February 8, 2022

Pentingnya Menggunakan Aplikasi Pembukuan untuk Mendukung Kemajuan Bisnis

Jika sebelumnya dilakukan secara manual, kini kamu bisa melakukannya dengan lebih praktis dengan menggunakan aplikasi pembukuan. Simak penjelasannya berikut yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Tidak hanya untuk perusahaan besar saja, tetapi pembukuan juga sangat dibutuhkan bisnis dengan skala kecil. Ini penting dilakukan agar bisa mengelola, menganalisis hingga mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian yang diperoleh secara rinci. 

Seperti yang kita tahu, bahwa pembukuan sebelumnya dilakukan secara manual, namun agar bisa berjalan lebih praktis tak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pembukuan. Dan berikut ini beberapa alasan penting lainnya menggunakan aplikasi pembukuan. 

Apa Itu Pembukuan?

Aplikasi Pembukuan
Gambar: freepik.com/snowing

Pembukuan merupakan sebuah kegiatan pengorganisasian dan penyimpanan dokumen keuangan serta akuntansi bisnis. Hal-hal yang termasuk dalam kegiatan ini adalah membuat jurnal, laporan keuangan, buku besar, catatan pajak penghasilan, dan masih banyak lagi.

Pembukuan tidak hanya cukup dilakukan ketika perusahaan sudah berskala besar, namun juga perlu diterapkan pada perusahaan yang masih berskala kecil. 

Tujuan pembukuan ini dibuat untuk bisnis baik berskala besar dan kecil untuk bisa mengetahui masalah keuangan dengan tepat. Selain itu juga bisa terhindar dari kesalahan penghitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Memiliki pembukuan yang baik sejak awal bisnis, maka bisa mengetahui dan memiliki kekuatan finansial secara kuat. 

Lalu, Apa Pentingnya Penggunaan Aplikasi Pembukuan untuk Kemajuan Bisnis?

Aplikasi Pembukuan
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Di era yang sudah serba digital seperti sekarang ini kamu bisa membuat pembukuan dengan cepat, akurat dan praktis dengan aplikasi pembukuan. Tak hanya itu saja, berikut ini juga beberapa pentingnya penggunaan aplikasi pembukuan bagi perkembangan bisnis kecil:

1. Dapat membantu menghindarkan kesalahan pelaporan keuangan

Umumnya, kesalahan pelaporan ini terjadi karena proses pembukuan yang tidak baik sejak awal bisnis. 

Hal itu pun membuat bisnis tidak memiliki data yang akurat tentang pendapatan dan pengeluaran selama bisnis berlangsung. 

Dan demi menghindari hal tersebut, sangat penting bagi bisnis untuk memiliki pencatatan pembukuan yang baik salah satunya dengan penggunaan aplikasi. 

2. Menghindari terjadinya audit pada bisnis

Pemilik bisnis kecil wiraswasta memang paling berisiko untuk menerima audit, oleh sebab itu pembukuan yang tepat menjadi hal penting dari sebelumnya.

Semakin akurat sebuah pembukuan bisnis maka akan semakin cepat bagi para auditor untuk melakukan pemeriksaan. 

3. Dapat meningkatkan analisis keuangan dan manajemen yang baik

Pembukuan yang rinci dan jelas membuat kamu bisa menganalisis serta mengelola arus kas lebih akurat tentang situasi keuangan bisnis. Ini juga membantu kamu untuk tetap membayar faktur kepada vendor secara tepat waktu dan bisa mengetahui di mana uang habis dibelanjakan. Perusahaan yang memiliki kontrol keuangan baik dan kondisi keuangannya selalu dalam performa bagus, memungkinkan untuk lebih mudah mendapatkan partner bisnis.

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan penting menggunakan aplikasi pembukuan. Tujuannya untuk mendukung kemajuan bisnis, karena dengan data penjualan yang valid, rinci dan lengkap, kamu bisa lebih mudah mengontrol serta mengelola bisnis usaha. Kemudian sebagai aplikasi usaha terbaik di Indonesia, Youtap juga memiliki fitur laporan penjualan untuk membantu pencatatan segala transaksi yang berlangsung. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Youtap karena memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama