May 31, 2022

Komponen Digital Apa Saja yang Sangat Dibutuhkan untuk Membangun Usaha Kecil?

Demi skala usaha bisa terus bertambah luas dan dari segi pelayanannya pun meningkat, maka ada beberapa komponen digital berikut yang dibutuhkan untuk usaha kecil.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Di era serba teknologi seperti sekarang, memang menuntut para pelaku usaha untuk mulai menggunakan ekosistem digital dalam pengelolaannya. Tujuannya agar skala usaha bisa semakin luas dan meningkatkan pelayanan. Lalu, apa saja sebenarnya komponen digital yang paling dibutuhkan untuk usaha kecil? 

Komponen Digital yang Dibutuhkan Usaha Kecil

1. Website

komponen digital
Gambar: freepik.com

Memiliki website adalah bagian dari komponen digital yang tidak bisa kamu abaikan saat ini. Pasalnya sebuah usaha yang memiliki situs dengan pengelolaan cukup baik memang lebih dipercaya oleh konsumen di pasaran. 

Kemudian, pada saat kamu memiliki situs website, maka pastikan untuk membuat konten menarik yang mudah dimengerti oleh konsumen. Jadi, hindari untuk membuat konten yang hanya fokus tentang penjelasan fitur-fitur produk secara panjang lebar. Tapi tunjukkan manfaat dari produk usaha yang kamu jual di konten-konten website.

Sehingga, secara otomatis konsumen akan lebih mudah mengerti peran produk atau layanan dalam pemecahan masalah yang mereka hadapi. 

2. Customer journey

Komponen digital yang kedua adalah customer journey. Melalui pembuatan website, kamu dapat mengumpulkan banyak informasi tentang konsumen dengan melihat data analytics. Dan melalui pemahaman customer journey inilah waktu yang tepat bagi kamu untuk melakukan analisis mendalam terkait perjalanan mereka ketika akan membeli produk.

Baca juga: Pentingnya Mengenal Customer Journey dan Tahapan-Tahapannya untuk Meningkatkan Kualitas Bisnis


3. Traffic

komponen digital
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tak hanya sekadar membuat website dan konten-konten menarik, pastikan juga bahwa traffic atau kunjungan audiens meningkat. 

Sebenarnya ada beragam traffic, misalnya organik dan berbayar. Organic traffic sendiri adalah cara paling natural untuk berinteraksi bahkan dengan audiens yang belum mengetahui usahamu. Cobalah untuk memproduksi konten yang bermanfaat dan dibutuhkan audiens.

4. Digital tools

Terakhir adalah posisi digital tools. Keputusan tentang penggunaan alat bantu yang kamu gunakan idealnya harus berdasarkan pada kebutuhan untuk memuaskan konsumen pada setiap tahap dalam perjalanan konsumen.

Sebenarnya ada banyak sekali tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola usaha. Salah satunya seperti Aplikasi Youtap yang mampu berikan berbagai macam fitur lengkap untuk mengelola seluruh kegiatan usaha seperti pencatatan transaksi penjualan, kontrol inventory, membuat laporan keuangan, dan lainnya. 

Itulah beberapa komponen digital yang sangat dibutuhkan oleh usaha kecil agar bisa terus berkembang dan meningkatkan pelayanan. 

Jadi, jangan lupa untuk gunakan Youtap POS yang tentunya akan dukung seluruh kegiatan usaha sehingga kualitas pelayanan pun ikut meningkat, ya. Pasalnya dengan menggunakan sistem Youtap, maka operasional usaha sehari-harinya jadi lebih efektif, efisien dan praktis. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama