Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
September 23, 2022

5 Cara Memanfaatkan Iklan Gratis untuk Marketing Bisnis

Salah satu strategi pemasaran yang efektif saat ini adalah melakukan iklan gratis. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan iklan gratis untuk marketing bisnis?

Isi Artikel

Agar sebuah bisnis bisa berjalan lancar pastinya harus memiliki penjualan yang tinggi. Penjualan tersebut tentunya didapatkan dari hasil pemasaran atau marketing yang baik. Dan salah satu strategi pemasaran yang bisa kamu manfaatkan saat ini adalah melakukan iklan gratis. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan iklan gratis untuk marketing bisnis?

Cara Memanfaatkan Iklan Gratis untuk Marketing Bisnis

Para pelaku bisnis skala kecil atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) umumnya akan beroperasi dengan anggaran marketing atau pemasaran yang cukup terbatas. Hal itu pun membuat mereka tidak memiliki kesempatan untuk menyewa iklan yang mahal. Namun, tak hanya iklan berbayar tetapi menggunakan sarana iklan gratis ternyata juga efektif dalam pemasaran bisnis.

Pada dasarnya, di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini kamu bisa menggunakan iklan gratis secara online. Tujuan dari iklan gratis ini untuk meningkatkan kesadaran para pelanggan atau visibilitas, mendorong penjualan, dan meningkatkan konversi. Berikut ini beberapa cara memanfaat iklan gratis untuk marketing bisnis: 

1. Menggunakan Selebaran atau Poster 

iklan gratis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Apabila di sekitar lingkungan bisnis terdapat sebuah komunitas, kamu bisa memanfaatkan papan buletin yang tersedia. Caranya dengan menempelkan poster dan selebaran menarik yang mempromosikan bisnis. Dengan menempelkan poster atau membagikan selebaran kamu memiliki kesempatan untuk menarik perhatian mereka. Isi poster atau selebaran pastikan memuat pesan yang sangat relevan dari bisnis dengan jenis komunitas yang ditargetkan.

2. Mendukung Komunitas Lokal

Ini menjadi salah satu cara iklan gratis yang efektif. Aktif mendukung acara yang dibuat suatu komunitas lokal, ternyata sangat akan membantu mengangkat nama bisnis di area komunitas tersebut. Dan ada juga peluang kamu bisa menghasilkan penjualan langsung dari acara yang dibuat oleh komunitas tersebut. Kemudian teknik pemasaran dari mulut ke mulut juga masih sangat efektif. Jadi, ketika orang-orang memiliki persepsi positif tentang bisnis milikmu, nantinya mereka akan merekomendasikan kepada orang lain. 

3. Mengirimkan Press Release ke Koran Lokal

iklan gratis
Gambar: freepik.com/kaboompics

Selanjutnya, apabila bisnis milikmu memiliki sebuah informasi penting yang menarik untuk diberitakan tak ada salahnya untuk mengirimkan press release ke koran loka. Biasanya, koran lokal akan menawarkan space iklan secara gratis untuk beberapa bisnis yang ingin promosi. Tentu cara ini dilakukan dengan tujuan untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. 

4. Melakukan Blogging Secara Rutin 

Cara memanfaatkan iklan gratis lainnya adalah dengan blogging. Bagi kamu yang suka menulis artikel di blog website atau secara online, bisa coba untuk mengulas terkait produk bisnis. Kamu bisa memberikan informasi terkait produk yang ditawarkan melalui sebuah tulisan, sehingga  dapat menarik orang yang sebelumnya tidak mengenal bisnis milikmu.

Apabila kamu tidak memiliki anggaran cukup untuk menyewa jasa pengatur Search Engine Optimization (SEO), sangat disarankan untuk mulai blogging sendiri secara konsisten dan teratur.

5. Bergabunglah dalam Grup atau Forum Online

iklan gratis
Gambar: freepik.com/tirachardz

Terakhir, kamu bisa menggunakan forum dan grup media sosial tertentu untuk keuntungan pemasaran bisnis. Apalagi di era yang semakin canggih ini, semua orang pasti mengakses macam-macam informasi secara online dari berbagai platform. 

Kamu tidak perlu menjual atau terus berbicara tentang bisnis secara agresif di grup online. Tetapi, cukup bergabung dalam grup atau forum online yang relevan dengan bisnis, kamu sudah bisa mendatangkan calon pelanggan potensial. 

Itulah beberapa cara memanfaat iklan gratis untuk bisnis yang bisa dicoba. Apalagi dengan hadirnya Aplikasi Youtap saat ini dapat menjadi solusi terbaik untuk mengelola keuangan usaha, melakukan pembayaran digital, e-menu, fitur kasir, hingga adanya tambahan fitur-fitur canggih lain. 

Lalu bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis, tak perlu lagi bingung karena mulai usaha bersama Youtap menawarkan berbagai kemudahan dan fitur canggih untuk mengelola sebuah usaha. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama