January 19, 2023

Apa Saja Manfaat Aplikasi Enterprise untuk Perusahaan?

Tidak hanya sekadar membantu menyelesaikan kegiatan bisnis, jika digunakan secara maksimal maka aplikasi enterprise juga memiliki beberapa manfaat lainnya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu, bahwa untuk menyelesaikan semua kegiatan bisnis di era digital ini kamu akan membutuhkan sistem teknologi beserta fitur-fitur canggih. Namun, tidak hanya sekadar menyelesaikan kegiatan bisnis, jika digunakan secara maksimal maka juga akan membantu mengurangi biaya operasional. Berikut beberapa manfaat aplikasi enterprise untuk perusahaan. 

Apa Manfaat Aplikasi Enterprise untuk Perusahaan?

1. Bantu Kelola Bisnis Jadi Lebih Efektif 

aplikasi enterprise
Gambar: freepik.com/our-team

Manfaat pertama dari aplikasi enterprise adalah membantu kelola bisnis jadi lebih efektif dan praktis. Di mana melalui aplikasi berbasis digital, seluruh data informasi terkait proses bisnis dapat saling terintegrasi secara otomatis. Data-data bisnis tersebut juga dapat diakses dengan mudah, karena berada dalam satu platform online. Jadi, bisnis pun bisa dikelola dengan lebih efektif, praktis dan efisien.

2. Membantu Tingkatkan Produktivitas Perusahaan

Manfaat kedua adalah meningkatkan produktivitas perusahaan, karena melalui fitur-fitur canggih dari aplikasi dapat membantu melakukan beberapa pekerjaan bisnis seperti pencatatan data penjualan, persediaan barang, hingga lain-lainnya secara otomatis. Semakin mudahnya, mendapatkan data-data terkait bisnis, maka produktivitas perusahaan pun dapat meningkat.

3. Membantu Mengontrol Keuangan Perusahaan 

aplikasi enterprise
Gambar: freepik.com

Manfaat ketiga adalah membantu mengontrol keuangan perusahaan. Pasalnya, dengan aplikasi enterprise seluruh data keuangan sudah langsung terintegrasi ke dalam sistem sehingga seluruhnya terpusat secara otomatis. 

Sehingga, kamu bisa lebih mudah memantau kondisi keuangan perusahaan dan mengendalikan penggunaan alokasi budget sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain itu,  dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga  dapat mengukur kebutuhan perusahaan di masa yang akan datang, baik itu kebutuhan produksi, alat-alat hingga sumber daya manusia. 

Apa Saja Jenis Aplikasi Enterprise yang Dibutuhkan Perusahaan?

aplikasi enterprise
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Jenis Enterprise Resource Planning (ERP)

Jenis pertama adalah ERP software, yaitu jenis enterprise software yang cukup umum digunakan untuk membantu mengelola berbagai perencanaan sumber daya dalam perusahaan. Sebagai contohnya adalah melakukan perencanaan produk, kontrol inventaris, pembelian bahan, manajemen SDM, keuangan, dan lain sebagainya.

2. Jenis Enterprise Content Management

Jenis kedua adalah Enterprise Content Management yang memiliki fungsi untuk mengelola konten perusahaan. Maksud dibuatnya konten ini untuk kebutuhan dokumen, video, gambar, dan pesan email. Hingga nantinya, konten-konten tersebut dapat didistribusikan sebagai konten web, manajemen dokumen, dan lain sebagainya.

3. Jenis Supply Chain Management

Jenis ketiga adalah Supply Chain Management, yang fungsinya untuk bantu mengelola kegiatan rantai pasokan pada perusahaan, agar dapat dijalankan dengan cara lebih efektif dan efisien. Kegiatan bisnis pada jenis ini adalah proses produksi, hal-hal logistik, dan sistem informasi untuk mengkoordinasikan prosesnya. 

4. Jenis Customer Relationship Management

Jenis keempat adalah Customer Relationship Management atau CRM yang cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan berbagai macam skala baik itu besar maupun kecil. Aplikasi CRM ini memiliki banyak manfaat mencakup pengelolaan penjualan, pemasaran, hingga aspek interaksi lainnya antara perusahaan dan pelanggan.

Karakteristik CRM salah satunya adalah menyimpan dan mengelola informasi tentang pelanggan, yang informasi didalamnya berkaitan dengan sales lead, kontak, pelanggan, riwayat penjualan, permintaan layanan, dan lainnya. Tak hanya itu saja, CRM juga bantu melacak komunikasi melalui email, chat, web, media sosial, dan channel pemasaran lainnya. 

5. Jenis Business Intelligence

Jenis kelima adalah Business intelligence tool, yang fungsinya untuk menangani sejumlah besar data terstruktur. Walaupun kadang kala jenis aplikasi enterprise ini tidak terstruktur untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan, hingga menciptakan peluang bisnis strategis baru.

Itulah beberapa manfaat serta jenis dari Aplikasi Enterprise, di mana sistem serta fitur yang tersedia dapat membantu kelola bisnis termasuk melakukan pencatatan hingga kontrol keuangan perusahaan jadi lebih mudah, praktis dan efektif.  Yuk, mulai digitalisasi bisnis dengan Solusi Enterprise Youtap #SemuaBisa

Menguntungkannya lagi jika menggunakan Solusi Enterprise, kamu dapat terhubung dengan semua merchant Youtap di seluruh Indonesia. Selain itu, kamu juga dapat memenuhi kebutuhan modal, tersedianya data analisis transaksi penjualan hingga minat konsumen secara otomatis. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama