November 21, 2022

5 Tips Dekorasi Cafe Instagrammable dan Bergaya Unik

Apabila memiliki konsep unik dan melakukan penataan secara rapi, ternyata dapat membuat pelanggan merasa nyaman lho. Jadi, ikuti tips dekorasi cafe instagrammable berikut yuk!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini banyak sekali jenis bisnis yang melakukan strategi marketing dengan membuat akun Instagram. Alasannya karena konsumen cenderung langsung melakukan tindakan setelah melihat foto-foto pada Instagram. Cara satu ini juga dilakukan oleh para pelaku bisnis yang memiliki toko atau cafe. 

Instagram memang tidak hanya mengenalkan bisnis saja, tapi juga meningkatkan potensi jumlah pelanggan, penjualan, dan membangun hubungan baik secara personal. Oleh karena itulah, kamu harus mulai memaksimalkan dekorasi cafe atau toko agar konsumen membagikan foto maupun video di akun instagram mereka. Hal tersebut membuka peluang agar cafe milikmu banyak dikenal orang.  

Tips Dekorasi Cafe Agar Instagrammable dan Menarik Perhatian 

dekorasi cafe instagrammable
gambar: freepik.com/KamranAydinov

1. Kenali dan Pahami Identitas Bisnis 

Tips pertama, kamu harus lebih dulu mengenali dan memahami identitas bisnis agar mudah menentukan desain cafe atau toko yang sesuai. Cara mengenalinya dengan memikirkan apa yang kamu ingin konsumen lihat tentang cafe milikmu. 

Pastikan konsep dekorasi yang ingin kamu buat unik dan otentik, ya. Ketika suasana di cafe jelas dan kohesif maka pengunjung akan lebih antusias membagikan pengalaman mereka di media sosial. 

2. Pastikan Adanya Pencahayaan yang Tepat

Tips kedua adalah memastikan pencahayaan di dalam cafe sesuai. Ini menjadi bagian penting karena tidak hanya untuk menampilkan satu sisi cafe atau membuat produk menarik, tapi juga berpengaruh besar pada efek foto.

Apabila cafe milikmu tidak memiliki jendela atau pencahayaan alami, gunakan lampu dengan cahaya berwarna kuning. Sebaiknya hindari menggunakan lampu warna-warni yang terlalu banyak dan perhatikan waktu, pasalnya saat menjelang malam kamu bisa sedikit meredupkan lampu. Hal ini dapat memberikan efek visual di foto.  

3. Tambahkan Pajangan atau Lukisan Seni

Tips ketiga adalah menambahkan pajangan atau lukisan seni di dalam cafe. Sebagai contoh, kamu bisa gantung beberapa lukisan kopi atau makanan yang unik sebagai interior cafe.

4. Buat Dinding atau Gunakan Lantai dengan Pola Unik

Tips keempat adalah membuat dinding atau menggunakan lantai dengan pola unik. Cara ini bisa menjadi salah satu strategi menarik pelanggan untuk berfoto selfie. 

5. Tambahkan Word Art Menarik

Tips kelima atau terakhir adalah menambahkan word art menarik dengan kutipan orang terkenal, atau pesan lainnya yang bisa ditempatkan di dinding, display toko, papan pintu masuk dan lain-lainnya. 

Selain menerapkan interior cafe, strategi promosi lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah posting dari pelanggan adalah membuat event promosi seperti kontes foto Instagram.

Lalu, Apa Saja Inspirasi Dekorasi Cafe Instagrammable?

dekorasi cafe instagrammable
gambar: freepik.com/topntp26

Setelah melihat dan memahami penjelasan di atas, kini saatnya kamu juga mulai mencari tahu beberapa inspirasi dekorasi cafe yang menarik. Umumnya, banyak pelaku bisnis ingin memiliki cafe yang tidak terlalu besar tapi tetap terlihat instagrammable dan unik, bukan? 

Oleh karena itulah, kamu harus memaksimalkan tata ruang cafe yang tepat atau lebih sering disebut dekorasi. Selain untuk menarik perhatian banyak pelanggan, dekorasi cafe ini juga bisa menjadi ciri khas tempat usahamu. Dekorasi cafe ini biasanya mencakup beberapa hal seperti hiasan dinding, layout ruangan, model kursi dan meja, pilihan warna dinding, dan lain-lainnya. 

1. Cafe Bergaya Industrial

Melansir dari Huminger, cafe bergaya industrial ini biasanya memberikan kesan maskulin tapi tetap nyaman dan juga tampilannya nampak bangunan setengah jadi atau unfinished. Kemudian, pencahayaan dan furniture juga mendukung konsep cafe bergaya industrial, jadi pastikan kamu menentukannya dengan tepat, ya. 

2. Cafe Bergaya Minimalis 

Selanjutnya, dekorasi cafe bergaya minimalis, di mana konsepnya menyatukan antara tradisi dan kerajinan tangan dalam desain kontemporer. Bagi kamu yang ingin menerapkan cafe bergaya minimalis, maka cobalah untuk menggunakan furniture atau hiasan dinding dengan nuansa putih dan kayu. 

3. Cafe Bergaya Garden

Cafe bergaya garden ini juga bisa dipertimbangkan, karena bisa diterapkan di indoor maupun outdoor. Kamu bisa gunakan tanaman yang diletakkan dalam pot-pot kecil sebagai hiasan, tapi perhatikan juga dalam hal penataannya, ya. Hal ini perlu dijaga agar tidak terlihat berantakan, justru menarik di mata pelanggan. Selain itu. jangan lupa, gunakan kursi yang memiliki bantal untuk bersantai.

4. Cafe Bergaya Vintage 

Terakhir, ada cafe bergaya vintage dengan beragam tema bisa dari tahun 40-an, 50-an, ataupun tahun 60-an. Kamu bisa menambahkan sentuhan subtema lain dengan beberapa dekorasi antik, lho! 

Biasanya, cafe bergaya vintage memang mengambil dari inspirasi estetika interior di masa lalu dan langsung dipadukan dengan elemen modern. Dekorasi biasanya akan memberikan kesan romantis dan elegan karena perabot antik. 

Itulah beberapa tips dekorasi cafe instagrammable beserta inspirasi yang bisa kamu terapkan. Namun, jangan lupa untuk gunakan sistem digital Youtap POS. Dimana seluruh aktivitas usaha bisa dilakukan secara online, sehingga lebih memudahkan kamu dalam mengelolanya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama