Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 29, 2023

Cek Semua Daftar Transaksi Usahamu di Fitur Laporan Penjualan Youtap POS!

Agar bisa mengetahui keuntungan dan kerugian usaha secara terperinci, kamu bisa menggunakan fitur laporan keuangan Youtap POS dengan beberapa cara berikut. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu bagian penting dalam proses kegiatan sebuah usaha baik itu skala besar maupun kecil adalah membuat laporan penjualan. Namun sayangnya, kini banyak sekali usaha dengan skala kecil justru melewatkan pembuatan laporan penjualan. Hal tersebut biasanya disebabkan karena masih melakukan dengan cara manual atau bingung harus mulai dari mana. Tapi kini pembuatan laporan penjualan bisa lebih praktis dengan fitur Youtap POS, lho. 

Pengertian Laporan Penjualan

Laporan penjualan atau disebut sebagai sales report merupakan sebuah dokumen yang isinya seluruh pencatatan terkait dengan penjualan usaha. Laporan penjualan ini lebih baik dilakukan setiap hari dan dicatat secara berkala. 

Jadi, alangkah baiknya memiliki laporan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Selain untuk melihat keuntungan atau kerugian dari sebuah usaha, laporan penjualan ini juga akan membantu kamu menganalisis apakah usaha mengalami peningkatan atau penurunan. Setelah itu, akan lebih mudah menentukan strategi usaha pada periode selanjutnya. 

Sederhananya, melalui laporan ini, kamu dapat membantu melacak Key Performance Indicator (KPI) yang mengukur kemajuan penjualan perusahaan. Kemudian, metrik yang dilacak pada laporan penjualan dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu: 

  • Metrik hasil, yaitu data yang isinya terkait dengan hasil penjualan, seperti pendapatan, jumlah kontrak baru, atau jumlah barang yang berhasil dijual. 
  • Metrik proses, yaitu data yang isinya tentang tindakan proses penjualan, panggilan telepon dari pelanggan. 

Tak hanya itu saja, laporan penjualan juga dapat mencakup beberapa hal informasi lainnya tentang statistik penjualan, seperti:

  • Jumlah penjualan
  • Total nilai penjualan
  • Rata-rata nilai transaksi 
  • Jumlah Upsell dan Add-On
  • Rata-rata panjang waktu siklus penjualan.
  • Jumlah prospek saat ini
  • Jumlah perpanjangan
  • Tingkat konversi
  • Tingkat pengembalian produk

Menariknya, data-data di atas kini bisa kamu dapatkan dengan lebih mudah, lho! Tidak perlu lagi melakukannya secara manual dan mencatat satu-satu setiap transaksi yang terjadi, tapi bisa menggunakan sistem digital Youtap POS. 

Fitur Laporan Penjualan Youtap POS ini berfokus pada perwakilan penjualan individu atau kinerja penjualan perusahaan secara keseluruhan. Jadi, kamu dapat menggunakan laporan penjualan untuk peninjauan perkembangan usaha, dan keperluan lainnya. Cara penggunaannya juga termasuk mudah untuk pemula. Sehingga sangat cocok digunakan untuk para pelaku usaha yang skalanya besar maupun kecil. 

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Calculator Youtap POS?

Melalui fitur laporan penjualan Youtap POS, kamu bisa melihat seluruh riwayat transaksi yang mencakup penjualan hari ini, modal, pendapatan, dan lain-lainnya. Berikut cara menggunakan fitur laporan penjualan Youtap POS: 

  • Selanjutnya, klik Burger Bar di bagian pojok kanan atas. 
  • Kemudian, klik Laporan
  • Nanti akan muncul seluruh perincian data-data penjualan pada Laporan Penjualan seperti Nilai Penjualan Hari Ini, Modal Penjualan, Pendapatan Bersih, melihat perbandingan dengan pendapatan sebelumnya, hingga Penjualan 7 Hari Sebelumnya, dan Riwayat Transaksi

Dengan adanya fitur Laporan Penjualan Youtap POS ini tentu membuat kamu lebih cepat dan mudah menghitung seluruh total transaksi dari pelanggan. Jadi, kamu tidak perlu lagi mencatat atau menghitungnya secara manual, tapi sudah secara otomatis dengan sistem digital. 

Itulah langkah-langkah mudah untuk menggunakan fitur Laporan Penjualan Youtap POS. Cukup mudah, bukan? Jadi, yuk segera pakai Youtap POS agar seluruh pengelolaan kegiatan operasional bisnis jadi lebih efektif dan juga efisien.

fitur laporan penjualan
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama