August 18, 2022

Cara Ampuh Mencegah Terjadinya Penipuan Transaksi Online

Walaupun sudah semakin mudah dan praktis, namun penipuan transaksi online juga marak terjadi. Jadi, demi mencegah terjadinya hal tersebut, ikuti beberapa cara berikut, ya. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Di era serba digital seperti sekarang ini, sistem transaksi online memang lebih banyak diminati. Pasalnya dianggap lebih praktis dan juga mudah, karena kamu dapat melakukannya di mana saja serta kapan pun. Namun sayangnya, kecanggihan teknologi tersebut juga meningkatkan risiko terjadinya penipuan transaksi online. Dan berikut beberapa cara mencegahnya. 

Cara Mencegah Penipuan Transaksi Online

1. Cobalah untuk memperluas pengetahuan seputar transaksi online

Cara pertama untuk mencegahnya adalah kamu harus mulai memperluas pengetahuan seputar transaksi online. Jadi, sebelum membangun bisnis, ada baiknya para pelaku usaha memiliki pengetahuan yang cukup dalam membangun brand awareness hingga mengantisipasi berbagai macam tindakan penipuan online di internet.

2. Pastikan untuk memberikan penjelasan pada karyawan

Cara kedua untuk mencegahnya adalah memberikan penjelasan pada karyawan agar mereka memiliki pemahaman yang jelas seputar penipuan transaksi online, khususnya dalam mengantisipasi penipuan. 

3.  Pastikan untuk menyimpan bukti transaksi

Cara ketiga adalah memastikan selalu menyimpan bukti transaksi pada bisnis. Ini menjadi bagian penting yang harus dilakukan karena bukti transaksi dapat dijadikan sebagai bahan dalam proses pembuatan laporan keuangan. 

4. Pastikan tidak membagikan informasi transaksi ke sembarang orang

Cara keempat atau yang terakhir adalah tidak membagikan informasi transaksi ke sembarang orang. Seperti yang kita tahu, kini bisnis online memang selalu menjadi pilihan terbaik untuk sebagian besar orang. Namun, banyak orang melupakan bahwa beberapa informasi penting tidak boleh dibagikan di media sosial seperti KTP, SIM, hingga buku rekening.

Itulah beberapa cara mencegah penipuan transaksi online pada bisnis. Pastikan kamu memperhatikan beberapa cara di atas, karena jika penipuan sampai terjadi hal itu juga akan sangat merugikan keuangan bisnis. Jadi, untuk bisa menunjang keamanan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia. 

penipuan transaksi online
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama