaha dengan cara praktis dan efektif. 

Di mana seluruh pembelian produk bisa dilakukan online, dan akan langsung dikirim sesuai alamat tujuan. Para pelaku usaha pun tidak perlu lagi repot bolak-balik pergi untuk mendapatkan stok produk karena bisa langsung pesan dan diakses secara online melalui Belanja Stok Youtap

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama