Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
July 6, 2022

Wajib Tahu, Ini Tips Membuat Katalog Produk Bisnis Agar Terlihat Lebih Menarik

Agar bisa memperkenalkan produk bisnis secara rinci, kamu perlu mengetahui beberapa tips membuat katalog produk bisnis berikut ini. Simak selengkapnya, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Katalog produk memang sangat penting ketika menjalankan bisnis. Tujuannya, agar bisa digunakan untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk kepada konsumen. Beberapa jenis bisnis yang menggunakan katalog produk adalah agen busana, kesehatan, kecantikan, elektronik dan lain-lainnya. Oleh karena itu, simak yuk tips membuat katalog produk bisnis berikut agar lebih menarik. 

Apa Itu Katalog Produk?

katalog produk bisnis
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa katalog produk adalah salah satu alat yang digunakan sebagai publikasi untuk mempromosikan barang dagangan atau produk yang dimiliki oleh bisnis. 

Pasalnya, melalui katalog produk ini, bisnis milikmu dapat menyampaikan secara rinci setiap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan secara langsung kepada para pelanggan. Sederhananya, katalog produk seperti sebuah media informasi dari perusahaan yang berisikan koleksi atau daftar produk.

Biasanya di dalam katalog produk tidak hanya memperlihatkan produk atau jasa yang dijual, tetapi juga sudah lengkap berisikan data-data perusahaan yang diperlukan. Contohnya seperti nomor telepon, informasi alamat perusahaan, email, website, cabang perusahaan (apabila ada), jam buka operasional, metode pemesanan hingga pembayaran.

Fungsi katalog produk

1. Sebagai media promosi bisnis

Fungsi yang pertama adalah sebagai media promosi. Katalog produk ini terbilang media promosi yang efektif dan efisien karena menyediakan berbagai macam gambaran produk kepada konsumen. Sehingga mereka lebih mudah menemukan produk yang diinginkan dari perusahaan. 

2. Sebagai alat untuk menarik minat beli konsumen

Fungsi kedua adalah sebagai alat untuk menarik minat beli konsumen. Dengan membuat katalog produk yang menarik, jelas, dan rinci informasinya pasti akan membuat banyak orang akan lebih termotivasi dalam hal jaringan penjualannya. Sehingga, memang diperlukan katalog produk yang menarik agar dapat memotivasi para agen penjualan maupun konsumen.

Tips Membuat Katalog Produk yang Menarik

katalog produk
gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Pastikan untuk menampilkan keunggulan produk

Pertama, pastikan kamu menampilkan keunggulan produk ketika membuat katalog. Cobalah untuk mengambil sudut pandang pelanggan, pikirkan sisi mana dari produk bisnis milikmu yang paling diminati. 

Agar bisa menghasilkan katalog yang menarik, pastikan kamu memberikan foto produk dari berbagai sisi, ya. Khususnya untuk produk atau item fashion dalam sebuah katalog. Ini menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan pelanggan memahami dengan jelas keunggulan produk yang ditawarkan. 

Jadi pastikan sisi depan, samping, dan belakang produk terlihat. Cobalah untuk foto close-up agar bisa menampilkan detail kain, bahan, serta pola jahitan yang ada. 

2. Pastikan foto produk mendapatkan pencahayaan yang baik 

Kedua, pastikan foto produk mendapatkan pencahayaan yang baik. Pasalnya, kondisi pencahayaan yang baik dapat meningkatkan suasana pemotretan secara menyeluruh dan menempatkan produk dengan penampilan yang jelas. 

Jadi, pastikan ada banyak cahaya terang ketika kamu melakukan sesi pemotretan produk. Pastikan sudut pencahayaan tidak menghasilkan bayangan, ya. Selain itu, gunakan warna yang lebih cerah. Namun, cobalah untuk tidak mengekspos foto secara berlebihan. 

3. Gunakan properti yang sesuai dengan konsep produk  

Ketiga, pastikan kamu menggunakan atribut atau properti tambahan yang sesuai dengan konsep produk. Cobalah untuk membuat setiap produk memiliki ukuran dan pola yang sama sesuai dengan kegiatan branding.  Apabila memadai, pilih satu tempat sebagai latar belakang foto, tujuannya agar bisa menjaga konsistensi foto di seluruh lini produk. 

4. Jangan lupa periksa kembali hasil katalog produk

Keempat atau tips yang terakhir adalah memastikan hasil katalog produk menarik, jelas dan rinci. Walaupun terdengar sepele, namun langkah tambahan ini dapat membantu mendeteksi hal yang mungkin kamu lewatkan. 

Meninjau hasil foto sebelum diunggah dapat membantu memastikan bahwa foto produk tidak buram, tidak overexposed, sehingga bisa menghasilkan yang sesuai dengan harapan para pelanggan bisnis. 

Itulah pengertian, fungsi hingga tips membuat katalog produk yang menarik. Jadi, tidak hanya sekadar memperhatikan kualitas dan rasa, tapi pastikan juga kamu dapat mempresentasikan produk dengan baik kepada konsumen. Tujuannya agar meningkatkan minat beli masyarakat. 

Dalam pembuatan katalog produk ini, kamu bisa menggunakan Youtap POS yang juga menyediakan berbagai macam fitur canggih lainnya untuk membantu mengelola usaha. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama