Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 22, 2023

Dasar-Dasar Kewirausahaan: Pengertian, Karakteristik dan Jenis-Jenis yang Paling Populer

Memahami dasar kewirausahaan memang sangat penting untuk diketahui oleh para Bos, agar lebih mudah membuat seluruh perencanaan strategi. Simak selengkapnya, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu, belakangan ini mulai banyak sekali masyarakat yang tertarik dengan dunia wirausaha. Namun, perlu untuk bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses, memang membutuhkan upaya dan perencanaan strategi cukup matang. Jadi, bagi Bos yang ingin menekuni bidang ini, maka harus memahami dasar kewirausahaan secara rinci. 

Pengertian dan Dasar Kewirausahaan

dasar kewirausahaan
Gambar: freepik.com/jcomp

Wirausaha merupakan sebuah kata yang dasarnya 'wira' dan 'usaha'. Wira sendiri memiliki arti pejuang, berbudi luhur, pahlawan, manusia unggul, dan gagah berani. kemudian, usaha adalah kata yang berarti perbuatan atau amalan, berbuat sesuatu dan bekerja. 

Apabila kedua kata tersebut digabungkan maka akan menghasilkan makna, orang yang membuat suatu produk, menentukan produksi, menyusun operasi dengan tujuan untuk mengadakan produk baru sampai pada kegiatan mengatur permodalan serta pemasarannya. Lalu, berikut ini beberapa dasar-dasar kewirausahaan yang harus diketahui untuk bisa mencapai kesuksesan:

Karakteristik Wirausaha

dasar kewirausahaan
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Setelah memahami arti dari wirausaha sendiri, kini perlu dipahami beberapa karakteristiknya yaitu tentang perilaku, etika bisnis, sikap, tindakan, diri dari seseorang. Tujuan memahami karakteristik wirausaha ini untuk membuat serta mewujudkan usaha secara inovatif. Berikut beberapa karakteristik seorang wirausahawan:

1. Disiplin

Karakteristik pertama adalah disiplin, di mana seorang wirausahawan harus menjunjung kedisiplinan tinggi agar mampu menggerakkan semangat dan motivasi, dalam menjalankan usaha sehingga dapat mencapai target sesuai harapan. 

2. Jujur

Kedua, perlu memiliki kejujuran. Ini menjadi poin penting bila kamu ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Apalagi, ketika jadi seorang pemimpin dari usaha yang dibangun. 

3. Cobalah untuk Menjadi Kreatif dan Inovatif

Ketiga, cobalah untuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Pasalnya, dengan memiliki kedua hal tersebut maka memudahkan kamu dalam menciptakan berbagai hal secara berbeda. Apalagi jika adanya inovasi baru, pastinya usaha yang dijalankan bisa lebih menarik minat para pelanggan.

4. Harus Berkomitmen Tinggi

Keempat, harus memiliki komitmen tinggi dan berpegang teguh pada prinsip usaha yang ada. Maka usaha bisa terus berkembang dan mencapai kesuksesan.

5. Mandiri dan juga Realistis

Kelima harus mandiri dan juga realistis agar mampu mengambil keputusan secara tepat dan cepat. Pasalnya pengambilan keputusan akan berhubungan langsung dengan usaha yang tengah digeluti.

Jenis Wirausaha Yang Populer, Apa Saja?

dasar kewirausahaan
Gambar: freepik.com

1. Usaha Ritel

Salah satu jenis wirausaha yang tidak pernah mati adalah usaha ritel. Pasalnya, usaha ritel ini atau disebut juga sebagai penjualan eceran, dapat berjualan secara langsung pada konsumen. Bahkan juga termasuk jenis usaha yang minim resiko, karena pesaingnya sebatas antar peritel saja. 

2. Startup 

Kemudian, startup digital baik skala rumahan, hingga perusahaan. Salah satu jenis usaha yang cukup populer dijalankan saat ini adalah transportasi online.

3. Usaha Kuliner

Sudah menjadi rahasia umum, usaha di bidang kuliner tentu paling banyak diminati karena ada beberapa jenis yang modalnya tidak membutuhkan terlalu banyak dan cukup mudah. 

4. Usaha Jasa

Ada juga beberapa usaha kecil di bidang jasa seperti pembuatan artikel SEO, desain grafis, video, translator dan lain-lainnya. 

5. Usaha Agrobisnis

Terakhir, ada usaha agrobisnis. Walaupun masih belum terlalu terkenal di kalangan umum, tapi untuk sebagian pelaku usaha makanan organik, ini termasuk industri atau usaha yang cukup menjanjikan, lho

Jadi, untuk bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses tentu perlu memahami dasar-dasar di atas. Tentu tujuannya agar usaha dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Namun jangan lupa ya, untuk mendukung perkembangan bisnis, ada baiknya para Bos menggunakan Aplikasi Kasir Digital Youtap POS yang dapat kamu download di Google Play Store atau Apps Store

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama