Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
April 25, 2022

Cara Jualan Online di Facebook yang Benar, Dijamin Laris Manis!

Jadi tempat jualan paling efektif, kini Facebook merupakan salah satu platform bisnis yang banyak digunakan. Dan berikut beberapa cara jualan online di Facebook yang benar.

Isi Artikel

Saat ini media sosial memang menjadi tempat jualan online paling efisien, apalagi bagi kami pelaku bisnis pemula. Dan salah satu media sosial terbaik untuk berjualan online adalah Facebook. 

Alasan Facebook jadi platform jualan online paling tepat karena di Indonesia user atau penggunanya sudah tergolong banyak. Bahkan pangsa pasar Facebook adalah yang tertinggi di Indonesia dibanding media sosial lain.

Tak hanya itu saja, Facebook juga punya beberapa fitur yang bisa memudahkan kamu untuk berjualan, seperti Ads dan Marketplace. Dan berikut ini beberapa cara jualan online di Facebook yang benar:

Cara Jualan Online di Facebook yang Benar

Pahami target pasar 

Caranya harus dimulai dengan menentukan target pasar. Target pasar ini adalah gambaran jelas siapa yang akan menggunakan produk bisnismu. Jadi, buatlah gambaran jelas secara spesifik tentang calon pembeli. Umur berapa, wanita atau pria, kalangan menengah, atas atau bawah hingga hal-hal lainnya.

Kenali kompetitor

Setelah menentukan target pasar, cari tahu juga soal kompetitor bisnismu. Caranya mulai dengan melakukan pencarian di Facebook. Cari produk yang akan dijual di Facebook, dan cobalah lihat berapa akun atau halaman terkait. 

Pahami baik-baik cara mereka berpromosi hingga menanggapi pelanggan. Dari situ, kamu akan tahu poin apa saja yang bisa dicontoh dan ditingkatkan agar tak kalah saing saat berjualan di Facebook.

Memaksimalkan fitur marketplace

cara jualan online di facebook
Gambar: freepik.com

Facebook sendiri memiliki fitur khusus yang mewadahi jual-beli online, namanya Marketplace. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Dari halaman awal Facebook, klik menu Marketplace yang ada di sebelah kiri. Lalu, untuk mulai berjualan, klik tab jual barang. Dan kamu mulai bisa langsung berjualan.

Selain itu, Facebook juga menyediakan kolom untuk menambahkan harga, kategori, kondisi, hingga keterangan barang. Agar lebih maksimal, sebaik ya manfaatkan Facebook Ads untuk menambah jangkauan pembeli sehingga peluang produk yang terjual makin besar.

Gunakan grup jualan

Kamu juga sangat disarankan gunakan fitur grup untuk jualan online. Pasalnya ada banyak sekali grup atau komunitas di Facebook, sehingga dapat memperluas jangkauan pasar bisnis. Cara posting jualan di grup Facebook juga terbilang cukup mudah, termasuk pemula. Kamu tinggal cari grup yang sesuai dengan produk. 

Pasang foto yang menarik

Cara jualan online agar laris manis adalah memasang foto produk yang menarik. Sebenarnya kunci jualan online yang sukses terletak pada foto produk. Sebab, calon pembeli tidak bisa mencoba produk secara langsung, sehingga mereka akan menilai dari foto-foto yang ditampilkan. Pastikan selalu menggunakan foto beresolusi tinggi dan punya pencahayaan yang baik dan  real produk, sehingga meyakinkan pelanggan. 

Cantumkan informasi produk yang rinci

cara jualan online di facebook
Gambar: freepik.com/tonodiaz

Selain foto, jangan lupa juga cantumkan informasi produk yang jelas secara rinci. Pastikan setiap memiliki keterangan yang jelas, tanpa dilebih-lebihkan. Sampaikan keterangan produk sesuai dengan kondisi aslinya. 

Beri respon yang cepat tanggap

Pastikan untuk selalu memberikan respon yang cepat tanggap jika pembeli bertanya.  Sehingga, mereka akan merasa terbantu jika mendapatkan tanggapan yang baik dari penjual. Bahkan dengan respon yang baik tersebut, ada kecenderungan pembeli melakukan repeat order

Membagikan testimoni pembeli

Terakhir adalah membagikan testimoni pembeli setelah menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnismu. Ini juga merupakan cara paling efisien untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan mencantumkan testimoni dari para pembeli sebelumnya.

Lalu, agar pengelolaan bisnis jadi lebih praktis dan mudah, ada baiknya untuk segera gunakan Aplikasi Youtap, karena memiliki fitur terlengkap dan paling canggih. Kamu tidak perlu lagi melakukan pencatatan manual, karena secara otomatis sudah dilakukan oleh sistem. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membuat laporan keuangan bisnis dengan lebih mudah dan menariknya sudah dilengkapi grafik untuk melihat keuntungan secara keseluruhan. 

jualan online di facebook

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama