April 17, 2023

Fitur Laporan Transaksi Terbaru dan Up To Date di Youtap BOS

Menggunakan fitur laporan transaksi terbaru di Youtap BOS akan memudahkan untuk cek dan melihat transaksi secara up to date.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memiliki catatan transaksi yang lengkap dan rinci tentu menjadi hal paling penting agar dapat mengetahui secara pasti apakah bisnis mengalami keuntungan atau kerugian. Oleh karena itu, demi seluruh kegiatan pencatatan lebih praktis, mudah dan efektif, ada baiknya kamu menggunakan aplikasi digital. Sehingga dapat membantu mencatat transaksi secara otomatis setiap harinya. Salah satunya seperti Youtap BOS dengan fitur transaksi terbaru-nya. 

Apa Itu Transaksi dalam Bisnis?

Transaksi dalam bisnis menurut penjelasan dari laman OCBC merupakan transaksi yang terjadi antara dua pihak atau lebih dan melibatkan pertukaran uang, jasa atau bahkan barang. Demi melakukan transaksi bisnis, maka pertukaran yang terjadi harus bisa diukur dalam nilai moneter, sehingga memungkinkan untuk dicatat.

Kemudian, transaksi bisnis ini juga bisa terjadi dalam waktu singkat seperti pembelian tunai atau bahkan jangka panjang dengan menggunakan kontrak layanan selama beberapa tahun. Bisnis yang ditransaksikan tentunya dilakukan untuk mendapatkan keuntungan bersama, baik pembeli maupun penjual. 

Alasan Pentingnya Melakukan Pencatatan Transaksi Bisnis

Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan penting melakukan pencatatan transaksi bisnis, yang utama untuk memastikan laporan keuangan dapat dengan mudah dilacak dan isinya sesuai kenyataan pada stok lapangan. 

Kemudian, pencatatan transaksi juga akan membantu bisnis melakukan evaluasi dan perolehan laba selama periode tertentu. Sederhananya, pencatatan transaksi bisnis merupakan aktivitas yang dapat membantu pendapatan lebih mudah terlacak dan terawasi arus kasnya. Tak hanya itu, tapi juga mampu memberikan manfaat lain seperti memungkinkan menerbitkan laporan keuangan yang baik dan sesuai sistematika.

Bagaimana Cara Cek Transaksi Terbaru di Youtap BOS?

Berikut beberapa cara melakukan pengecekan transaksi terbaru di Youtap BOS: 

  • Pertama, kunjungi halaman website Youtap BOS pada link berikut https://www.bos.youtap.id/.
  • Masuk ke home page Youtap BOS. 
  • Lalu, klik “Laporan” yang tertera di home, letaknya pada bagian bawah. 
  • Setelah itu, kamu bisa melihat seluruh riwayat transaksi di Youtap BOS hingga yang paling baru. 

Apa Saja Bentuk Transaksi Bisnis?

Bukti transaksi adalah serangkaian data berisi informasi berupa nama penjual dan pembeli, jenis-jenis produk, hingga total harga. Nantinya, data transaksi bisnis akan diolah oleh seorang akuntan untuk pencatatan jurnal perusahaan. Biasanya bukti-bukti valid yang dapat dijadikan dasar pencatatan transaksi bisnis adalah: 

  • Rekening koran
  • Bilyet giro
  • Faktur atau invoice
  • Kuitansi
  • Nota debit
  • Cek

Jenis Transaksi Menurut Sistem Pembayaran

Apabila dilihat dari sistem pembayaran bisnis, ada dua jenis transaksinya yaitu berupa tunai dan kredit. Berikut penjelasannya: 

1. Jenis Transaksi Tunai

Jenis pertama adalah tunai, yang artinya pembayaran baru akan diterima atau dibayarkan ketika proses transaksi sedang terjadi. Sebagai contoh sederhana, kamu yang melakukan pembelian laptop dari toko dan langsung membayarnya di kasir, maka disebut sebagai jenis transaksi tunai. 

Selain menggunakan uang, pembayaran yang dilakukan menggunakan kartu debit atau kredit, tetap dianggap transaksi tunai, lho. Alasannya karena pembayaran dilakukan secara langsung pada saat transaksi terjadi.

2. Jenis Transaksi Kredit

Jenis kedua adalah kredit. Di mana jenis transaksi ini melakukan pembayaran setelah jangka waktu tertentu. Kondisi itu disebut juga sebagai periode kredit. Contoh sederhananya, apabila kamu menggunakan transaksi kredit saat akan membeli meja makan dari suatu toko mebel dan tidak membayar secara tunai, maka itu disebut kredit. 

Dalam periode kredit ini, biasanya toko akan memberikan waktu 30 hari untuk pembayaran. Jadi, kamu akan diminta untuk membayar meja makan sesuai dengan kurun waktu yang telah ditetapkan dari perusahaan. 

Itulah ringkasan seputar fitur “Laporan” yang dapat membantu kamu melihat riwayat transaksi terbaru di Youtap BOS. Fitur “Laporan” penjualan ini tentunya akan membantu para BOS melakukan cek semua transaksi bisnis, mulai dari modal awal, pendapatan kotor, hingga pendapatan yang diterima secara bersihnya. 

Tunggu apalagi, yuk segera menjadi BOS yang selalu up-to-date tentang semua transaksi penjualan bisnis. Melalui Youtap BOS, kamu juga dapat menikmati 100 solusi mantap lainnya dari Youtap BOS

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama