Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 26, 2022

Bagaimana Cara Membangun Bisnis E-Commerce yang Tepat?

Saat ini bisnis online memang tengah berkembang pesat di kalangan masyarakat. Jadi, bagi kamu yang tertarik, berikut cara membangun bisnis e-commerce yang tepat.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini bisnis online tengah berkembang pesat di kalangan masyarakat. Contohnya seperti e-commerce yang menjadi wadah kegiatan bisnis online untuk mempertemukan penjual dan pembeli sehingga membuat proses transaksi menjadi lebih mudah. Bagi kamu yang tertarik, berikut ini cara membangun bisnis e-commerce yang tepat. 

Cara Membangun Bisnis e-Commerce 

1. Melakukan Survei Produk yang Paling Laku Terjual

cara membangun bisnis e-commerce
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Langkah awal, kamu harus melakukan survei terlebih dahulu tentang jenis dan tipe produk yang paling laku terjual atau best seller di e-commerce

Hal ini sebenarnya untuk melakukan pengecekan keadaan pasar pada lapak e-commerce. Kamu juga akan lebih mudah memilih tipe serta jenis produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.

2. Pilih Jenis Produk yang Ingin Ditawarkan Kepada Konsumen

Jika sudah melakukan survei dan mengetahui jenis produk apa yang paling banyak diminati  pada e-commerce, selanjutnya mengambil keputusan untuk memilih jenis yang akan kamu tawarkan nanti. 

Daftar dari produk-produk yang paling diminati tadi dapat kamu gunakan sebagai acuan pemilihan produk yang akan dijual nanti. 

Selain mempertimbangkan kualitas produk, pilihlah jenis yang sesuai dengan jumlah modal. Kamu juga harus memikirkan supplier produk. 

Lalu, bagi kamu yang ingin memproduksi sendiri pertimbangkan terlebih dahulu kemudahannya,  berapa banyak yang bisa dihasilkan dan modalnya cukup atau tidak. 

3. Daftarkan Bisnis

cara membangun bisnis e-commerce
Gambar: freepik.com/gpoinstudio

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, selanjutnya adalah mendaftarkan bisnis di e-commerce. Sebelumnya perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa pendaftaran bisnis di e-commerce sifatnya tidak berbayar atau gratis.

Saat tahap pendaftaran pastikan telah memasukkan data diri dengan benar. Tujuannya agar kenyamanan serta keamanan transaksi jual beli bisa berjalan lancar.

4. Buat Tampilan Laman Bisnis di e-Commerce Jadi Menarik 

Apabila sudah berhasil terdaftar di e-commerce, nanti secara otomatis akan memiliki laman bisnis sendiri. Jadi, pastikan kamu memaksimalkan laman jualan tersebut agar terlihat rapi dan menarik bagi konsumen. 

Sebagai contoh, unggah konten-konten bisa berupa foto atau video real dari produk yang kamu tawarkan. Dan jangan lupa berikan deskripsi produk secara detail agar konsumen merasa yakin dan nyaman untuk membeli produk milikmu. 

5. Pastikan Memiliki Jaringan Lain di e-Commerce

cara membangun bisnis e-commerce
Gambar: freepik.com

Pada sebuah laman bisnis di e-commerce kamu dapat memberikan tautan untuk share ke media sosial. 

Sebaiknya, gunakan fitur ini semaksimal mungkin seperti share produk serta link bisnis di Instagram, Facebook atau Twitter. Tujuannya agar bisnis milikmu bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. 

6. Pantau Kegiatan di Laman Bisnis Secara Aktif

Pastikan untuk selalu aktif dan cepat dalam merespon kegiatan di laman bisnis. Hal ini berguna untuk mencegah konsumen lari ke tempat bisnis lain karena kamu tidak responsif saat mereka bertanya. 

Hindari membuat konsumen menunggu balasan terlalu lama, karena dapat membuat ketertarikan konsumen menghilang. 

Bagi kamu yang masih baru dalam dunia bisnis online seperti ini, bisa Mulai Usaha apapun dengan Youtap karena memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. Selain itu, dengan adanya fitur-fitur canggih di aplikasi Youtap membuat kamu bisa menggunakannya lebih mudah. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama