February 8, 2023

Pentingnya Kolaborasi Bisnis dan Cara Melakukannya dengan Benar

Dapat memperluas jaringan pasar hingga memberikan banyak inovasi baru, berikut alasan penting kolaborasi bisnis dan cara melakukannya. Pemula wajib tahu, nih.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Hingga saat ini masih banyak pelaku usaha yang beranggapan bahwa pihak lain dalam bidang bisnis apapun bisa dianggap sebagai kompetitor. Padahal dengan adanya kolaborasi bagi bisnis skala kecil, justru dapat menciptakan jangkauan pasar lebih luas. Sehingga ada baiknya untuk melakukan kolaborasi bisnis namun harus dengan cara yang tepat, ya. 

Apa Pentingnya Melakukan Kolaborasi Bisnis?

kolaborasi bisnis
Gambar: freepik.com

Biasanya, apapun yang berhasil diciptakan oleh kompetitor akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para pelaku usaha. Namun pada kenyataannya, pemikiran seperti itu justru akan menghambat proses perkembangan bisnis, lho

Alasannya, karena bekerja sendiri dalam menjalankan bisnis hanya akan membatasi kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan memperkecil jangkauan pasar. Berikut beberapa alasan penting melakukan kolaborasi bisnis: 

1. Memperluas dan Membangun Jaringan Bisnis 

Pertama, melakukan kolaborasi bisnis dapat memperluas dan membangun jaringan. Di mana dengan kolaborasi bisnis ini kamu akan bertemu banyak orang baru dan menambah daftar kolega. Namun, pastikan untuk selalu menjaga hubungan baik yang sudah dibangun walaupun tidak menghasilkan kolaborasi secara langsung, ya. 

2. Dapat Menginspirasi Bisnis

Kedua, dapat menginspirasi bisnis agar bisa lebih berkembang. Selalu berada di zona nyaman dengan penawaran yang selalu mulus tentu terasa sangat menyenangkan. Tapi, hal tersebut ternyata membuat kamu lupa bahwa di luar sana ternyata ada cara lebih baik untuk meningkatkan penjualan. Di mana sebenarnya terdapat banyak teknik berbeda yang membuat kerja lebih efektif dan efisien.

Melalui kolaborasi bisnis, para BOS akan lebih banyak berkomunikasi dengan orang luar yang memiliki perspektif berbeda, sehingga dapat membantu mengembangkan kreativitas. Salah satunya manfaat paling nyata dengan kolaborasi adalah kesempatan mendapatkan inspirasi bisnis. 

3. Memberikan Perubahan Bisnis ke Arah Positif

Ketiga, dapat memberikan perubahan bisnis ke arah positif. Maksudnya adalah dengan kolaborasi bisnis tentu secara tidak langsung akan memaksa kamu untuk mengubah pola atau strategi yang mungkin sudah nyaman digunakan.

Namun, tak perlu khawatir berlebihan karena biasanya perubahan dalam kolaborasi bisnis ini dapat membawa ke arah yang lebih positif dan maju. Sederhananya, dapat membawa perubahan kerja bisnis jadi lebih efisien, hemat biaya, dan menambah kepuasan konsumen.

4. Bantu Menciptakan Inovasi

Keempat, dapat membantu menciptakan inovasi dalam bisnis. Jadi, dengan kolaborasi maka kamu akan mendapatkan lebih banyak ruang serta keberanian untuk mengembangkan bisnis. Pengambilan risiko saat kolaborasi ini akan mendorong kamu untuk melakukan pembelajaran yang akan menghasilkan inovasi baru. 

5. Bantu Memecahkan Masalah Bisnis

Kelima, dapat bantu memecahkan masalah bisnis. Melakukan kolaborasi akan memberikan para BOS rekan yang siap membantu di saat-saat terberat dalam bisnis. Melalui kerja sama tersebut, kamu dapat berdiskusi mengenai masa depan hingga mencari solusi untuk saling mendukung ketika salah satunya berada di titik terendah. 

Bagaimana Cara Kolaborasi Bisnis?

kolaborasi bisnis
Gambar: freepik.com

Berikut beberapa cara melakukan kolaborasi bisnis : 

1. Coba untuk Bergabung dengan Komunitas 

Pertama, cobalah untuk gabung menjadi anggota komunitas bisnis atau badan perdagangan tertentu. Cara satu ini akan membuka peluang baru bagi para BOS untuk menemukan pengusaha lain yang tertarik bekerja sama. 

2. Coba untuk Menjalankan Acara Secara Bersama

Kedua, cobalah untuk menjalankan acara bersama. Di mana acara yang dibuat bisa mengusung konsep mendidik atau menginspirasi pelanggan, peluncuran produk baru atau bahkan pesta. 

3. Saling Bertukar Keterampilan Bisnis

Ketiga, cobalah untuk saling bertukar keterampilan bisnis. Jadi, kamu juga bisa hemat biaya jika hanya memiliki anggaran terbatas untuk bisnis. 

4. Lakukan Cross Selling dan Co-Branding

Keempat, kamu bisa melakukan cross selling dan co-branding. Pasalnya, menggabungkan kekuatan untuk saling mempromosikan produk atau layanan bisnis dapat menjadi salah satu cara efektif untuk membangun kesadaran dan mendapatkan jaringan pasar baru.

5. Influencer Media Sosial

Kelima, melakukan kolaborasi dengan influencer di media sosial. Perlu diketahui bahwa influencer ini memiliki jutaan pengikut di platform media sosial seperti Instagram, sehingga mereka sangat berpengaruh ketika mempromosikan sebuah produk atau layanan tertentu. 

Kemudian, influencer sendiri terbagi menjadi dua yaitu mikro dan makro. Di mana mikro-influencer biasanya hanya memiliki beberapa ribu pengikut, dan makro punya lebih besar. Tetapi kolaborasi dengan keduanya tentu sangat menguntungkan, karena bisnis milikmu mendapatkan jangkauan pasar baru lebih luas. 

Itulah alasan penting hingga cara melakukan kolaborasi bisnis yang tepat. Selain itu, agar proses pengelolaan bisnis bisa berjalan lebih efektif, gunakanlah sistem digital dari Youtap POS. Di mana aplikasi satu ini menyediakan beragam fitur laporan terlengkap, sehingga kamu bisa dengan mudah mengetahui tren penjualan setiap harinya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama