June 20, 2022

Cara Manajemen Waktu dalam Bisnis dan Manfaat Melakukannya

Demi pekerjaan lebih cepat selesai dan terorganisir dengan baik, maka sangat perlu untuk memahami cara manajemen waktu dalam bisnis berikut dan manfaat melakukannya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika menjalankan bisnis, pasti akan ada banyak hal yang perlu dikerjakan serta dikelola. Oleh karena itulah, kamu harus pandai dalam melakukan manajemen waktu agar lebih cepat selesai dan terorganisir dengan baik. Dan berikut ini beberapa cara manajemen waktu dalam bisnis yang efektif dan manfaat melakukannya. 

Apa Itu Manajemen Waktu dalam Bisnis?

manajemen waktu dalam bisnis
gambar: freepik.com/onlyyouqj

Manajemen waktu merupakan sebuah proses perencanaan dan pengendalian waktu yang telah dihabiskan untuk kegiatan tertentu dalam bisnis. Apabila kamu melakukan manajemen waktu yang baik, maka dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam periode waktu singkat. Tak hanya itu saja dengan melakukan manajemen waktu yang baik juga akan membantu menurunkan stres, dan membuat bisnis jadi lebih sukses.  

Apa Saja Manfaat Melakukan Manajemen Waktu dalam Bisnis?

Ketika kamu bisa melakukan manajemen waktu yang baik dalam bisnis, maka bisa mendapatkan beberapa dampak baik seperti:  

1. Pekerjaan jadi lebih terorganisir

Manfaat pertama adalah pekerjaan bisnis jadi lebih terorganisir sehingga berjalan lebih efisien dan produktif. Dengan mengelompokkan jadwal kegiatan yang memang sesuai dengan skala prioritasnya, maka membuat bisnis lebih teratur. 

2. Meningkatkan produktivitas kerja

Dengan adanya manajemen waktu, tentu kamu bisa lebih disiplin dalam pekerjaan. Hal itu pun memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas sehingga lebih produktif dan juga terorganisir.

3. Tujuan dan target bisnis terpenuhi

Ketika mampu melakukan pekerjaan secara efisien, maka tujuan dan target bisnis yang telah ditetapkan di awal dapat tercapai dengan mudah. Produktivitas pun akan meningkat dan banyak tugas yang terselesaikan.

4. Mengurangi stress saat bekerja

Manfaat terakhir adalah membantu mengurangi stress saat bekerja. Apabila target dan tujuan dapat terpenuhi, maka akan lebih tenang dan itu dapat mengurangi beban pekerjaan. Perlu kamu ketahui bahwa dengan membuat dan mengikuti jadwal kegiatan dapat membantu  mengurangi kecemasan, lho

Karakteristik Manajemen Waktu

Agar dapat melakukan manajemen waktu yang baik, tentu harus ada beberapa karakteristik seperti:  

1. Evaluasi

Pertama, lakukan evaluasi dalam bisnis. Maksudnya, luangkan waktu untuk mencatat seluruh kegiatan yang telah dan akan dikerjakan dalam bisnis. Kemudian, tentukan target yang ingin dicapai dan tandai beberapa aktivitas penting dalam bisnis.  

2. Tentukan rencana dan prioritas

Setelah melakukan evaluasi,  kini saatnya menentukan rencana dan urgensi setiap kegiatan yang akan dilakukan. Sehingga, aktivitas yang dilakukan dapat dikerjakan secara efisien dan lebih terarah. 

3. Pengalihan waktu

Tetapkan jadwal dengan ketat terkait kapan harus menjawab telepon atau membalas pesan serta email bisnis, kecuali memang benar-benar ada kebutuhan mendesak. Sebaiknya, hindari juga penggunaan media sosial yang terlalu lama saat berada di jam kerja. 

4. Delegasi

Selain itu, apabila memungkinkan, kamu dapat mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan baru sehingga mereka dapat mempelajarinya lebih mudah. 

5. Katakan tidak

Kamu juga harus belajar untuk mengucapkan kata “tidak” dengan sopan. Hal ini berlaku untuk menolak beberapa pekerjaan serta kegiatan yang memang tidak sesuai dengan tujuan tertentu. 

6. Rehat

Terakhir, beristirahat sangatlah penting karena dapat memulihkan tenaga dan membuat pikiran seseorang lebih relax. Pasalnya ketika memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, maka kamu akan lebih produktif dalam melakukan pekerjaan. 

Lalu, Bagaimana Cara Efektif Melakukan Manajemen Waktu?

manajemen waktu dalam bisnis
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Berikut beberapa cara melakukan manajemen waktu dalam bisnis yang efektif:

  • Pertama, tentukan terlebih dahulu target dan tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis. 
  • Kedua, tentukan juga skala prioritas untuk setiap aktivitas bisnis. 
  • Ketiga, pastikan untuk membuat jadwal kegiatan bisnis.
  • Keempat, tetapkan deadline untuk masing-masing kegiatan.
  • Kelima, pastikan harus disiplin dan fokus dalam bekerja.
  • Keenam, luangkan waktu untuk beristirahat sejenak.
  • Ketujuh, tetaplah konsisten dalam penerapannya.
  • Kedelapan atau yang terakhir, cobalah untuk mengatur dan menahan diri dari kegiatan yang tidak berguna. 

Itulah penjelasan cara manajemen waktu dalam bisnis dan manfaat melakukannya. Jadi, dengan adanya manajemen waktu yang baik, tentu dapat membantu menyelesaikan pekerjaan jadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, kamu pun juga bisa lebih produktif dalam melakukan pekerjaan.

Dalam melakukan manajemen bisnis ini, kamu gunakan Youtap POS yang telah menyediakan berbagai macam fitur canggih. Sehingga pengelolaan bisnis pun jadi lebih efektif dan efisien. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama