May 22, 2023

Masukkan Berat Produk Usahamu di Fitur Product Weight Configuration Youtap POS!‍

Agar lebih cepat menentukan ongkos kirim, maka kamu harus menggunakan fitur product weight configuration di Youtap POS sehingga lebih mudah dan cepat.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat akan cek tarif ongkos kirim (ongkir) menggunakan jasa pengiriman barang, biasanya harga yang ditampilkan akan sangat bervariasi. Adanya perbedaan ongkir pada setiap paket tentu disebabkan oleh beberapa faktor seperti jarak hingga berat produk usaha. Oleh karena itulah Youtap POS juga menyediakan fitur product weight configuration untuk memudahkan para penjual menentukan ongkir saat pembeli melakukan order dari PHP (Pesan dari HP). Simak cara menggunakannya berikut, yuk. 

Cara Menggunakan Fitur Product Weight Configuration di Youtap POS

Dengan mencantumkan berat produk usaha, kamu akan lebih mudah menentukan ongkir. Berikut beberapa langkah menggunakan fitur product weight configuration di Youtap POS:

  • Pertama, buka Aplikasi Youtap POS yang di download di Play Store dan Apple Store.  
  • Kemudian, klik Burger Bar di pojok kanan atas. 
  • Selanjutnya, klik Edit Produk dan pilih produk tertentu yang ingin kamu tambahkan keterangan lebih rinci. 
  • Jika sudah masuk pada halaman produk yang ingin di-edit, scroll ke bawah dan isi bagian Berat Produk dan langsung jangan lupa klik SIMPAN.

Beberapa langkah menggunakan fitur product weight configuration Youtap POS ini menjadi bagian yang sebaiknya diisi agar kamu sebagai penjual lebih mudah menentukan ongkir. Selain berat produk, ada juga beberapa faktor yang bisa memengaruhi ongkir dalam bisnis online, lho. 

Faktor yang Memengaruhi Ongkir dalam Bisnis Online

1. Faktor Ukuran dan Berat Produk 

Faktor pertama yang juga memengaruhi ongkir dalam bisnis online adalah ukuran dan berat produk. Namun dalam hal ini, biasanya masing-masing perusahaan ekspedisi akan memiliki aturan tersendiri untuk maksimal berat dan ukuran produk. Jadi, apabila paket milikmu melebihi standar ukuran dan berat yang telah ditentukan oleh ekspedisi, maka akan mendapatkan biaya ekstra.

2. Faktor Jarak Pengiriman

Faktor kedua yaitu jarak pengirimannya yang juga memengaruhi ongkir. Oleh karena itulah, saat akan melakukan pengecekan ongkir, harus ada beberapa informasi yang dilengkapi seperti kota beserta alamat penerima yang jelas. Semakin jauh jaraknya, maka makin mahal harganya. Tidak hanya itu saja, kondisi geografis kota juga bisa memengaruhi ongkir. 

3. Faktor Waktu Pengiriman

Faktor ketiga yaitu waktu pengirimannya. Umumnya, ekspedisi akan menawarkan berbagai pilihan layanan pengiriman berdasarkan durasi tertentu. Nama layanannya pun dapat bervariasi, seperti reguler, ekspress, dan lain-lainnya. Jadi, secara garis besar semakin singkat waktu pengiriman yang dijanjikan, tentu semakin mahal pula ongkirnya. 

4. Faktor Pajak

Faktor keempat yaitu pembayaran untuk pajak. Apabila kamu berencana mengirimkan barang ke luar negeri, maka perhatikan untuk tambahan biaya lainnya seperti pajak cukai yang juga harus kamu bayarkan. 

Perlu diketahui bahwa pembayaran pajak ini perlu dibayarkan secara terpisah, berbeda dari ongkir paket. Jika ini menjadi pertama kalinya, kamu kirim paket ke luar negeri, maka cobalah untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak bea cukai negara tujuan. 

Itulah langkah-langkah mudah untuk menggunakan fitur product weight configuration di Youtap POS. Cukup mudah, bukan? Jadi, yuk segera pakai Youtap POS agar seluruh pengelolaan kegiatan operasional bisnis jadi lebih efektif dan juga efisien. 

fitur product
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama