Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
April 11, 2022

Cara Jitu Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Lewat Konten Instagram

Agar konsumen mengingat brand bisnismu ketika ingin membeli produk tertentu, maka simak yuk cara meningkatkan brand awareness berikut lewat konten instagram.

Isi Artikel

Seperti yang kita tahu kebanyakan orang ketika ingin beli air putih di toko akan otomatis menyebut Aqua. Padahal kenyataannya ada banyak sekali merek air putih lainnya. Ini adalah salah satu contoh brand awareness yang sukses. Di mana semua orang mengingat produk mereka setiap kali ingin membeli air putih. 

Brand awareness sendiri tidak hanya dilakukan menggunakan media cetak, tetapi juga bisa melalui media online, media sosial dan iklan berbayar. Salah satu cara yang saat ini sedang ramai dilakukan adalah melalui media sosial Instagram dan berikut cara jitu meningkatkan brand awareness sebuah bisnis. 

Cara Jitu Meningkatkan Brand Awareness di Instagram

1. Tentukan konsep konten yang sesuai dengan target bisnis

meningkatkan brand awareness
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Seperti yang kita tahu, Instagram merupakan salah satu platform digital yang berfokus pada hal visual. Jadi, kamu harus pastikan membuat konten yang menarik dan sesuai dengan target bisnis. 

Cobalah untuk rutin mengunggah konten Instagram di feed, stories, atau reel Instagram. Selain itu, perhatikan juga resolusi foto atau video dan penulisan caption

Kamu juga harus mengecek ulang apakah kualitas audio dalam sebuah video promosi sudah dalam kondisi maksimal. 

2. Buat konten yang relevan dengan minat dan kebutuhan konsumen

Selanjutnya, kamu harus bisa membuat konten yang relevan dengan minat dan kebutuhan konsumen. Sehingga akan menarik minat banyak orang untuk melihat, membaca, dan berinteraksi denganmu. 

Perlu diingat bahwa konten untuk marketing dan brand awareness memiliki perbedaan, ya. Apabila konten marketing maka akan digunakan untuk menawarkan dan menjual produk. 

Sedangkan konten brand awareness untuk memberi bahasan yang lebih informatif kepada masyarakat, bukan untuk menjual produk dari brand milikmu. 

Tujuan dari pembuatan konten itu sendiri untuk membantu menekankan citra dan pesan baik dari bisnismu. Melalui konten instagram inilah yang akan membantu meningkatkan brand awareness dan secara otomatis menambah jumlah konsumen.

3. Tinjau kembali hasil konten brand awareness apakah berhasil atau tidak

meningkatkan brand awareness
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Salah satu cara yang efektif untuk mengukur seberapa besar pengaruh brand awareness bagi masyarakat adalah dengan memeriksanya di Instagram. 

Caranya kamu bisa coba cek kolom komentar untuk mengetahui seberapa besar respon dari followers. Agar engagement dengan konsumen semakin meningkat maka usahakan untuk menciptakan interaksi dan komunikasi baik. 

Tak hanya berdasarkan kolom komentar, kamu juga bisa gunakan fitur analytics yang ada pada Instagram untuk melihat informasi seperti jumlah followers sampai respon atau repost dari konsumen. 

Itulah beberapa cara jitu meningkatkan brand awareness melalui konten instagram. Jadi, ada baiknya untuk lebih dulu membuat konsep, buat konten yang sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen baru lakukan analisis serta review terhadap hasil konten yang sudah diunggah. 

Agar lebih berkembang luas, kini juga saatnya membuat bisnis kamu lebih go digital menggunakan Aplikasi Youtap Indonesia yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih untuk bantu semua kegiatan operasional jadi lebih praktis, efektif dan efisien.  

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama