Agar pemasaran produk lebih efektif dan bisa menarik banyak pelanggan, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal ini saat membuat media sosial bisnis, ya.
Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.
Saat ini penggunaan media sosial dan internet memang menjadi hal yang penting bagi banyak orang termasuk para pelaku bisnis karena bisa digunakan sebagai tempat promosi usaha secara online. Pasalnya, media sosial bisnis memang menjadi tren marketing yang paling efektif dan tidak membutuhkan biaya pemasaran yang besar.
Tren marketing memang akan selalu berkembang mengikuti kemajuan teknologi, bukan? Hal itu pun membuat marketing channel untuk pemasaran bisnis semakin bervariasi. Oleh karena itu, pastikan kamu bisa membuat media sosial bisnis dengan konten-konten menarik dan relevan dengan target agar menarik perhatian pembeli. Berikut beberapa hal penting yang wajib ada pada akun media sosial bisnis milikmu agar bisa membuat pembeli tertarik.
Sebelumnya perlu diketahui bahwa media sosial menurut Search Engine Journal adalah sebuah alat yang memungkinkan user atau pengguna membangun jaringan dan kelompok tertentu untuk mengelola sebuah hubungan secara online.
Nantinya, para user media sosial tersebut akan membuat profil berdasarkan keinginan dan memposting konten tentang apapun sesuai dengan tujuan masing-masing. Apabila tujuannya untuk memasarkan produk atau jasa tertentu, maka kamu bisa secara khusus buat atau membangun media sosial bisnis. Tentu isinya berupa konten-konten terkait dengan barang jualan.
Kemudian dilansir dari Investopedia, ada lebih dari 4,7 miliar orang telah menggunakan media sosial bisnis seperti Facebook, Instagram hingga platform X (sebelumnya Twitter) yang setara dengan sekitar 60 persen populasi dunia.
Lalu, pada awal tahun 2023 sebanyak 94,8 persen user telah mengakses aplikasi dan situs web chat yang diikuti oleh platform sosial, dengan jumlah 94,6 persen user. Berdasarkan data tersebut, terlihat jelas bahwa hampir seluruh orang di dunia telah menggunakan media sosial untuk berbagai keperluan, sehingga ketika memasarkan produk atau jasa jualan tertentu maka peluang untuk mendapatkan pembelinya juga akan lebih besar.
Pasalnya, media sosial ini merupakan sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dapat dilakukan secara online untuk berinteraksi tanpa adanya batas ruang serta waktu. Jadi, pastikan bahwa kamu bisa membangun media sosial bisnis yang menarik tentunya dengan memperhatikan beberapa hal seperti logo, responsif, kualitas gambar pada konten dan lain-lainnya.
Hal pertama yang wajib ada pada akun media sosial bisnis milikmu yaitu logo unik. Sebaiknya logo tersebut punya bentuk dan warna yang menampilkan identitas khas. Hal itu dapat membedakan bisnis milikmu dengan kompetitor sehingga lebih mudah diingat.
Selain itu, kamu juga harus selalu aktif dan interaktif dalam mengelola akun media sosial bisnis. Tidak lagi harus dengan cara manual, kamu dapat mengunggah konten secara otomatis dan terjadwal. Kamu bisa menggunakan beberapa tools gratis untuk mengunggah konten secara otomatis dan sesuai jadwal. Kemudian juga gunakan seluruh fitur yang ada di media sosial. Contohnya seperti, menggunakan fitur highlight atau instagram story agar bisa berinteraksi dengan pengikut di media sosial secara intens.
Selanjutnya, kamu juga harus melayani pelanggan dengan memberikan jawaban yang fast respon ketika mereka bertanya seputar produk. Baik itu bisnis offline maupun online kamu harus memberikan pelayanan terbaik ketika mereka membutuhkan suatu hal. Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan adalah hal penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis online.
Tingkatkan kualitas foto produk dengan menggunakan kualitas tinggi seperti adanya gambar yang jelas, memiliki pencahayaan baik, dan sebisa mungkin gunakan latar belakang warna polos. Ketika ingin mengambil foto produk untuk akun media sosial bisnis, buatlah terlebih dahulu konsepnya dan ambil dari berbagai posisi.
Kemudian, tulis penjelasan atau deskripsi produk secara rinci mulai dari harga, bahan yang digunakan hingga jumlah stok yang tersedia.
Telah disebutkan di atas, bahwa media sosial bisnis ini tentu untuk memperluas jangkauan pasar, karena bisa dipasarkan secara online maka orang-orang dari dalam maupun luar negeri bisa melihat hingga melakukan pemesanan produk atau jasa dari bisnis milikmu.
Kemudian, dengan adanya media sosial bisnis kamu akan lebih mudah membagikan ragam informasi seputar launching produk, promo, atau pembagian voucher setiap pembelian tertentu. Hal ini tentunya akan meningkatkan kesadaran konsumen dengan memberikan penawaran-penawaran terbaik dan membuat mereka tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk dari bisnis milikmu.
Tidak hanya sekadar meningkatkan kesadaran konsumen, tapi melakukan pemasaran melalui media sosial bisnis juga jadi cara paling efektif mendapatkan pelanggan baru.
Terakhir, melalui media sosial bisnis kamu dapat menjalin hubungan baik dan mengelola kepuasan pelanggan secara langsung. Jadi, pada saat konsumen mengajukan pertanyaan, memberikan masukan atau kritik kamu bisa menjawabnya dengan responsif. Hal ini pun akan membantu meningkatkan layanan bisnis.
Itulah hal-hal yang wajib ada pada akun media sosial milikmu. Tujuannya agar banyak orang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga berdampak pada peningkatan penjualan bisnis.
Dalam pengelolaan bisnis kamu juga bisa menggunakan Youtap POS untuk membantu mendapatkan laporan penjualan, melihat riwayat transaksi, belanja stok hingga menggunakan fitur kasir digital. Yuk Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai macam solusi terlengkap dan terpercaya.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.