Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 9, 2023

Networking Bisnis: Pengertian, Tujuan dan Cara Membangunnya dengan Baik

Agar tetap bisa berkembang dan mendapatkan banyak jaringan pasar baru, membangun networking bisnis tentu sangat dibutuhkan. Begini cara membangun networking yang baik.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Pada dasarnya, manusia memang menjadi makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Jadi, setiap manusia akan membutuhkan peran orang dan saling bergantung satu sama lain. Hal tersebut juga berlaku pada prinsip bisnis yang tidak akan bisa berkembang tanpa adanya orang lain. Jadi, relasi harus tetap terjalin agar bisnis mampu berkembang luas. Networking atau koneksi yang terjalin itu dapat berupa investor, sesama pemilik bisnis, hingga komunitas. Lalu, apa tujuan dari membangun networking bisnis? 

Apa Itu Networking Bisnis?

networking bisnis
Gambar: freepik.com

Melansir penjelasan dari laman live about, networking bisnis adalah sebuah istilah yang merujuk pada pertemuan dengan pemilik bisnis-bisnis lain yang memang sudah berpengalaman. Lalu, tujuan dilakukannya networking bisnis ini sendiri untuk membantu mengembangkan jangkauan pasar lebih luas lagi, sederhananya membantu mendapatkan konsumen-konsumen baru. 

Networking ini sendiri dapat membantu kamu memberikan berbagai macam informasi seputar pesaing bisnis hingga klien-klien yang memiliki potensi besar. Apabila kamu sudah memiliki beberapa informasi tersebut secara lengkap, tentu akan lebih mudah untuk menawarkan produk-produk bisnis kepada para calon konsumen, bukan? Kemudian, sebagai imbalan atas layanan, saran, dan pengetahuan yang telah diberikan selama melakukan networking bisnis ini, ada baiknya untuk tetap menjaga komunikasi yang baik. 

Tujuan Membangun Networking Bisnis

networking bisnis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Bantu Meningkatkan Penjualan

Tujuan pertama dari networking bisnis adalah membantu meningkatkan penjualan. Salah satu cara membangun networking ini adalah dengan kolaborasi bisnis. Selain itu, para BOS juga bisa mengajak rekan sesama pelaku bisnis untuk bekerja sama menjalankan sebuah project

2. Jadi Solusi untuk Memecahkan Persoalan Bisnis 

Tujuan kedua adalah menjadi solusi untuk memecahkan persoalan bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa setiap bisnis pasti akan mengalami kendala masing-masing, yang kadang sulit untuk mencari jalan keluarnya sendiri. 

Oleh karena itu, para BOS dapat melakukan konsultasi dengan koneksi seperti investor, pemilik bisnis, hingga komunitas tertentu dalam mencari solusi dari masalah tersebut. 

3. Bantu Memperluas Pengetahuan Tentang Bisnis 

Tujuan ketiga adalah membantu memperluas pengetahuan tentang bisnis. Di mana kamu dapat mempelajari tentang pengalaman bisnis dari rekan yang diajak bekerja sama atau dari sebuah komunitas. 

4. Bantu Mempermudah Kegiatan Bisnis 

Tujuan keempat dari networking adalah mempermudah kegiatan bisnis. Pasalnya, selama memiliki relasi yang luas, maka kamu dapat lebih mudah melihat peluang yang dapat dikembangkan oleh bisnis. Nantinya, para BOS dapat menentukan arah bagaimana rencana bisnis dapat dieksekusi dengan baik. 

Bagaimana Cara Membangun Networking yang Baik?

networking bisnis
Gambar: freepik.com/jcomp

1. Saling Bertukar Kartu Nama 

Cara pertama untuk membangun networking yang baik adalah saling bertukar kartu nama. Jadi, sebelum BOS mengunjungi sebuah kegiatan atau acara bisnis, ada baiknya untuk lebih dulu mempersiapkan kartu nama. 

Nanti, di akhir sesi acara biasanya sebagian besar pengunjung akan saling berkenalan. Jangan hanya mengandalkan perkenalan dengan menyebutkan nama masing-masing, ya. Alasannya karena tidak semua orang bisa menghafal nama dengan mudah. Jadi, pastikan untuk memanfaatkan kartu nama sebagai perantara agar lawan bicara mengingat nama perusahaanmu.  

2. Cobalah untuk Mengikuti Kegiatan Seminar atau Workshop Bisnis

Cara kedua untuk membangun networking dengan mengikuti seminar atau workshop. Ini menjadi cara paling mudah untuk bisa mendapatkan relasi baru. Tidak hanya sekadar mendapatkan insight atau sudut pandang baru, kamu juga dapat berkenalan dengan banyak pelaku bisnis di bidang lain. 

3. Saling Terhubung di Media Sosial 

Cara ketiga adalah saling terhubung di media sosial. Pasalnya, di era serba teknologi seperti sekarang ini, BOS juga harus terus mengikuti perkembangan tren bisnis di dunia online. Sehingga akan lebih mudah mengetahui apa yang diminati atau dibutuhkan oleh masyarakat di pasaran. 

4. Mengikuti Komunitas Bisnis 

Cara keempat atau yang terakhir adalah mengikuti komunitas bisnis. Ini dilakukan agar interaksi secara langsung atau tatap muka menjadi lebih mudah dilakukan. Melalui komunitas ini kamu dapat saling bertukar informasi dan kemungkinan terbesar melakukan berkolaborasi. Sangat menguntungkan, bukan? 

Jadi, itulah pentingnya membangun networking dalam bisnis dengan siapapun dari berbagai kalangan. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua orang akan memberikan respon yang baik ketika berusaha membangun relasi, tapi jangan sampai kecewa dan akhirnya berhenti, ya. 

Perlu ditanamkan bahwa kunci dari seorang pebisnis adalah jangan takut akan kegagalan dan berani untuk ditolak. Pastikan kamu selalu optimis dan lanjutkan misi untuk membangun relasi bisnis dengan semua orang, ya, Jadi, apakah kamu sudah siap membangun networking bisnis? 

Namun, tidak hanya sekadar membangun networking, pastikan juga untuk mulai menggunakan Aplikasi Kasir Digital Youtap POS dalam membantu seluruh kegiatan pengembangan bisnis, ya. Tentu saja dengan adanya digitalisasi bisnis, maka seluruh proses pengelolaan jadi lebih efektif, mudah dan efisien. Kamu bisa download Youtap POS di Google Play Store atau Apps Store dan juga nikmati transaksi bisnis yang lebih praktis. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama