June 7, 2022

Bagaimana Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha?

Apabila ingin melihat seberapa besar potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan, maka pahami beberapa cara melakukan analisis peluang usaha berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin memulai usaha adalah analisis peluang. Ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui cara terbaik menjalankan usaha. Dengan analisis peluang usaha, kamu bisa mengetahui tren pasar dengan baik. Sehingga lebih mudah menganalisis seberapa besar potensi sukses. Agar berjalan lancar, berikut cara analisis peluang usaha. 

Apa Itu Analisis Peluang Usaha?

cara melakukan analisis peluang usaha
Gambar: freepik.com/mindandi

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa analisis peluang usaha adalah daftar rencana kegiatan yang dibuat oleh pelaku bisnis sebelum memulai usaha. 

Tujuan melakukan analisis peluang usaha ini agar mampu bersaing secara sehat dengan kompetitor. Lalu, hal utama dalam analisis peluang usaha adalah menentukan bidang yang digeluti, khususnya bagi kamu yang pertama kali terjun ke dunia bisnis. 

Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha

cara melakukan analisis peluang usaha
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Dalam melakukan analisis peluang usaha, ada beberapa cara yang perlu dilakukan yaitu dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Pada bagian Strength dan Weakness ini biasanya berasal dari internal perusahaan, sedangkan Opportunity dan Threat bersumber dari external perusahaan yang tidak dapat dikontrol. Meskipun begitu, beberapa poin external tersebut masih bisa diprediksi dan juga ditelaah.

Berikut cara melakukan analisis peluang usaha dengan menerapkan SWOT adalah

1. Strength 

Cara pertama adalah membangun kekuatan bisnisnya (strength). Ketika ingin memulai bisnis kamu harus lebih dulu mengetahui hal apa yang membedakan setiap produk dengan kompetitor. Sederhananya, value atau nilai-nilai apa yang bisnis kamu miliki untuk bisa menarik perhatian pelanggan. 

2. Weakness

Selanjutnya adalah mengetahui kekurangan produk atau layanan bisnis. Nantinya ini akan masuk dalam kategori Weakness di metode SWOT. Walaupun ada banyak sekali keunggulan pada bisnismu, tetapi bukan berarti semua produk atau layanannya sempurna, lho

Oleh karena itulah ketika ingin berbisnis, kamu harus tahu dulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan. Sehingga, dapat memahami strategi bisnis apa yang cocok untuk dijalankan. 

3. Opportunity

Pada poin Opportunity ini kamu bisa mengkombinasikan peluang dengan kekuatan yang dimiliki oleh bisnis. Sederhananya, kamu harus pandai mencari peluang bisnis dengan mulai mencari kebutuhan target pasar secara umum.  

Baca juga: Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya untuk Bisnis

4. Threat

Terakhir adalah threat atau ancaman. Seperti yang kita tahu bahwa kini persaingan dalam dunia bisnis memang semakin ketat, sehingga masalah bisa datang kapan saja tanpa terduga. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan analisis peluang usaha agar siap menghadapi situasi tak terduga yang dapat mengancam keberadaan bisnis. 

Itulah beberapa cara melakukan analisis peluang usaha yang tepat. Hal itu perlu dilakukan agar bisnis bisa berjalan lancar dan sukses, khususnya bagi kamu yang baru saja mulai. Jika kamu sudah berhasil menganalisis peluang usaha tersebut, pastikan juga untuk memulai mengelolanya secara digital menggunakan Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama