Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 16, 2021

Panduan Lengkap Cara Membuat Instagram Ads

Tak hanya di Facebook, ternyata membuat iklan di Instagram juga efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis. Berikut beberapa cara membuat Instagram Ads.

Isi Artikel

Pada dasarnya, melakukan Instagram Ads sama halnya dengan Facebook Ads. Hanya saja, iklan ini menggunakan dua platform media sosial yang berbeda. Apabila target audience milikmu lebih banyak menggunakan Instagram, tentu beriklan di Instagram Ads jadi sebuah cara yang efektif. Dan berikut beberapa cara membuat Instagram Ads. 

Pengertian Instagram Ads

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara membuatnya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Instagram Ads? Instagram Ads adalah sebuah platform untuk beriklan di media sosial khususnya pada halaman Instagram. Kamu bisa membuat iklan di feed dan stories Instagram.  

Memiliki langkah-langkah yang sama dengan Facebook Ads, membuat kamu tetap harus punya halaman Facebook untuk dapat membuat Instagram Ads.

Cara Membuat Instagram Ads

Sebelum membuat Instagram Ads, kamu harus lebih dulu memastikan bahwa akun jualan sudah berstatus Instagram Business. Tujuannya agar proses pengelolaan iklan bisa jadi lebih mudah. Melansir dari laman niagahoster, berikut beberapa cara membuat Instagram Ads: 

1. Buka halaman Facebook Ads Manager

cara membuat instagram ads

Sama halnya dengan Facebook Ads, kamu bisa lebih dulu masuk ke laman Facebook Ads Manager. Pastikan sudah masuk ke akun yang digunakan untuk halaman Facebook, ya.

2. Pilih Iklan Terpandu

Apabila sudah berhasil masuk ke halaman Facebook Ads Manager kamu bisa langsung pilih menu kampanye dan mulai buat iklan. Kemudian, Facebook akan menampilkan dua pilihan yaitu pembuatan iklan terpandu atau iklan cepat. Bagi kamu yang ingin iklannya ingin lebih spesifik, lebih baik memilih pembuatan iklan terpandu. 

3. Pilih Tujuan Iklan

cara membuat instagram ads
Gambar: freepik.com

Tahap ini juga sama seperti kamu melakukan Facebook Ads, yaitu menentukan tujuan iklan yang ingin dituju. Kamu akan diberikan tiga kategori yang bisa dipilih, yakni conversion, awareness, dan engagement. Jadi, pastikan kamu memilih tujuan iklan yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnis. 

4. Pilih Jenis Iklan yang Akan Ditayangkan

Terdapat dua jenis iklan yang bisa kamu gunakan, Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split. Perlu kamu pahami, bahwa kedua jenis iklan tersebut tidak bisa digunakan dalam satu waktu yang sama.

5. Input Nama Iklan dan Tentukan Tujuan Traffic

cara membuat instagram ads
Gambar: freepik.com

Selanjutnya, kamu harus mengisi isi nama iklan agar kedepannya dapat dipantau lebih mudah seperti apa kinerja kampanye beriklan di Instagram Ads. Lalu, pilihlah tujuan traffic dan kamu bisa mengarahkannya ke aplikasi, website, messenger, ataupun WhatsApp.

7. Opsi untuk Menampilkan Promo

Dan bagi kamu yang sedang menjalankan kampanye promo, maka bisa coba untuk mencentang opsi promo. Dengan begitu promo bisnis milikmu akan muncul saat iklan tayang. 

8. Menentukan Target Audience

Ketika beriklan di Instagram Ads, kamu dapat menentukan spesifikasi target audience berdasarkan tujuh faktor berikut yaitu Pemirsa Khusus, lokasi, umur, jenis Kelamin, bahasa, penargetan terperinci, hingga koneksi. 

9. Pilihan Penempatan Iklan Saat Tayang 

Selanjutnya, kamu dapat memilih penempatan iklan, baik di Instagram, Facebook, hingga seluruh aplikasi yang sudah bekerjasama dengan pihak Facebook. Bila ingin menampilkan iklan yang kamu buat hanya di IG, maka pilih edit penempatan dan ceklis bagian Instagram saja.

10. Pilih Durasi Iklan Akan Tayang

Kamu juga harus menentukan durasi waktu atau seberapa lama iklan akan ditampilkan. Waktunya pun sangat beragam bisa satu minggu, dua minggu, satu bulan, atau bahkan enam bulan.

11. Hubungkan Akun Instagram Bisnis Pada Halaman Facebook

Ketika sudah sampai pada tahap ini, maka kamu harus pastikan untuk menambahkan akun Instagram yang ingin dihubungkan dengan halaman Facebook. Pastikan saja bahwa untuk segera menambah akun Instagram khusus agar bisa mempromosikan bisnis. 

BACA JUGA: 6 Cara Meningkatkan Brand Awareness di Instagram

12. Tentukan Format Iklan Sesuai dengan Kebutuhan

Ada lima jenis format iklan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis yaitu carousel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, dan koleksi. Tidak lupa, kamu juga harus menulis deskripsi iklan. Pastikan agar teks atau deskripsi yang ditulis singkat namun tetap menarik. 

Dan pilihlah desain gambar yang sesuai dengan penjelasan deskripsi iklan. Kamu juga bisa memasukkan link atau tautan yang ingin dituju.

13. Lakukan Pembayaran

Langkah terakhir, kamu bisa melakukan pembayaran melalui kartu debit atau kartu kredit. Jika proses transaksi telah dilakukan, pihak Facebook akan melakukan peninjauan atau review iklan. Apabila sudah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan dari Facebook, iklan milikmu akan segera tayang atau ditampilkan. 

Itulah beberapa cara melakukan Instagram Ads. Melakukan pemasaran digital memang menjadi salah satu langkah paling efektif untuk membantu memperluas jangkauan pembeli. Selain membuat iklan di media sosial, pastikan juga bisnis menggunakan sistem digital dalam pengelolaannya seperti Youtap POS. Melalui aplikasi satu ini, seluruh pencatatan laporan dan riwayat transaksi serta beberapa kegiatan bisnis lainnya tentu bisa dilakukan dengan lebih mudah, praktis dan cepat.   

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama