Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
July 5, 2022

5 Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Kini, ibu rumah tangga pun bisa mulai usaha online dari rumah, lho. Bagi kamu yang tertarik berikut beberapa ide usaha untuk ibu rumah tangga. Apa saja, ya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Perlu kamu ketahui bahwa menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kamu harus berhenti mengejar mimpi untuk menjadi seorang pengusaha, lho. Pasalnya, dengan perkembangan teknologi yang saat ini semakin pesat, memungkinkan kamu untuk tetap bisa mendapatkan penghasilan meski berada di rumah. Dan berikut ini beberapa ide usaha untuk ibu rumah tangga. 

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga 

1. Usaha kerajinan tangan

ide usaha untuk ibu rumah tangga
gambar: freepik.com/senivpetro

Pertama, membangun usaha kerajinan tangan. Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya mencoba usaha satu ini seperti menghasilkan souvenir, bingkisan, parcel, karangan bunga dan lain-lainnya. Modal utama usaha kerajinan tangan ini adalah menambahkan nilai kreativitas yang dimiliki ke dalam produknya. 

2. Menjadi penulis freelance

Kedua, menjadi seorang penulis freelance. Ini sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memang memiliki hobi menulis. Pasalnya setiap website perusahaan saat ini pasti memiliki aplikasi dan konten social media yang membutuhkan seorang penulis konten. Dan hal itu pun dapat menjadi peluang usaha yang bagus untukmu selaku ibu rumah tangga. 

Apalagi jika kamu memiliki kemampuan menulis konten iklan yang bersifat persuasif dan mampu memperkenalkan barang dengan dengan baik, pasti akan banyak sekali dicari oleh perusahaan. Jangan lupa sertakan juga portofolio tulisanmu untuk meyakinkan calon client nantinya, ya. Usaha ini bahkan bisa dilakukan tanpa modal, lho

3. Usaha catering

Ketiga, membuka usaha catering. Bagi kamu yang memiliki hobi memasak, ini adalah peluang cukup baik untuk mengambangkan bisnis. Cobalah untuk menyajikan menu makanan berat untuk kebutuhan prasmanan seperti paket nasi box, kue-kue kering atau basah dan lain-lainnya.

Ini juga termasuk usaha yang tidak membutuhkan banyak biaya, karena beberapa tambahan seperti tempat bisa menggunakan dapur atau halaman pribadi. Alternatifnya juga bisa hanya dijual secara online, jadi kamu menggunakan jasa pengiriman. 

Kemudian, untuk mulai mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan, kamu dapat menawarkan menu andalan melalui media sosial atau ke orang-orang terdekat terlebih dahulu. Sebagai tips bagi kamu yang tertarik untuk menjalankan bisnis satu ini, pasti membangung komunikasi yang baik dengan client maupun supplier karena bisnis catering pasti membutuhkan banyak relasi. 

4. Dropshipper

ide usaha untuk rumah tangga
gambar: freepik.com/jcomp

Keempat, menjadi seorang dropshipper. Keberadaan e-commerce tentu sangat memudahkan siapa saja untuk bisa memulai bisnis dari rumah. Hal ini pun yang dilakukan oleh banyak orang dalam merintis usaha dagang dengan menjadi seorang dropshipper

Bagi kamu yang belum terlalu paham, dropshipper sendiri adalah jenis usaha yang dilakukan dengan menyalurkan barang dari distributor ke konsumen. Cara menjadi dropshipper pun sangat mudah, kamu bisa melihat tren barang yang sedang banyak diminati, lalu bisa langsung mulai tawarkan pada orang-orang sekitar atau target pasarmu.

Dengan menjadi seorang dropshipper, kamu tidak perlu lagi khawatir soal stock barang dan pengiriman barang, lho. Pasalnya, semua itu akan dilakukan langsung oleh supplier. Jenis usaha satu ini banyak diminati karena mudah dan praktis. Selain itu, juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja karena secara online

Nantinya, kamu cukup mencari supplier terpercaya dengan harga yang relatif murah agar barang yang dijual pun dapat bersaing di pasaran dengan baik hingga mendapatkan banyak keuntungan. 

5. Usaha tanaman

Terakhir, cobalah untuk membuka usaha tanaman. Seperti yang kita tahu, belakangan gaya hidup minimalis memang sedang banyak digemari karena dilakukan dengan menanam tanaman didalam rumah. 

Tujuan tanaman tersebut berada di dalam rumah agar menjadikan lebih segar dan asri. Dan sejak saat itulah mulai banyak bermunculan pedagang yang menjual tanaman hias untuk di dalam rumah. Melihat kondisi ini, tentu kamu dapat memanfaatkan peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil, lho.

Apalagi jika kamu adalah seorang pecinta tanaman, maka tidak ada salahnya menjadikan ini sebagai usaha untuk ibu rumah tangga. Ketika menjalankan usaha satu ini, kamu tidak hanya sekadar menjual secara ecer, tapi juga bisa dalam bentuk partai besar untuk dekorasi rumah atau kantor. 

Usaha yang satu ini memang tergolong mudah dan tidak membutuhkan banyak modal, jika mengingat beberapa bibit tanaman hias mudah didapat dengan harga cukup terjangkau. 

Itulah 5 usaha untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan tanpa membutuhkan banyak modal. Bila usaha yang dijalani menunjukan perkembangan, kamu bisa melebarkan sayap dan membantu ibu rumah tangga lain untuk mendapatkan penghasilan, lho

Dengan menjadi pelaku usaha saat berumah tangga, tentu membuat kamu bisa sekaligus menabung dan memenuhi segala kebutuhan termasuk berinvestasi kecil-kecilan. Kalau bukan sekarang kapan lagi? Kemudian, agar seluruh proses pengelolaan usaha jadi lebih mudah, praktis, cepat maka kamu bisa menggunakan Youtap POS.

Aplikasi ini menyediakan beragam fitur canggih seperti membantu dalam buat laporan, analisis penjualan, pencatatan transaksi, metode pembayaran cashless dan lain-lainnya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama