Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 16, 2024

Istilah Stock Opname dalam Bisnis

Apabila kamu ingin persediaan produk bisnis tetap berjalan lancar, maka pastikan untuk mempelajari istilah-istilah stock opname terlebih dahulu, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis adalah stock opname yaitu menghitung persediaan barang di gudang sebelum dikirim atau dijual. Tujuannya agar seluruh kegiatan operasional bisnis bisa berjalan lancar tanpa adanya barang yang terlewat. Stock opname ini sendiri jadi peran penting untuk menjaga stabilitas bisnis, lho. 

Sehingga untuk bisa menerapkan stock opname secara maksimal dan efektif, kamu perlu mengetahui berbagai istilah dalam aktivitas ini. Kegiatan stock opname ini tidak hanya diperuntukkan bagi bisnis dengan skala besar, tapi juga skala kecil. 

Istilah-Istilah Stock Opname Bisnis 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pihak yang bertugas untuk melakukan stock opname ini bagian manajemen produk atau perusahaan. Hal yang perlu diperhatikan adalah petugas stock opname sebaiknya jangan dari pihak gudang itu sendiri karena untuk menghindari terjadinya kecurangan. 

Jadi, pihak manajemen yang akan melakukan pengecekan terkait stok tersedia di gudang sesuai dengan catatan dari pihak petugas gudang. Apabila terjadi kerusakan atau tidak kayak jual maka manajemen bisa langsung menentukan siapa pihak yang bertanggung jawab serta menentukan langkah antisipasinya. Namun sebelum itu, pastikan pihak yang bertanggung jawab atas stock opname tersebut mengerti beberapa istilah berikut: 

1. Inventory Produk

istilah stock opname
gambar: freepik.com

Istilah pertama inventory produk, yang artinya merujuk pada stok barang di mana telah melewati proses pemeriksaan fisik, analisis, hingga peninjauan kembali saat berjalannya aktivitas stock opname. Sederhananya, inventory produk ini dapat diartikan sebagai pengelolaan terhadap kesediaan produk.

2. Stock Keeping Unit (SKU)

Istilah kedua Stock Keeping Unit (SKU) yaitu salah satu elemen penting untuk menjalankan stock opname yang efektif, efisien, dan akurat. Arti dari SKU ini sendiri adalah sebuah identitas, yang dibuat dalam bentuk kode unik untuk setiap produk, nantinya dapat memberikan kemudahan kepada pelaku usaha dalam menggolongkan stok produk jenis tertentu.

3. Periodic Stock Verification

Istilah ketiga adalah periodic stock verification yaitu bentuk penjadwalan untuk stock opname dilakukan dalam periode tertentu. Sebagai contoh, stock opname akan dilakukan setiap enam bulan sekali atau setiap tahun. 

4. Daily Stock Opname

Istilah keempat adalah daily stock opname, yaitu menjalani stock opname dengan penjadwalan setiap hari. Jadi, akan melakukan inventory management setiap hari yang tujuannya agar stok barang dapat dipastikan tetap tersedia setiap harinya.

BACA JUGA: Tips Belanja Stok Barang Warung Agar Lebih Praktis dan Efektif!

5. Annual Stock Opname

istilah stock opname
gambar: freepik.com

Istilah kelima adalah annual stock opname yaitu sebuah aktivitas yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali tepatnya pada akhir tahun atau saat tutup buku laporan keuangan. Tapi untuk bisa menerapkan metode annual stock opname ini sebaiknya pastikan dulu apakah produk memiliki masa simpan yang lama atau tidak. Pasalnya produk dengan waktu kadaluarsa cepat, tidak bisa menerapkan metode annual stock opname ini.

6. First In Out

First In Out (FIFO) merupakan sebuah proses stock opname yang mengalami langkah-langkah pemisahan antara produk lama dan baru. Sistem ini akan membantu kamu melihat stok lama terlebih dahulu yang sekiranya dapat dikeluarkan kembali dan meletakkan produk baru pada posisi terdepan agar dapat dengan mudah diambil.

7. Cycle Counting

Berikutnya cycle counting atau yang disebut juga sebagai partial stock takes. Ini merupakan salah satu metode perhitungan produk-produk bisnis yang digunakan saat menjalani stock opname. Biasanya perhitungan stok ini bisa dilakukan secara terus menerus atau mencicilnya. 

8. Double Check

Terakhir adalah istilah double check yaitu metode perhitungan yang dilakukan dua kali untuk menghindari terjadinya kesalahan jumlah stok di gudang. Dalam menerapkan metode double check ini, umumnya stok produk akan dikategorikan menggunakan tanda khusus sehingga tidak terjadi kekeliruan.

Itulah beberapa istilah stock opname dalam bisnis yang perlu diperhatikan agar proses jual beli bisa terus berjalan lancar. Namun apabila kamu ingin lakukan proses stok barang jadi lebih mudah dan praktis, maka gunakan Youtap POS sekarang juga. Lalu, apabila ingin menambah persediaan stok segera tentukan produk pilihanmu dari supplier terbaik di Belanja Stok Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama