August 16, 2022

Cara Produk Lokal Bisa Tembus Masuk Pasar Global!

Agar mampu bersaing di era digitalisasi saat ini, simak yuk beberapa cara produk lokal bisa masuk ke pasar global. Para pelaku usaha wajib tahu, nih!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kini, produk lokal sudah banyak yang menarik dan unik, bahkan kualitasnya pun tidak lagi diragukan. Namun, sayangnya tak banyak yang mampu memasarkan hingga ke mancanegara. Padahal, bila mengetahui strateginya, produk lokal juga dapat bersaing dengan produk impor lainnya, lho. Oleh karena itulah, agar mampu bersaing di era digitalisasi saat ini, simak yuk cara produk lokal bisa masuk ke pasar global. 

Cara Jitu Produk Lokal Masuk ke Pasar Global

pasar global
gambar: freepik.com/jannoon028

1. Pastikan memilih target pasar yang tepat dan tentukan strateginya

Cara pertama adalah memilih target pasar yang tepat serta menentukan strateginya. Ini akan memudahkan bagian eksekusi strategi pemasaran dan membantu memastikan penggunaan sumber daya seperti waktu, biaya, hingga tenaga. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengikuti beberapa acara yang sesuai dengan segmentasi pasar. 

2. Bangun dan kelola hubungan baik dengan pelanggan

Cara kedua adalah membangun dan mengelola hubungan baik dengan pelanggan. Dalam pengelolaan hubungan ini sendiri kamu akan sangat membutuhkan beberapa upaya untuk membangun ikatan atau engagement. Khususnya upaya untuk bisa mendengar dan menanggapi masukan dari para pelanggan. 

Pasalnya, jika pelanggan mendapatkan respons atau tanggapan positif dan didengar maka akan bisa tercipta kedekatan personal dengan brand. Sehingga, akan membantu dalam membangun customer loyalty terhadap brand.

3. Memastikan keuangan bisnis tetap stabil

Cara ketiga adalah memastikan keuangan bisnis untuk tetap stabil. Ketika memasuki pasar baru, sebuah brand pasti akan menghadapi berbagai macam tantangan seperti memahami dan menyesuaikan diri dengan kondisi. 

Tantangan-tantangan tersebut tidak menutupi aspek finansial harus dipersiapkan secara matang. Selain itu, brand juga harus dapat mengambil langkah antisipasi agar rencana untuk membawa ke pasar global tidak berujung pada kerugian.

4. Memaksimalkan penggunaan platform media sosial untuk membangun presensi online brand

Cara keempat adalah memaksimalkan penggunaan platform media sosial untuk kehadiran online brand. Seperti yang kita tahu saat ini media sosial memang sangat penting untuk meningkatkan presensi bisnis serta brand awareness pada masyarakat.

Namun, dalam penggunaannya media sosial kamu harus konsistensi. Khususnya saat menyajikan konten berkualitas yang unik. Sehingga konten yang dibuat juga harus sesuai dengan nilai-nilai yang kamu miliki dan dapat menjawab kebutuhan masyarakat setempat.

5. Pilih produk yang akan diminati oleh pasar global

Cara kelima atau terakhir adalah memilih produk yang akan diminati oleh pasar global. Ditambah lagi dengan adanya testimoni ataupun review nyata dari konsumen, tentu akan memperkuat citra dan posisi produk di pasar global. 

Itulah beberapa cara agar produk lokal bisa tembus masuk pasar global. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia

Pasalnya, dengan Youtap POS ini kamu akan mendapatkan berbagai macam fitur canggih yang dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. 

pasar global
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama