Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 30, 2022

Pengertian COD dalam Bisnis Online, Cara Kerja dan Tips Transaksi Bagi Penjual

Sering dengar atau belanja dengan COD, tetapi apakah sudah paham pengertian COD hingga cara kerjanya? Jika belum, simak penjelasan lengkapnya di sini!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Bagi kamu yang sering berbelanja online tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata COD, bukan? Namun, apakah kamu sudah paham pengertian COD hingga cara kerjanya dalam bisnis online? Jika belum, simak penjelasan lengkapnya berikut ini yuk. 

Pengertian COD

COD adalah singkatan dari Cash on Delivery. Dalam bisnis online kata COD seringkali diucapkan antara penjual dan pembeli. Dengan kata lain, layanan COD iniakan melakukan pembayaran saat mereka menerima produk yang dibeli dari penjual.  Biasanya sistem pembayaran COD dilakukan ketika penjual telah menyetujui untuk bertemu dengan pembeli. Lalu, baru akan bertemu untuk melakukan transaksi secara langsung.

Kemudian semakin berkembangnya dunia bisnis saat ini, sistem pembayaran COD ternyata juga mulai diterapkan pada marketplace. Namun bedanya dengan bisnis online biasa, pembeli tidak secara langsung membayar kepada penjual, melainkan melalui perantara jasa pengiriman atau kurir. 

Cara Kerja Pembayaran COD

Perlu kamu pahami, bahwa pada dasarnya  pembayaran COD ini hampir mirp dengan proses transaksi jual beli konvensional.  Di mana penjual dan pembeli akan bertemu untuk melakukan transaksi. Namun, yang membedakannya adalah lokasi barang dijual. Biasanya, sistem COD ini dilakukan jika melakukan belanja online. 

Tips Transaksi COD Bagi Penjual

Sama halnya dengan sistem pembayaran lain, COD juga memiliki risikonya sendiri. Tetapi adanya risiko tersebut, bukan berarti kamu tidak bisa meminimalisir kondisi terburuknya. 

Agar terhindar dari penipuan ketika melakukan transaksi COD, berikut ini beberapa tips bagi penjual: 

  • Pilih lokasi yang aman dan juga ramai. Kamu bisa melakukan COD di tempat pusat perbelanjaan atau kafe tertentu. 
  • Usahakan untuk datang lebih awal dari waktu perjanjian dengan pembeli.
  • Pastikan kamu tidak lengah dan selalu waspada. Khususnya berhati-hati saat proses transaksi berlangsung. 
  • Apabila kamu berjualan melalui marketplace, sebaiknya aktifkan sistem COD untuk memperkecil daerah janji temu. 

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Menerapkan COD

Sebelum menerapkan sistem pembayaran COD, kamu sebagai penjual juga harus memperhatikan beberapa hal.  Kamu harus mengingat bahwa sistem COD, area layanan untuk melakukan transaksi secara langsung sangat terbatas. Jadi, pastikan pembeli hanya melakukan transaksi dengan penjual di satu daerah tertentu. Kemudian, terapkan tambahan biaya kirim. Apabila pembeli minta untuk melakukan transaksi dengan lokasi yang cukup jauh, kamu bisa menentukan biaya tambahan tersebut. Sistem pembayaran COD ini juga berisiko meningkatkan pengembalian barang. Apabila pembeli merasa tidak puas, mereka bisa mengembalikan barang. 

Tentu hal ini akan berpotensi merugikan kamu sebagai penjual. Selain dari segi materi, tetapi juga waktu. Apabila itu terjadi, sebaiknya segera belajar dari pelaku bisnis lain yang sudah lebih dulu menerapkan sistem COD ini. Bagaimana cara mengurangi terjadinya pengembalian barang ke penjual saat COD.  Itulah pengertian COD dalam bisnis online serta cara kerja dan tips melakukannya bagi penjual agar terhindar dari penipuan.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Temukan solusi pengelolaan usaha terlengkap dengan Youtap. Mulai dengan Youtap POS - Kasir Digital, kasir point of sales yang memiliki beragam fitur terlengkap untuk memudahkan dalam mengelola usaha yang bisa digunakan secara multi device baik HP dan Tablet di manapun dan kapanpun. Download aplikasi kasir online Youtap POS di Google Play Store maupun Apps Store.

Youtap Indonesia juga berinovasi dengan menciptakan Youtap BOS, sebuah platform b2b marketplace yang mempertemukan supplier dengan pemilik usaha sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah dan tercepat untuk seluruh UMKM dan pemilik usaha lainnya di Indonesia. Youtap POS dan Youtap BOS dapat terintegrasi hanya dengan 1 akun saja. Yuk, daftarkan sekarang usahamu dan bergabung menjadi salah satu merchant Youtap Indonesia!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama