May 18, 2022

Tips Belanja Stok Barang Warung Agar Lebih Praktis dan Efektif!

Agar seluruh kegiatan belanja stok barang warung berjalan lebih efektif untuk mendukung jalannya usaha tetap lancar, simak beberapa tips melakukannya berikut yuk!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Melakukan pengelolaan stok barang di dunia usaha memang menjadi kegiatan penting yang tak boleh dilewatkan. Oleh karena itulah, kamu harus memastikan kegiatan belanja stok berjalan dengan efektif dan efisien. Agar lebih sukses dalam melakukannya, berikut beberapa tips jitu belanja stok barang warung yang tepat. 

Tips Belanja Stok Barang Warung 

1. Memiliki data stok barang warung yang akurat

Belanja stok barang warung
Gambar: freepik.com/tirachardz

Poin utama sebelum melakukan belanja stok barang warung, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa terdapat data-data yang akurat secara detail. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki data stok barang warung secara komplit.  

Tujuan cara ini dilakukan agar bisa mengetahui data dari periode sebelumnya, setelah itu baru bisa menentukan target pembelian selanjutnya. Tak hanya sekadar itu saja, kamu juga harus melakukan diskusi dengan karyawan lain ketika ingin menentukan angka atau jumlah persediaan stok barang warung.

2. Menetapkan jumlah minimum stok barang warung 

Belanja stok barang warung
Gambar: freepik.com/tirachardz

Selanjutnya, demi menjaga kelancaran mengatur stok barang warung kamu wajib menetapkan jumlah minimum yang selalu ada. Jadi, pada saat jumlah simpanan stok barang di gudang sudah mulai habis atau mendekati angka minimal, bisa langsung belanja untuk kebutuhan usaha.  

Selain itu, kamu juga harus melihat apakah produk-produk yang dijual di warung laku banyak saat penjualan atau tidak. Ini menjadi poin penting, karena hal tersebut bisa menjadi acuan  meningkatkan jumlah stok barang warung. 

Pastikan saja kamu melakukan pengecekan secara berkala untuk menyesuaikan jumlah minimum dengan trend order yang masuk, lalu sesuaikan bila perlu.

3. Pastikan dengan rinci jumlah stok yang tersisa sebelum belanja

Belanja stok barang warung
Gambar: freepik.com/pressfoto

Kamu yang memiliki usaha warung dengan menjual berbagai macam produk tertentu sangat penting untuk memahami jumlah sisa inventaris sebelum melakukan pembelian atau penambahan stok. Pada tingkat paling dasar, kamu harus mengetahui hal-hal berikut sebelum belanja stok barang: 

  • Jumlah stok barang warung yang tersisa. 
  • Berapa unit produk yang terjual dalam satu minggu, bulan, atau bahkan kuartal.
  • Lakukan identifikasi produk yang telah terjual dan ketahui biasanya merek apa saja. 
  • Identifikasi hubungan antara produk dengan konsumen, maksudnya seberapa berpeluang mereka akan membeli barang tersebut.
  • Dalam belanja stok barang warung, kamu juga wajib pahami bagaimana menyimpan produk dalam inventaris karena memengaruhi usaha secara keseluruhan.

4. Lakukan analisis pembelian produk tertentu sebelum belanja stok barang warung

Belanja stok barang warung
Gambar: freepik.com/our-team

Sebagai bagian dari manajemen stok barang warung, kamu juga harus menganalisis produk tertentu yang memang banyak dicari oleh pelanggan. Bedakan mana produk bernilai tinggi dengan tingkat penjualan rendah, produk bernilai menengah dengan tingkat penjualan menengah dan produk bernilai rendah dengan tingkat penjualan tinggi.

5. Jalin hubungan yang baik dengan supplier

Belanja stok barang warung
Gambar: freepik.com/benzoix

Tips terakhir adalah menjalin hubungan baik dengan supplier. Daripada kamu harus pergi jauh-jauh untuk membeli stok barang warung ke pasar tertentu, sebaiknya ambil saja dengan supplier yang terpercaya.  Jika berbelanja dengan supplier, tentu ada beberapa keuntungan yang didapatkan seperti bisa mengembalikan barang yang kualitasnya kurang baik, mampu mendapatkan stok barang warung dengan cepat, hingga siap untuk mengatasi masalah produksi atau jenis barang.

Jadi, agar kegiatan belanja stok bisa lebih mudah, praktis dan akurat gunakan fitur Belanja Stok melalui Aplikasi Youtap. Pasalnya, dengan adanya beberapa bentuk inventory pasti akan menyulitkan kamu, apalagi jika dilakukan secara manual tanpa ada adany bantuan sistem digital. Oleh karena itu, Aplikasi Stok Barang Youtap menyediakan fitur inventory yang membantu pencatatan dan pengelolaan stok barang. Selain itu, juga bisa melakukan pengaturan dan pencatatan stok produksi dengan jadwal yang rutin dan sudah diakses secara online serta otomatis.

belanja stok barang warung
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama