Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 20, 2021

7 Cara Agar Bisnis Bertahan Lama di Pasaran

Persaingan bisnis yang semakin ketat karena banyaknya jenis serupa, membuat kamu harus mulai mempelajari tips agar bisnis bertahan lama di pasaran berikut ini. 

Isi Artikel

Pastikan kamu tidak asal membangun bisnis, tetapi juga pikirkan dan rencanakan dengan matang bisa terus bertahan lama dan semakin berkembang. Persaingan bisnis saat ini memang semakin ketat, karena kompetitor mulai bermunculan baik offline maupun online. Namun, kamu tak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips agar bisnis bisa bertahan lama di pasaran. 

Cara Agar Bisnis Bertahan Lama

1. Pastikan Memiliki Rencana dan Strategi Bisnis yang Matang

cara agar bisnis bertahan lama
Gambar: freepik.com/pressfoto

Seperti yang kita tahu bahwa bisnis yang baik pasti memiliki perencanaan dan strategi yang matang. Jadi, pastikan kamu membuat rencana target pasar, strategi pemasaran, keuangan, hingga berbagai hal lainnya. 

Agar bisa bertahan menghadapi hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi pada bisnis, sebaiknya buat rencana cadangan. 

2. Mengikuti Tren Teknologi Bisnis Saat Ini 

Saat ini teknologi juga semakin canggih, hal itu ternyata berdampak besar pada dunia bisnis. Oleh sebab itu, tetap mengikuti tren teknologi bisnis di era seperti sekarang ini sangatlah penting. Sebagai salah satu contoh, penggunaan media sosial untuk berbisnis saat ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan interaksi antara pelanggan dan penjual. 

Kemudian, membuat website atau melakukan digitalisasi juga menjadi cara yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis. Tidak lagi sulit seperti dulu, saat ini semua pelaku bisnis bisa melakukan digitalisasi usaha di Aplikasi Youtap.

3. Melakukan Riset Tentang Kompetitor

cara agar bisnis bertahan lama
Gambar: freepik.com/pressfoto

Adanya kompetitor tidak hanya sekadar menjadi saingan, tetapi kamu bisa mempelajari hal-hal penting seperti bagaimana agar bisnis bisa bertahan lama di pasaran hingga beberapa keunggulan lainnya. 

4. Harus Selalu Update dengan Tren Pasar

Selanjutnya, kunci agar bisnis bertahan lama adalah terus mengikuti perkembangan tren pasar. Kamu harus mengetahui secara rinci kebutuhan konsumen mengikuti perubahan zaman.

5. Harus Selalu Kreatif dan Berinovasi

cara agar bisnis bertahan lama
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Ketika berbisnis kamu harus memiliki nilai unggul atau kelebihan dari produk atau jasa kompetitor. Jadi, berpikirlah out of the box agar terus bisa berinovasi. Inovasi serta kreativitas yang dibutuhkan dalam bisnis tidak hanya dilakukan untuk perkembangan produk, tetapi juga pelayanan hingga promosi. 

6. Selalu Memberikan Pelayanan yang Baik Kepada Pelanggan

Memiliki pelanggan yang loyal dan setia juga menjadi kunci sukses bisnis bisa bertahan lama di pasaran. Jadi, usahakan untuk selalu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan bagi pelanggan.

7. Terus Bangun Koneksi Bisnis

cara agar bisnis bertahan lama
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Terakhir adalah memperluas dengan terus membangun koneksi bisnis. Tidak hanya sekadar menjalin koneksi dengan supplier atau pelanggan saja, tetapi kamu juga harus membangun koneksi dengan pebisnis lainnya.

Hal itu sangat membantu bisnis bisa bertahan lama di pasaran, karena semakin banyak koneksi tentu akan banyak kemudahan yang didapat. Kemudahan yang dimaksud adalah ketika bisnis ingin melakukan promosi tentu akan lebih mudah karena sudah dikenal dengan baik.

Itulah beberapa tips agar bisnis bisa bertahan lama di pasaran. Jadi, tidak hanya sekadar memperhatikan kualitas produk tetapi juga harus membuat rencana yang matang, mengikuti tren teknologi hingga pasar agar bisnis tetap bertahan di tengah persaingan yang ketat. 

Kamu juga bisa Mulai Usaha bersama dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama