Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 23, 2021

Kiat-Kiat Paling Jitu untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Tak perlu takut atau khawatir akan kesuksesan bisnis ketika harus bersaing dengan perusahaan besar. Cobalah ikuti kiat-kiat meningkatkan daya saing bisnis berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Persaingan bisnis saat ini memang semakin ketat. Hal tersebut tentunya akan tampak menakutkan bagi para pelaku bisnis kecil yang sedang merintis. Namun, tak perlu terlalu khawatir, karena hal tersebut dapat disiasati dengan melakukan beberapa kiat meningkatkan daya saing bisnis. 

Kiat Meningkatkan Daya Saing Bisnis

1. Upayakan Bisnis Bisa Terus Bergerak dengan Cepat

meningkatkan daya saing bisnis
Gambar: freepik.com

Perusahaan dengan skala kecil sebenarnya dinamis dan cepat menarik peluang. Tak hanya itu saja, mereka juga lebih mudah dalam beradaptasi dan memperbaiki model bisnis. Faktor tersebut yang sebenarnya penting karena bisa menangkap pasar yang berubah secara cepat.

Sebagai salah satu contohnya yaitu butik pakaian lokal dapat dengan cepat memproduksi pakaian sesuai tren yang berkembang atau bisa membuat produk berdasarkan permintaan pasar. Berbeda dengan perusahaan besar, memang benar bahwa mereka memiliki kelebihan di ukuran dan skala usaha, tetapi sayangnya tidak dapat merespon perubahan pasar secara cepat seperti perusahaan yang skalanya lebih kecil. 

2. Terus Temukan Inovasi Baru

Punya nilai jual khusus dengan melakukan sesuatu yang lebih baik, lebih murah, dan berbeda tentu menjadi kunci utama untuk meningkatkan daya saing bisnis. Jadi, pastikan kamu bisa menciptakan sebuah produk baru dan unik. Perusahaan kecil memiliki kecepatan yang mampu melakukan inovasi lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan besar. 

3. Gunakan Strategi SEO untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnis di Website 

meningkatkan daya saing bisnis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Di era teknologi seperti sekarang ini, tentu penggunaan website sangat penting dalam dunia bisnis. Memiliki website tersebut akan membantu mengembangkan bisnis dengan meningkatkan daya saing serta memberikan kesempatan bagi calon pelanggan untuk mencari informasi mengenai perusahaan dan produk. 

Penggunaan strategi Search Engine Optimization (SEO) membuat calon pelanggan maupun pelanggan lama bisa dengan mudah menemukan produk-produk milikmu. Caranya, kamu cukup memasukkan banyak kata kunci di halaman website untuk menaikkan trafik. Menggunakan metode kata kunci seperti ini akan membuat website mendapatkan peringkat atas di mesin pencarian. 

Hal penunjang lainnya agar strategi SEO memiliki hasil yang maksimal adalah menciptakan konten berkualitas dan menarik, sehingga pembaca tertarik membagikan alamat website. Tak ketinggalan, sebaiknya targetkan pasar secara spesifik dengan kata kunci yang panjang dan detail. 

4. Pastikan Selalu Menghargai dan Mendengarkan Kritik Saran dari Pelanggan

meningkatkan daya saing bisnis
Gambar: freepik.com

Kiat terakhir untuk meningkatkan daya saing bisnis adalah menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Menjalin hubungan baik salah satunya dengan menghargai dan mendengarkan kritik serta saran dari pelanggan untuk dijadikan perbaikan kedepannya. 

Sebenarnya dengan mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan tersebut sama saja mengajak mereka untuk ikut terlibat dalam proses pengembangan produk bisnis. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengenal pelanggan dengan baik, cari tahu apa yang sedang dibutuhkan, apa yang tidak sukai, serta apa harapan mereka terhadap perusahaan. 

Kumpulkan semua kritik dan saran dari pelanggan. Lalu, modifikasi produk untuk memenuhi selera pasar. Apabila bisnis sudah berjalan lancar, hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah pengelolaan transaksi dalam bisnis. 

Pastikan bahwa seluruh transaksi pelanggan harus dikelola dengan baik agar penjualan produk berjalan lancar. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan Aplikasi Bisnis Youtap untuk membantu mengelola keuangan, stok barang, menyambungkan dengan merchant di seluruh Indonesia serta fitur canggih lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download Aplikasi Youtap sekarang juga!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama