July 11, 2022

Beragam Keuntungan Penggunaan QRIS untuk Penjual dan Pembeli, Apa Saja Ya?

Sudah mulai banyak digunakan untuk bertransaksi jual beli, berikut ini beberapa hal tentang QRIS yang wajib kamu ketahui. Simak penjelasan selengkapnya, yuk.

Saat ini QRIS atau QR Code Indonesian Standard mulai banyak diimplementasikan untuk melakukan pembayaran apapun. Hampir semua aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun yaitu bank dan juga non bank bisa menggunakannya. Namun, kamu juga harus mengetahui beberapa hal tentang QRIS berikut dalam penggunaannya.

Hal-Hal Tentang QRIS dalam Penggunaannya

Free vector smartphone scanning qr code
Gambar: freepik.com

1. QRIS adalah Penyederhanaan dari QR

Sebelum adanya QRIS, sistem pembayaran dengan QR memang lebih banyak digunakan. Tetapi, sayangnya penyedia pembayaran digital menggunakan QR berbeda-beda sehingga memang sedikit merepotkan.  

Jadi, agar lebih praktis, Bank Indonesia akhirnya melakukan inovasi terbaru dengan mengeluarkan QRIS atau QR Code Indonesia Standar. Sehingga dengan QRIS ini penjual hanya perlu menyediakan satu QR saja, namun bisa untuk seluruh metode pembayaran.

2. QRIS Tersedia Dalam Dua Model Pembayaran

Bank Indonesia telah mengembangkan dua jenis QRIS yang bisa digunakan di Indonesia yaitu QRIS MPM dan CPM. Namun, bagi kamu yang belum mengetahuinya, simak perbedaan keduanya: 

a. QRIS MPM

Merchant Presented Mode atau disebut juga sebagai MPM adalah sebuah mode pembayaran QRIS yang saat ini paling umum digunakan. Dengan menggunakan metode ini, pembeli dapat melakukan scan pada barcode QR yang telah disediakan oleh penjual untuk melakukan pembayaran.  

MPM sendiri sebenarnya adalah model pembayaran QRIS yang paling sederhana dan paling cepat dikembangkan oleh BI. Tak hanya itu saja, model pembayaran ini juga lebih mudah diadopsi oleh para merchant, khususnya UMKM. Pasalnya hanya dengan menggunakan 1 barcode, bisa untuk semua jenis e-money yang ada di Indonesia.

b. QRIS CPM

Customer Presented Mode atau CPM adalah sebuah model pembayaran QRIS yang saat ini memang masih dalam pengembangan. Keberadaan model pembayaran QRIS CPM terbilang masih sangat jarang digunakan di Indonesia. Alasannya, karena yang menyediakan QR adalah pembeli, penjual hanya perlu scan QR dari pembeli untuk melakukan transaksi. Dalam melakukan pengembangan model pembayaran CPM, Bank Indonesia menggandeng ASPI untuk melakukan uji coba.  

Sehingga, nantinya QRIS model CPM dapat menyasar seluruh usaha berskala besar seperti layanan jalan tol, parkir, dan juga transportasi umum.

3. Penggunaan QRIS Menguntungkan Bagi Penjual dan Pembeli

QRIS
Gambar: freepik.com/storyset

Keuntungan bagi pembeli

Berikut beberapa keuntungan bagi penjual:atau pembeli dengan menggunakan QRIS:

a. Adanya pilihan pembayaran bagi pembeli

Keuntungan pertama bagi pembeli, yaitu memiliki banyak pilihan pembayaran, karena dengan QRIS kamu langsung bayar dari berbagai e-money. Menariknya lagi, kamu juga bisa membayar langsung dengan menggunakan m-banking, lho.

b. Kegiatan transaksi jadi lebih mudah

Keuntungan kedua bagi pembeli, yaitu memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Seperti yang kita ketahui, bahwa kini banyak sekali orang yang lebih suka berbelanja secara cashless, sehingga QRIS ini sangat membantu. Apalagi QRIS sudah terhubung dengan berbagai macam e-money serta mobile banking

c. Tidak dikenakan biaya tambahan

Keuntungan ketiga bagi pembeli, tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun. Biaya QRIS per transaksi adalah Rp 0, yang artinya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan saat melakukan transaksi dengan QRIS.  

Keuntungan bagi penjual

a. Proses transaksi jadi lebih efisien

Keuntungan pertama bagi penjual yaitu proses transaksi jadi lebih efisien, karena hanya perlu menyiapkan 1 buah barcode saja untuk pembayaran.

b. Memperluas jaringan pasar

Keuntungan kedua bagi penjual adalah membantu memperluas jaringan pasar. Pasalnya dengan penggunaan QRIS, kamu bisa meluaskan jaringan penjualan tanpa harus mengurus pembuatan QR yang baru.

c. Pendaftarannya jauh lebih mudah

Keuntungan ketiga bagi penjual adalah lebih mudah ketika melakukan pendaftaran. Apabila, dahulu kamu harus membuat QR satu per satu untuk setiap metode pembayaran, kini hanya perlu sekali mendaftar saja, lho. Dengan begitu, proses transaksi pun jadi lebih praktis dan mudah ketika mengelola bisnis.

4. Batas Transaksinya Sampai Jutaan Rupiah

Kemudian, batas maksimal nominal transaksi dengan QRIS adalah Rp 2.000.000. Jumlah nominal tersebut berlaku untuk sekali transaksi. Kamu juga bisa mengulang transaksi sampai berkali-kali sesuai dengan limit dari merchant yang digunakan. Batas penggunaan kumulatif harian maupun bulanan QRIS akan bergantung dari penyedia aplikasi yang digunakan. 

5. QRIS Dapat Digunakan untuk Transaksi di Luar Negeri

QRIS ini juga dapat digunakan untuk transaksi di luar negeri. Negara-negara yang akan melakukan uji pilot project di antaranya adalah Malaysia, Thailand, India, serta beberapa negara lainnya.  

Apabila, uji pilot ini sudah berhasil maka kamu bisa langsung menggunakan QRIS untuk bertransaksi di luar negeri. Tentu saja, itu akan sangat memudahkan kamu ketika bepergian ke luar negeri.

6. QRIS Bisa Digunakan di Pasar

Terakhir, QRIS ini juga bisa digunakan untuk kegiatan transaksi di pasar, lho. Umumnya, memang banyak orang lebih mengetahui QRIS digunakan hanya untuk beberapa kegiatan tertentu seperti berbelanja, membayar makanan di restoran atau kafe.  

Padahal kenyataannya, QRIS dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas lainnya di berbagai merchant pendukung, seperti beli tiket untuk wisata, naik transportasi umum, bayar parkir, atau melakukan berdonasi.  

Tak hanya itu saja, menariknya lagi QRIS juga bisa digunakan di pasar konvensional, termasuk di pasar dan food court naungan PD Pasar Jaya. Sehingga, aktivitas belanja pun semakin mudah dan cepat karena tidak perlu lagi repot mencari uang kembalian ketika bertransaksi.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal tentang QRIS yang wajib untuk diketahui dalam penggunaannya. Jadi, QRIS ini tidak hanya menguntungkan bagi para pembeli, tapi juga untuk penjual. Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan QRIS saat bertransaksi, dapat mulai beralih ke Youtap POS

Di mana aplikasi satu ini telah menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk membantu mengelola usaha. Beberapa fitur yang bisa digunakan dalam membantu mengelola bisnis adalah POS Kasir, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Kamu bisa langsung gunakan Youtap POS yang membantu mengelola seluruh kegiatan operasional usaha menjadi lebih efektif dan efisien. 

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga banyak informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap. 

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang