Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 13, 2024

Akses Bisnis Lebih Mudah dengan Fitur Manajemen Pengguna 

Manfaatkan fitur manajemen pengguna di Youtap POS untuk memudakan pengelolaan bisnis. Simak penjelasannya di sini!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sistem penjualan atau POS (Point of Sales) saat ini banyak digunakan untuk kelola bisnis agar lebih efektif dan praktis. Di mana seluruh kegiatan jual beli yang tadinya hanya dilakukan offline, kini sudah bisa berjalan secara online di mana saja dan kapan pun. Dalam hal ini Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital menghadirkan beragam fitur-fitur pengelolaan usaha mulai dari pencatatan transaksi, memudahkan transaksi cash/cashless, hingga analisis penjualan up to date dan yang terbaru adalah manajemen pengguna. 

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika menjalankan bisnis secara online, maka ada baiknya untuk memberikan akses kepada orang yang bertanggung jawab pada salah satu bagian tertentu. Nantinya, untuk membantu kegiatan operasional berjalan lancar kamu bisa gunakan fitur manajemen pengguna di aplikasi Youtap POS. Fitur ini akan sangat membantu karyawan untuk bisa mengakses seluruh data-data bisnis seperti melihat atau mencatat transaksi sampai dengan pengaturan shifting karyawan. Lebih jelasnya berikut pengertian mengenai manajemen pengguna Youtap, fungsi dan cara menggunakannya. 

Apa Itu Manajemen Pengguna Youtap?

Melansir penjelasan Egnyte, manajemen pengguna adalah sebuah sistem untuk membantu proses pengelolaan seluruh aktivitas bisnis terkait dengan akses individu pada suatu perangkat baik software dan service tertentu. Ini berfokus pada pengelolaan izin untuk akses dan tindakan serta pemantauan penggunaan. 

Sederhananya manajemen pengguna adalah sebuah sistem yang membantu para pengguna melakukan akses dan mengontrol seluruh aset digital seperti aplikasi, jaringan atau layanan cloud. Layanan manajemen pengguna ini sendiri menyediakan sistem secara end-to-end, termasuk registrasi pengguna, login dan autentikasi, single sign-on (SSO) serta manajemen izin.

Sistem manajemen pengguna juga memungkinkan administrator mengelola akses agar pengguna dengan mudah bisa menggunakan berbagai macam perangkat, software, dan service tertentu. Selain itu, fitur manajemen pengguna dapat membantu kamu mengelola izin, memantau serta menyediakan akses autentikasi. Manajemen pengguna merupakan bagian inti Identity Access Management

Lalu, Apa Saja Keuntungan Fitur Manajemen Pengguna Youtap? 

Setelah penjelasan di atas, tentu manajemen pengguna sangat dibutuhkan agar seluruh proses pengelolaan jadi lebih mudah. Di mana seluruh karyawan yang bertanggung jawab dapat mengakses data-data bisnis dengan mudah, serta pemilik pun dapat memantau secara bersamaan karena sudah terintegrasi. Tidak hanya itu, berikut beberapa fungsi fitur manajemen pengguna lainnya:  

1. Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan 

Keuntungan pertama adalah membantu meningkatkan produktivitas kelola bisnis karena seluruh kegiatan operasional sudah dilakukan secara otomatis. Hal ini tentunya akan menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dengan mereplikasi perubahan yang dilakukan seperti membuat, memperbarui, menghapus konten-konten tertentu di seluruh sistem. Selain itu juga mempercepat proses penyiapan user, peran, dan grup, sehingga mengurangi beban kerja tim admin.

2. Lebih Hemat Biaya 

Keuntungan kedua, lebih hemat dari sisi biaya, karena hanya dengan subscribe paket extra mantap Youtap kamu sudah bisa mendapatkan fitur manajemen pengguna. Di mana fitur ini dapat diakses oleh 10 akun pengguna yang tentunya memudahkan pemilik serta karyawannya mengakses data-data transaksi sehingga lebih mudah memonitor uang masuk dan keluar. 

Jadi, secara tidak langsung, penggunaan fitur manajemen pengguna ini akan membantu perencanaan penganggaran dengan lebih pasti. Menghindari biaya tambahan yang justru akan membuat keuangan bisnis jadi boros. 

3. Keamanan Pengguna Lebih Terjamin 

Keuntungan ketiga adalah sistem keamanan untuk pengguna jadi lebih baik. Dengan mendukung kontrol akses yang ketat, pemberian akses yang tidak asal tentu dapat mengurangi pencurian data secara online. Selain itu, kemampuan untuk mengunci atau menghapus user dengan cepat membantu mengurangi risiko dari orang dalam.Selain itumanajemen pengguna juga akan mendukung kegiatan audit ntuk upaya keamanan proaktif, analisis akar masalah, dan remediasi jika terjadi pelanggaran data.

BACA JUGA: Terima Orderan Berkali-Kali dengan Fitur Open Bill Youtap POS

Cara Menggunakan Fitur Manajemen Pengguna Youtap

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa user hanya dapat mengakses fitur sesuai dengan peran yang diberikan pemilik toko. Berikut beberapa cara menggunakan fitur manajemen pengguna Youtap: 

  1. Agar bisa melihat laporan transaksi secara real time, maka user bisa melihatnya di halaman laporan > laporan kasir > dan pilih log aktivitasnya sendiri (hanya user yg dikasih peran "Laporan" saja yang bisa lihat seluruh laporan kasir).
  2. Pengeluaran kas dapat ditambahkan melalui menu burger button (letaknya di pojok kanan atas) > Pengeluaran Kas > dan masukkan judul, harga, serta keterangan pengeluarannya.

Itulah pengertian mengenai manajemen pengguna beserta keuntungannya jika menggunakannya melalui aplikasi Youtap POS. Kamu tidak perlu lagi repot-repot mengelola akses setiap karyawan, tapi ini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis secara online. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama