Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
April 26, 2022

Silahkan Cek Transaksi di Fitur Laporan Transaksi Youtap BOS!

Pengecekan data keuntungan dan kerugian jadi lebih mudah dengan adanya fitur laporan transaksi Youtap BOS.

Isi Artikel

Membuat laporan transaksi bisnis adalah kegiatan penting yang harus dilakukan karena dengan begitu kamu lebih mudah melihat jumlah untung dan rugi. Namun, pencatatan laporan transaksi tersebut tidak perlu dilakukan secara manual lagi, kini ada cara yang praktis menggunakan Youtap BOS. Berikut cara melihat laporan transaksi di Youtap BOS.  

Tentang Laporan Transaksi Bisnis

Transaksi bisnis sendiri merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang dicatat dalam sistem pembukuan pada perusahaan. Kemudian, ini merupakan kegiatan yang dapat diukur dalam bentuk moneter dan memengaruhi keuangan atau operasi bisnis. 

Selain itu, transaksi bisnis juga berpengaruh pada aset, modal, kewajiban, pendapatan, serta biaya dalam suatu perusahaan. Oleh karena itulah, kegiatan satu ini sangat penting untuk dicatat ke dalam pembukuan yang disebut laporan transaksi. 

Laporan transaksi adalah catatan berisi informasi keuangan dalam periode tertentu, yang nantinya dapat digunakan untuk mengetahui serta memahami situasi kinerja perusahaan. Sederhananya, laporan transaksi ini sebagai dokumen berisi catatan keuangan bisnis yang mencakup seluruh transaksi penjualan hingga kas.

Lalu, Apa Manfaat Memiliki Laporan Transaksi?

1. Dapat Memberi Gambaran Kondisi Keuangan Bisnis

Manfaat pertama dengan memiliki laporan transaksi adalah bisa memberikan gambaran kondisi keuangan bisnis terkini. Jika, laporan pada hasil penjualan menunjukkan angka yang positif, maka bisa dikatakan kondisi bisnis baik karena telah sukses menghasilkan keuntungan.

Sedangkan, apabila laporan pada hasil penjualan menunjukkan angka negatif atau menurun secara signifikan, maka ini sebagai tanda kamu perlu melakukan evaluasi demi bisa menghindari kerugian pada bisnis. Jadi, apabila kamu punya laporan transaksi secara rinci maka keuangan usaha lebih mudah dipantau secara berkala. Selain itu, akan lebih mudah juga mengambil keputusan untuk strategi bisnis selanjutnya.  

2. Dapat Membantu Menentukan Pilihan pada Bisnis

Manfaat kedua, laporan transaksi ini juga dapat membantu menentukan pilihan dalam berbagai aspek khususnya keuangan. Pasalnya, dalam membuat keputusan bisnis, memang sangat dibutuhkan berbagai macam pertimbangan dan waktu yang tepat, tentu agar hasilnya tidak merugikan.

Laporan transaksi ini sendiri mencakup banyak informasi seperti volume penjualan, tren masa depan bisnis, keuntungan, arus kas, dan lain-lainnya. Seluruh data tersebut yang bisa membantu membuat keputusan lebih baik untuk penjualan produk atau penawaran layanan di masa depan.

3. Menjadi Bentuk Pertanggungjawaban Keuangan Bisnis

Manfaat ketiga, laporan transaksi juga menjadi sebuah bentuk pertanggungjawaban keuangan bisnis. Laporan transaksi yang telah disusun secara akurat tentu akan memberikan gambaran bisnis secara keseluruhan, apakah kamu mengalami keuntungan atau kerugian. 

Umumnya, laporan transaksi ini juga dilengkapi dengan beberapa data valid seperti nota, kuitansi, atau bukti akurat lainnya, sehingga terlihat sah di mata hukum. Selain itu, ini juga sangat penting bagi perusahaan yang memiliki investor dan direksi lainnya. Di mana pada akhir periode, laporan transaksi baik itu harian, mingguan, bulanan hingga tahunan ini bisa mempermudah dalam menyusun perencanaan keuangan selanjutnya. 

4. Dapat Menunjukkan Kredibilitas Bisnis 

Manfaat keempat adalah meningkatkan kredibilitas bisnis. Pasalnya, dengan adanya laporan keuangan yang akurat dan transparan bisa jadi tanda bahwa sebuah bisnis menjalankan operasinya dengan cukup baik. Hal itu pun akan membuat pelanggan jadi lebih percaya dengan bisnis yang kamu jalankan. 

Bagaimana Cara Melihat Laporan Transaksi di Youtap BOS?

Berikut cara melihat ringkasan penjualan di Youtap BOS: 

  • Kunjungi website Youtap BOS dengan klik link ini https:/bos.youtap.id/.
  • Lalu, klik “Laporan” yang tertera di home, letaknya pada bagian bawah. 
  • Kemudian, klik “Tanggal” dan atur waktu transaksi sesuai dengan yang BOS ingin lihat laporannya. 
  • Setelah itu, akan langsung muncul tampilan Ringkasan Penjualan, Metode Pembayaran menggunakan apa. 
  • Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan fitur Filter yang tersedia pada Youtap BOS. Terdapat beberapa pilihan filter yang akan menunjukkan transaksi terbaru, keseluruhan, terlama, pendapatan paling besar hingga pendapatan paling kecil. 
  • Kamu juga bisa memilih menampilkan laporan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan oleh pelanggan. 
  • Jika laporan transaksi yang diinginkan sudah didapat, setelah melakukan beberapa langkah diatas, kamu juga bisa langsung download laporan tersebut sehingga disimpan dalam bentuk file, lho

Itulah seputar laporan transaksi di Youtap BOS, serta manfaat-manfaatnya bagi perusahaan jika memiliki data tersebut secara rinci dan akurat. Fitur laporan transaksi ini tentunya akan membantu para BOS melakukan cek semua penjualan bisnis mulai keuntungan usaha, hingga jumlah transaksi dan metode pembayaran yang dilakukan. 

Luar biasa, kan? Tunggu apalagi, yuk jadi BOS yang paling update untuk tahu semua ringkasan penjualan usaha. Melalui Youtap BOS, kamu juga dapat menikmati 100 solusi mantap lainnya dari Youtap BOS

laporan transaksi
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama