Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 18, 2022

Wajib Tahu, Begini Cara Mendapatkan Modal Bisnis yang Tepat

Agar tetap bisa berkembang dan sukses seperti yang diharapkan, berikut ini cara mendapatkan modal bisnis dengan tepat. 

Isi Artikel

Besar atau kecil, setiap bisnis pasti membutuhkan modal untuk berbagai keperluan. Namun, sebagian pemilik masih ada yang seringkali kebingungan mencari modal bisnis. Agar tetap bisa berkembang dan sukses seperti yang diharapkan, berikut ini cara mendapatkan modal bisnis dengan tepat. 

Cara Mendapatkan Modal Bisnis

1. Modal dari Tabungan Pribadi

Modal dari tabungan pribadi ada cara paling aman yang bisa kamu lakukan. Caranya mulailah untuk menyisihkan sebagian gaji yang didapat setiap bulannya.

Kemudian, ditabung dan gunakan untuk memulai sebuah bisnis tanpa perlu memikirkan hutang. Apabila kamu menggunakan tabungan pribadi, tentu akan membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa mendapatkan jumlah yang diharapkan. 

2. Menjual Aset

cara mendapatkan modal bisnis
Gambar: freepik.com

Cara mendapatkan modal bisnis lainnya bisa dengan menjual aset seperti barang-barang kendaraan pribadi, perhiasan atau lainnya.

Bisa juga dengan menggabungkan sejumlah uang yang berasal dari tabungan dan hasil penjualan aset. Tentu saja jumlah dari keduanya bisa menghasilkan modal yang cukup besar sebagai modal bisnis. 

3. Tanam Modal Bersama dengan Rekan Bisnis

Tak ada salahnya untuk mengajak teman yang bisa dipercaya untuk menanam modal bersama membangun bisnis. Selain bisa dipercaya, pastikan juga memiliki visi serta minat yang cocok dengan ide bisnis. 

Namun, sebelum sampai pada keputusan menanam modal bersama pastikan sudah terlebih dahulu membahas rencana bisnis secara rinci, pencapaian yang ingin dituju, pembagian keuntungan serta hal penting lainnya. 

4. Melakukan Pinjaman ke Bank 

cara mendapatkan modal bisnis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Selanjutnya adalah melakukan cara paling umum yang biasa dilakukan oleh pebisnis, yaitu meminjam uang di bank. Ketika melakukan pengajuan pinjaman ke bank, ada banyak macam kredit yang ditawarkan baik dengan jaminan atau tanpa agunan.

Perlu kamu ketahui dulu bahwa biasanya kredit tanpa agunan memiliki jumlah bunga yang besar. Agar tidak dihantui oleh beban hutang yang berlarut-larut, sebaiknya ambil saja kredit dalam jangka waktu yang tidak lama.

Selain itu, buatlah perkiraan terlebih dahulu tentang dana yang setidaknya akan dikeluarkan setiap bulannya untuk membayar cicilan pinjaman ini. 

5. Dana Investor

Cara mendapatkan modal bisnis yang terakhir dengan mencari investor. Ini bisa dijadikan pilihan yang tepat bagi pemula. 

Kamu bisa coba untuk mencari investor modal yang berinvestasi sesuai dengan bisnis. Selain itu, ikuti berbagai lembaga atau workshop yang melakukan pelatihan serta memberikan akses kepada pengusaha untuk mendapatkan modal.

Apabila ingin mencari modal usaha melalui investor, sebaiknya pastikan ide bisnis milikmu sudah matang. Tujuannya agar pihak investor perorangan maupun suatu lembaga yang ingin meminjamkan modal bisa yakin untuk menanamkan di bisnis milikmu. 

Jadi, cobalah untuk membuat proposal usaha secara singkat yang jelas dan padat. Proposal  ini untuk menjelaskan tentang gambaran bisnis, solusi yang ditawarkan, timeline, goal dan juga alasan mengapa perlu dana tambahan. 

Semakin canggihnya teknologi saat ini, sebenarnya akan memudahkan kamu untuk Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama