Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 1, 2023

Jenis Kertas Struk dan Cara Mengatur Print di Kasir

Struk adalah bagian penting ketika bertransaksi dalam sebuah usaha, karena menjadi bukti pembayaran yang sah. Tetapi, apakah kamu tahu jenis-jenis kertas struk tersebut?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kertas struk atau yang biasa dikenal juga sebagai roll paper menjadi bukti pembayaran yang biasanya digunakan di restoran, supermarket, tempat parkir dan lain-lainnya. Bahan baku struk ini juga dibuat secara khusus menggunakan berbagai macam jenis kertas. Mulai dari kertas NCR, HVS, atau thermal. Lebih lengkapnya, berikut penjelasan detail tentang jenis-jenis kertas struk dan cara mengatur print-nya di mesin kasir. 

Jenis-Jenis Kertas Struk

jenis kertas struk
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Kertas NCR (Non Carbonless Paper)

Jenis kertas struk pertama adalah NCR (Non Carbonless Paper) yang memiliki 2 atau 3 lapisan dan dapat dicetak menggunakan printer Dot Matrix. Ketika kasir melakukan pencetakan struk pembayaran, maka hasilnya tersebut akan langsung menjadi 3 bagian karena tembus ke lapisan 2 dan juga 3 secara bersamaan. 

2. Kertas HVS

Jenis kertas struk kedua adalah HVS, yang memiliki tekstur lebih halus dan didesain secara khusus untuk keperluan printer dengan tipe dot matrix di berbagai pusat perbelanjaan, cafe, bank, SPBU, bahkan hingga rumah makan. Umumnya, ukuran dari kertas HVS ini 76 mm x 60 mm. 

3. Kertas Thermal

Jenis kertas struk ketiga atau yang terakhir adalah thermal. Kerta ini memiliki tekstur yang mengkilap dan juga halus. Bahkan menariknya, kertas thermal ini digunakan pada mesin atm, mesin pos, parkir, dan lain-lainnya. 

Perlu juga diketahui bahwa mesin cetak struk tipe baru saat ini banyak yang mulai menggunakan printer thermal karena kecepatan mencetaknya mencapai 20 baris per detik. Tak hanya itu saja, tapi kualitas cetakan dan biaya perawatannya pun lebih murah. Sehingga banyak pelaku bisnis memilih menggunakan printer ini. 

Hanya saja, harga kertas thermal-nya sendiri memang relatif lebih mahal dari jenis lainnya, karena punya banyak keunggulan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Menariknya, jenis kertas thermal ini yang digunakan Youtap POS dalam melakukan cetak struk. 

Tak hanya itu saja, tapi dengan Youtap POS kamu juga akan mendapatkan kemudahan lain seperti menambahkan logo usaha dan juga akun media sosial pada struk. 

Lalu, Bagaimana Cara Mengatur Cetak Struk dengan Youtap POS?

jenis kertas struk
Gambar: freepik.com/upkiyak

Dengan fitur cetak struk online dari Youtap, kamu bisa membuat struk kekinian yang lengkap dengan logo dan juga akun media sosial usahamu. Selain itu, juga menambahkan quotes kekinian. Tertarik untuk mencobanya? Yuk simak beberapa caranya berikut ini; 

  • Download aplikasi POS (Point of Sales) di Google Play ataupun Apps Store
  • Subscribe Paket Extra Mantap untuk menggunakan beragam fitur mantap, salah satunya adalah “Atur Struk”
  • Masuk ke Pengaturan dan pilih menu Atur Struk
  • Tambahkan logo dan informasi usaha ataupun akun social media usahamu
  • Test print struk dan bagaimana tampilan struk kekinian buatanmu
  • Jika sudah ok menurutmu, siap digunakan untuk print saat transaksi

Itulah beberapa manfaat fitur Cetak Struk Sekali Tap dari Youtap. Kamu bisa gunakan fitur ini melalui Aplikasi POS Youtap. Tak hanya itu saja, tetapi ada juga fitur canggih lainnya yang membantu untuk mengelola usaha seperti POS Kasir, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Kalkulator Digital, Penyesuaian Harga, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, dan Pajak serta Analisa Produk. 

Jangan lupa dapatkan juga berbagai macam seputar informasi, tips-tips bisnis, promo, hingga event menarik lainnya hanya di Blog Youtap. Jadi, tunggu apalagi? Kini waktu yang paling tepat bagi para pelaku usaha untuk segera ergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di  Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama