Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 9, 2023

Cara Menjadi Afiliator Sukses dan Keuntungan Melakukannya

Jadi salah satu strategi bisnis paling populer saat ini untuk mempromosikan sebuah layanan atau produk, berikut cara menjadi afiliator yang baik. Simak penjelasan lengkapnya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu, pemasaran Afiliasi atau Affiliate Marketing menjadi salah satu strategi penjualan populer saat ini karena terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan bisnis.  Namun sebelum kamu menerapkan strategi satu ini, ada baiknya untuk lebih dulu mengetahui apa itu afiliasi dan cara menjadi afiliator yang  tepat. 

Apa Itu Afiliasi?

cara menjadi afiliator
Gambar: freepik.com/tirachardz

Afiliasi merupakan sebuah program dimana seseorang atau perusahaan tertentu melakukan penjualan produk atau layanan milik perusahaan lain. Nantinya, seseorang atau perusahaan tersebut akan menerima komisi untuk setiap penjualan yang berhasil dilakukan melalui link afiliasi khusus. Dalam melakukan strategi pemasaran afiliasi ini, seorang afiliator yang akan bertanggung jawab mempromosikan produk atau layanan milik merchant melalui beberapa platform seperti blog, media sosial, website, atau saluran lainnya.

Cara Kerja Afiliasi

Apabila kamu tertarik bekerja sebagai afiliator dan menjual produk atau layanan merchant, pahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja afiliasi berikut: 

a. Cara Kerja Afiliator Agar Mendapatkan Komisi 

Orang bergabung untuk melakukan strategi afiliasi dalam bisnis ini disebut sebagai afiliator. Nantinya afiliator tersebut akan menerima komisi setiap kali berhasil melakukan penjualan melalui link afiliasi yang mereka promosikan. Umumnya, para merchant akan langsung mengatur jumlah persentase komisi yang diterima oleh afiliator untuk setiap penjualan. Selain itu, ada juga beberapa merchant bersedia menawarkan bonus tambahan atau insentif bagi afiliator yang berhasil menjual produk atau layanan dengan baik.

B. Cara Kerja Afiliasi Bekerja dengan Merchant

Dalam hal ini, merchant akan menyediakan link afiliasi yang dapat dipromosikan oleh afiliator. Kemudian, mereka akan mempromosikan link tersebut kepada target audience melalui berbagai macam platform seperti blog, media sosial, atau situs web mereka. Nantinya, jika ada konsumen atau pengunjung yang langsung klik link afiliasi dan melakukan pembelian, maka affiliator akan menerima komisi sesuai dengan ketentuan awal.

Lalu, Apa Perbedaan Afiliasi dan Referral dalam Bisnis?

Walaupun sekilas hampir sama, tapi sebenarnya afiliasi dan referral memiliki beberapa perbedaan penting. Dalam program afiliasi, afiliator akan menerima komisi untuk setiap penjualan yang terjadi melalui link afiliasi khusus. Sedangkan program referral, nantinya referrer hanya menerima komisi secara tunai atau hadiah setelah mengajak orang lain mendaftar atau membeli produk tertentu. Tentu saja kedua program ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mempromosikan produk atau layanan ke pasaran, namun cara kerjanya memang sedikit berbeda.

Tentang Affiliator

Afiliator merupakan sebuah individu atau perusahaan yang terlibat dalam program afiliasi. Tugasnya adalah mempromosikan produk atau layanan milik merchant. Jika berhasil mempromosikan, affiliator akan menerima komisi setiap kali terjadi penjualan melalui link afiliasi khusus yang dipromosikan.

Tak hanya itu saja, nantinya afiliator juga akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa link afiliasi yang dimiliki oleh mereka berfungsi dengan baik dan bisa langsung mengarahkan traffic ke situs web merchant dengan tepat.

Apa Keuntungan Menjadi Afiliator?

Berikut beberapa keuntungan menjadi afiliator: 

  • Mendapatkan fleksibilitas, di mana afiliator dapat bekerja dari mana saja dan kapan pun, asal memiliki akses internet. 
  • Mendapatkan pendapatan pasif, maksudnya adalah afiliator memperoleh komisi dari penjualan melalui link mereka, tanpa harus melakukan pekerjaan dengan beban yang berat. 
  • Dapat dilakukan tanpa biaya, yaitu afiliator tidak membutuhkan biaya apapun untuk menjalankan pekerjaan ini dan mudah dilakukan.
  • Mendapatkan banyak pilihan produk bisnis. 
  • Mendapatkan pertumbuhan karir, sehingga afiliator dapat menjadi pilihan yang menguntungkan.

Cara Menjadi Afiliator

cara menjadi afiliator
Gambar: freepik.com/vectorjuice

1. Lakukan Pendaftaran Sebagai Afiliator

Langkah pertama, kamu harus melakukan pendaftaran ke program afiliasi dari merchant yang ingin dipromosikan. Proses pendaftaran ini biasanya sangat mudah dan cepat, kamu hanya membutuhkan beberapa informasi dasar seperti nama, alamat email, serta rincian pembayaran.

2. Lakukan Promosi Produk Merchant

Setelah melakukan pendaftaran, kamu bisa langsung mempromosikan produk merchant melalui berbagai macam platform seperti blog, media sosial, atau situs web. Nantinya, gunakan link afiliasi khusus yang diberikan oleh merchant untuk memastikan bahwa setiap penjualan yang terjadi melalui promosimu, sehingga akan menghasilkan komisi. 

Tips untuk Menjadi Afiliator yang Sukses

Berikut beberapa tips menjadi afiliator yang sukses: 

  • Pilih produk atau layanan sesuai minat dan kamu yakin mampu mempromosikannya dengan baik.
  • Pastikan untuk membuat konten yang berkualitas dan berkaitan dengan produk yang sedang dipromosikan. 
  • Pastikan untuk melakukan promosi produk atau layanan secara teratur dan rutin.
  • Pastikan kamu mempelajari dan memahami kebijakan program afiliasi. 
  • Jangan takut mencoba produk atau layanan yang ingin dipromosikan. 

Itulah cara menjadi afiliator sukses dan keuntungan melakukannya. Tertarik menjadi affiliator? Youtap Indonesia kini memiliki program affiliate marketing yang akan buat kamu bisa raih cuan melipah loh! Mau ikutan programnya, yuk baca syarat dan ketentuannya di sini!

CTA Banner Artikel Affiliate Program

Selain itu, dukung kegiatan bisnis dengan menggunakan Aplikasi Kasir Digital Youtap POS yang akan membantu kamu mengembangkan bisnis jadi lebih maju. Kamu bisa download Youtap POS di Google Play Store atau Apps Store.dan nikmati kemudahan dalam setiap transaksi bisnis yang dilakukan. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama