May 17, 2022

Cara Tepat Mengoptimalkan Karyawan untuk Jadi Influencer Bisnis

Agar lebih efektif dan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen sekaligus, berikut cara mengoptimalkan karyawan untuk jadi influencer bisnis yang jitu.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memang ada banyak sekali teknik pemasaran yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan sebuah bisnis ke masyarakat. Salah satunya dengan cara mengoptimalkan karyawan untuk jadi influencer bisnis. Cara satu ini terbukti efektif dan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk milikmu. 

Apa Itu Influencer?

influencer bisnis
Gambar: freepik.com

Sebelum masuk pada pembahasan utama, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa influencer sendiri adalah orang yang menggunakan media sosial dengan tujuan untuk mempromosikan atau merekomendasikan suatu produk. 

Sederhananya, influencer ini adalah seseorang yang mampu memberi pengaruh pada orang lain untuk tergerak melakukan sesuatu, yang biasanya mengajak audiens membeli sebuah produk. Oleh karena itulah seorang influencer umumnya memiliki banyak pengikut atau followers di media sosial. 

Tapi, bukan berarti kamu tak bisa menciptakan influencer sendiri, lho. Bagi para pebisnis yang masih jadi pemula biasanya budget pemasarannya masih sangat terbatas. Oleh karena itu, kamu bisa jadikan karyawan sendiri untuk mengoptimalkan pemasaran bisnis. 

Kenapa Harus Karyawan?

Karyawan adalah orang yang paling tahu tentang produk bisnis, sehingga konsumen akan sangat percaya dengan informasi-informasi yang diberikan. Selain itu, melihat adanya perubahan perilaku dari konsumen, di mana mereka lebih senang dengan review atau ulasan jujur, membuat karyawan sebagai influencer bisnis bisa jadi cara paling efektif untuk memasarkan sebuah produk. 

Baca juga: Apa Itu Micro Influencer dan Keuntungannya untuk Promosi Usaha?

Cara Mengoptimalkan Karyawan Jadi Influencer Bisnis

influencer bisnis
Gambar: freepik.com/artursafronovvvv

1. Ajak Karyawan untuk Mengomentari Konten Pemasaran Bisnis di Media Sosial

Tak hanya sekadar mempekerjakan orang-orang untuk menyusun strategi penjualan dan pemasaran,  tapi jadikan juga mereka sebagai influencer bisnis. Pasalnya, apabila menyangkut pemasaran dan periklanan, banyak orang masih mempercayai rekan daripada pemberitahuan dari merek itu sendiri. 

Bahkan perlu kamu ketahui juga bahwa konten yang dibagikan oleh karyawan dapat menerima hingga delapan kali engagement lebih baik daripada akun resmi merek itu sendiri, lho. Jadi, melalui pemasaran dari karyawan ini juga dapat membantu meningkatkan audiens atau memperluas jangkauan pasar bisnis. 

2. Memberikan Pelatihan Penggunaan Media Sosial Kepada Karyawan untuk Pemasaran 

Selanjutnya, kamu bisa memberikan pelatihan penggunaan media sosial untuk pemasaran. Mengapa harus diberikan pelatihan? Pasalnya, kelihaian karyawan dalam menggunakan media sosial memainkan peran penting dalam hal pemasaran online. 

Salah satu contohnya, memberitahu karyawan bahwa tidak perlu posting konten dalam jumlah banyak setiap harinya, melainkan hanya perlu mengunggahnya di waktu tepat.

Itulah cara mengoptimalkan karyawan jadi influencer. Jadi, tidak melulu harus menggunakan influencer dari pihak luar, kamu juga bisa jadikan karyawan atau pihak internal perusahaan untuk membantu memasarkan sebuah produk. 

Tak hanya lebih mudah untuk mendiskusikan strategi pemasarannya, kamu juga bisa menghemat biaya pemasaran. Sehingga dapat dialokasikan untuk kebutuhan operasional bisnis lainnya. 

Kemudian, agar bisnis bisa semakin berkembang di era digital seperti sekarang maka saatnya untuk beralih ke sistem digital dengan Aplikasi Bisnis Youtap

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama