August 10, 2022

5 Tips Membuat Bisnis Model Canvas yang Tepat

Merencanakan bisnis agar memiliki kerangka yang mudah dan terstruktur adalah hal yang paling utama. Dan berikut tips membuat bisnis model canvas yang tepat. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu strategi untuk merencanakan bisnis agar memiliki kerangka yang mudah dan terstruktur yaitu menggunakan bisnis model canvas. Agar lebih jelas, berikut ini tips membuat bisnis model canvas yang tepat. 

Tips Membuat Bisnis Model Canvas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kerangka manajemen sebuah bisnis yang dibuat dengan tujuan untuk merancang strategi adalah bisnis model canvas. Cara ini juga dilakukan berdasarkan dengan sembilan elemen. 

Elemen tersebut terdiri dari customer segments, value proposition, channels, revenue streams, key resource, customer relationship, key activities, key partnership, dan cost structure. Berikut ini beberapa tips membuat bisnis model canvas yang tepat: 

1. Melakukan analisa kompetitor

membuat bisnis model canvas
gambar: freepik.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah analisa pesaing bisnis untuk bisa mendapatkan gambaran penggunaan strategi yang tepat. Analisa kompetitor ini bisa dilihat dari sisi keberhasilan atau juga kegagalan perusahaan lain sebagai acuan atau pembelajaran. 

Dengan adanya informasi tersebut, kamu bisa mengetahui kesempatan seperti apa yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar lebih baik. 

2. Membuat urutan elemen

Telah disebutkan sebelumnya bahwa dalam melakukan bisnis model canvas ini harus didasarkan pada 9 elemen. Dan saat membuat strategi bisnis, pastikan kamu menyusun kesembilan elemen tersebut secara sistematis agar mengetahui bagian prioritas yang harus dijalankan. 

Selain itu, kamu juga bisa menyusun strategi dengan menentukan jangka waktu tertentu. Perlu dipahami bahwa semakin jelas target waktu dan tujuannya, tentu akan mempermudah untuk mengukur keberhasilan bisnis. 

3. Menghubungkan setiap elemen pada bisnis model canvas

Setelah menyusun semua elemen secara sistematis, kamu wajib menghubungkannya agar dapat membantu menyusun strategi. Hal ini karena setiap elemen pada model bisnis canvas harus terhubung dan mendukung satu sama lain.

4. Utamakan membuat strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi saat ini

membuat bisnis model canvas
gambar: freepik.com/8photo

Membuat strategi bisnis untuk jangka waktu panjang ke depan memang tidak menjadi masalah. Tetapi, mengingat bahwa kondisi bisa berubah sewaktu-waktu jadi ada baiknya untuk fokus menyusun strategi sesuai dengan kondisi saat ini terlebih dahulu. 

Kondisi yang berubah tersebut misalnya adanya perubahan perilaku konsumen atau bisa juga munculnya kompetitor baru. Oleh sebab itu, menyusun strategi dengan kondisi saat ini lebih penting agar memiliki perhitungan yang tepat.

5. Pastikan melakukan review perencanaan

Terakhir melakukan review atau pengecekan ulang di mana kamu harus memeriksa kekurangan dan memperbaikinya apabila ada yang kurang tepat.

Itulah beberapa tips membuat bisnis model canvas yang tepat. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS. Aplikasi ini memiliki beragam fitur canggih yang dapat membantu pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan hingga analisis penjualan bisnis.

membuat bisnis model canvas
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama