June 16, 2022

Inventaris Barang: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat Mengelolanya

Jadi bagian paling penting agar bisnis bisa berjalan lancar, apa itu inventaris barang dan jenis-jenis? Lalu, bagaimana cara mengelolanya yang benar? 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seringkali disepelekan saat menjalankan bisnis, padahal inventaris barang jadi salah satu hal penting agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Namun, apa itu sebenarnya inventaris barang, jenis-jenis dan cara mengelolanya? 

Pengertian Inventaris Barang

inventaris barang
gambar: freepik.com

Inventaris barang merupakan daftar yang isinya memuat seluruh barang perusahaan. Tetapi, jika kamu salah melakukan pendataan barang maka akan berdampak besar bagi bisnis. Inventaris barang ini sangat penting bagi bisnis skala besar maupun kecil yang baru dirintis. 

Lalu, proses pencatatan inventaris sendiri dinamakan inventarisasi. Umumnya, proses pencatatan menggunakan buku khusus inventaris, di mana memuat segala hal yang berhubungan dengan pendataan barang, dari jenis, jumlah, harga, tanggal pembelian, kode barang hingga lokasi penempatan. .

Jadi, pastikan sistem pendataan barang telah dipikirkan sejak tahap perencanaan bisnis, ya. Maka, perencanaan akan lebih terarah dan jelas tahap demi tahap kedepannya. 

Lalu Apa Saja Jenis-Jenis Inventaris Barang?

1. Inventaris barang bergerak

Pertama adalah inventaris barang bergerak. Artinya barang-barang yang  bersifat bergerak atau berpindah. Contoh barang bergerak ini seperti perhiasan, TV, komputer, dan sepeda motor.

2. Inventaris barang tidak bergerak

Kedua adalah inventaris barang tidak bergerak. Bedanya, kelompok barang yang satu ini sulit atau bahkan tidak bisa digerakkan. Tetapi, umumnya kelompok barang tidak bergerak bisa menjadi jaminan untuk pinjaman jangka di mana waktu pelunasannya pun bisa lebih panjang. Contoh inventaris jenis satu ini adalah tanah.

Baca juga: Mengenal Sistem Inventory, Manfaat dan Tips Pengelolaannya

Apa Pentingnya Mengelola Inventaris Barang? 

inventaris barang
gambar: freepik.com/tirachardz

1. Membantu menghindari penyusutan

Mengelola inventaris barang dapat membantu menghindari penyusutan, yang artinya berkurangnya nilai jual suatu barang. Baik berkurang dari segi jumlah atau pun kegunaannya. 

2. Membantu mengetahui tata letak barang

Kemudian, juga dapat membantu mengetahui tata letak barang dengan mudah. Pasalnya ketika bisnis semakin maju, tentu barang-barang yang digunakan untuk kegiatan usaha juga akan semakin meningkat jumlahnya. Sehingga inventaris memang sangat dibutuhkan, pasalnya dengan ini kamu bisa mengelompokkan barang berdasarkan letaknya. 

3. Membantu meningkatkan pelayanan pada pelanggan

Terakhir adalah membantu meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Setiap pelanggan tentunya menginginkan pelayanan yang responsif dan juga cepat, bukan? Dalam hal ini kamu juga bisa meningkatkannya dengan mengelola inventaris barang, lho. Pasalnya, dengan adanya pendataan barang, kamu jadi bisa langsung mengetahui kondisi barang. 

Tak hanya sekadar mengetahui jumlah stok yang tersedia, dan jenis-jenisnya saja, tapi juga sampai pada tata letak penyimpanannya dan lain-lainnya secara terperinci. Dengan begitu, pelanggan pun tak perlu lagi menunggu mencari barang terlalu lama.

Itulah pentingnya mengelola inventaris barang ketika menjalankan sebuah bisnis. Tentu tujuannya agar kamu tidak kehabisan persediaan atau kelebihan yang justru merugikan bisnis. Dalam hal ini kamu sangat membutuhkan Aplikasi Youtap POS yang mampu menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk membantu mengelola usaha.

Beberapa fiturnya seperti E-menu, Cetak Struk Sekali Tap, QRIS dan semua Cashless, Riwayat Transaksi, Analisa Pintar, Multi Perangkat Terkoneksi, Kalkulator Digital, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Kamu bisa langsung gunakan Youtap POS yang membantu mengelola seluruh kegiatan operasional usaha menjadi lebih efektif dan efisien. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama